Mendobrak Pasar Lewat Harga, Berikut Kelebihan Dan Kekurangan Mahindra Scorpio Pikup S6 Dual Cabin 2019

24/10/2019

Jual beli

3 menit

Share this post:
Mendobrak Pasar Lewat Harga, Berikut Kelebihan Dan Kekurangan Mahindra Scorpio Pikup S6 Dual Cabin 2019
Harga jual mobil ini terpaut cukup jauh dengan mobil pick up dual cabin sekelas. Lantas, apakah strategi mendobrak pasar lewat harga yang terjangkau akan berhasil? Berikut kelebihan dan kekurangan Mahindra Scorpio Pikup S6 Dual Cabin 2019

Jika dilihat secara spesifikasi, mobil Mahindra Scorpio S6 Dual Cabin 2019 ini dapat bersaing ketat dengan Mitsubishi New Triton HDX D-Cab 2019Toyota Hilux tipe E Dual Cabin, dan Isuzu D-Max. Namun. dual cabin asal negeri Bollywood ini dibanderol dengan harga yang terpaut jauh lebih murah.

Gambar menunjukkan Mahindra Scorpio Pikup Dual Cabin

So, mampukah ia bersaing dengan para pemain lama hanya dengan memainkan sektor harga? Untuk mengetahui produknya lebih jauh, ada baiknya Anda simak dulu kelebihan dan kekurangan Mahindra Scorpio Pikup S6 Dual Cabin 2019.

Kelebihan Mahindra Scorpio Pikup S6 Dual Cabin 2019:

1. Harga Terjangkau

Gambar menunjukkan prosesi launching Mahindra Scorpio Pikup 2019

Mahindra Scorpio Pikup Dual Cabin 2019 ditawarkan dengan harga hanya Rp 318 juta

Bandingkan dengan lawan-lawannya Mahindra Scorpio Pikup ini yang sudah dilego dengan harga diatas Rp 350 jutaan. Pabrikan asal India ini menjual produk andalannya dengan harga lebih murah nyaris Rp 80 juta dari rival terberatnya yakni Triton yang menguasai penjualan area pertambangan. Jelas, ini merupakan kelebihan Mahindra Scorpio Pikup S6 Dual Cabin 2019 dibandingkan rival-rivalnya.

2. Fitur Lengkap

Gambar menunjukkan layout dasbor Mahindra Scorpio Pikup S6 Dual Cabin 2019

Dengan harga lebih murah, bukan berarti fitur di Mahindra Scorpio Pikup tak bisa dibanggakan

Dengan harga jual hanya Rp 318 juta, fitur-fitur yang diusung oleh jagoan asal India ini tak bisa dipandang sebelah mata. Ambil contoh, start-stop engine, dual front airbags, kisi AC baris kedua, rem dengan anti-lock braking system, serta sistem penggerak 4x4 dengan shift fly yang memungkinkan Anda memindahkan dari mode 2H ke 4H saat berjalan, karena menggunakan rasio yang sama. Berbeda saat masuk ke mode 4L, mobil harus benar-benar berhenti.

3. Andal Di Medan Off-Road

Gambar menunjukkan Mahindra Scorpio Pikup S6 Dual Cabin 2019 berwarna putih

Mahindra Scorpio ini cukup andal melibas medan off-road

Kehandalan di medan off-road seakan jadi nilai jual utama bagi Mahindra Scorpio Pikup ini. Jelas saja, selain karena ia dilengkapi sistem 4x4 dengan mode 4Low. Ia juga punya mechanical locking diffrential buatan EATON. Dengan adanya difrensial pengunci mekanis ini, sistem mampu mendeteksi selip pada roda dan menyalurkan torsi lebih besar ke roda lainnya guna mengatasi slip dan menjaga traksi optimum.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Kekurangan Mahindra Scorpio Pikup S6 Dual Cabin 2019:

1. Hanya Satu Varian

Gambar menunjukkan logo Mahindra Scorpio Pikup berwarna putih

Hanya Scorpio varian S6 saja yang masuk Indonesia

Sayang sekali, hanya satu varian saja yang masuk ke Indonesia yakni S6. Satu varian ini memiliki dua tipe bodi yaitu dual cab dan single cab. Padahal, ada varian S10 yang merupakan top of the line dari Mahindra Scorpio. Mahindra Scorpio varian S10 ini dilengkapi dengan tambahan fitur ESP, Hill Descent Control, TPMS, Cruise Control, Automatic Climate Control, dan audio layar sentuh. Jelas ini merupakan kekurangan Mahindra Scorpio Pikup S6 Dual Cabin 2019.

>>> Dapatkan tips jual beli lainnya hanya di sini

2. Desain Bukan Selera Semua Orang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Mahindra Scorpio Pikup S6 Dual Cabin 2019 berwarna putih

Desain Scorpio ini konvensional dan cenderung terlihat kurang modern

Bila dibandingkan dengan rival-rivalnya, desain eksterior dan interior dari Mahindra Scorpio ini lebih konservatif dan kurang berkesan modern nan aerodinamis. Ambil contoh dengan Mitsubishi New Triton yang desainnya keren, ataupun Toyota Hilux yang desainnya gagah, jelas Mahindra kalah keren dari kedua merek Jepang tersebut. Tapi, masalah desain adalah selera, dan desain dari Mahindra Scorpio S6 Dual Cab 4x4 2019 ini bukanlah selera semua orang.

3. Jaringan Servis Masih Terbatas

Gambar menunjukkan logo Mahindra Scorpio Pikup berwarna putih

Baru ada 10 diler dan 14 sales point yang dapat menunjang purna jual Mahindra di Indonesia

Satu lagi yang jadi handicap Mahindra Indonesia saat ini, yakni jaringan purna jual. Karena, menurut Joydeep Moitra, selaku Vice President Head of Operations - Auto Mahindra & Mahindra Ltd, ia menjelaskan baru akan ada 10 diler dan 14 titik sales point untuk pasar mobil Indoesia. Jelas para peminat mobil Mahindra ini harus sabar, karena jaringan purna jual yang sedikit juga termasuk kekurangan Mahindra Scorpio S6 Dual Cab 4x4 2019.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Test Drive Mahindra Scorpio Pikup 2019: Menari Di Alam Terbuka Bak Pemain Film India

21/10/2019

Mobil baru

5 menit

Tim tester kami langsung turun ke lapangan untuk membuktikan sendiri klaim kehebatan dari Mahindra Scorpio Pikup 2019 ini. Dan mobil bermodel dual cabin dan single cabin ini pun kami bawa menari di alam terbuka bak pemain film India.

Lihat juga

Mahindra Gandeng RMA Indonesia Ekspansi Pasar Mobil Komersial Indonesia

18/10/2019

Mobil baru

3 menit

Setelah pada tahun 2000-an Mahindra sempat hadir di Indonesia, kini di tahun 2019 Mahindra menggandeng RMA Indonesia guna ekspansi pasar mobil komersial Indonesia

Lihat juga

Review Tata Super Ace HT 2017

30/07/2018

Editor rate:

Tata menjadi salah satu pabrikan yang cukup dikenal di pasar otomotif tanah air, diawal kemunculannya sudah menjadi buah bibir para pecinta otomotif. Dari sekian banyaknya varian dan kelas mobil yang ditawarkan, ada satu segmen yang cukup menarik dan Tata pun masuk kedalamnya. Segmen Pick up seperti menjadi kebutuhan para pebisnis, maka dari itu Tata meluncurkan pick up andalannya yang diberi nama Tata Super Ace HT.

Lihat juga

Teknisi Tata Motors Indonesia Raih Juara 3 di Kompetisi Global

28/06/2019

Event - Promosi

2 menit

Dalam ajang Tata Motors Global TechFest & SkillFest 2019, delegasi teknisi kendaraan komersial dari Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), Aidin Zuhaiv meraih juara ke-3 dalam kompetisi global ini. Ada banyak aspek yang diuji dalam kejuaraan ini.

Lihat juga

Tips Lengkap Membeli Mobil Tata Aria Bekas, MPV Bermesin Diesel Dari India

11/12/2018

Jual beli

3 menit

Pilihan MPV bermesin diesel memang tidak sebanyak bensin. Namun bila Anda mencari sebuah MPV mesin diesel dengan harga terjangkau, Tata Aria bisa menjadi opsi menarik. Simak tips lengkap membeli Tata Aria bekas sebuah MPV bermesin diesel dari India.

Lihat juga