Mencari Jeep Bekas? Tips Membeli Jeep Wrangler JK Bekas Terlengkap

03/11/2018
Bagi Anda pecinta mobil Jeep dan menjadi mobil impian, salah satu yang menarik adalah Jeep Wrangkel JK. Saat ini sudah ada kondisi mobil bekasnya di pasaran dengan harga yang tentunya lebih murah dari pertama kali diluncurkan di Indonesia. Berikut tips lengkap membeli Jeep Wrangler JK.

PT Garansindo Inter Global (GIG) sempat tersenyum lebar ketika kehadiran Jeep Wrangler yang menggunakan kode bodi JK di Indonesia sangat diterima masyarakat. Bahkan pada awal peluncurannya, PT GIG sampai menghadirkan 5 varian sekaligus. Sosok Jeep memang tidak lepas dari tampilan sangar, bodi bongsor, terkesan gagah yang sangat kental dengan karakter pria. Apalagi kemampuan off-road dari mobil ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Jeep Wrangler sebenarnya sudah ada sejak tahun 1986 di pasar global. Mulai dari Wrangler YJ yang mengangkat cikal bakal CJ-7 hingga TJ yang sudah terlihat lebih modern dengan kesan membulat. Pabrikan asal Amerika Serikat ini mencoba memberikan sebuah mobil yang punya tampang keren sekaligus memiliki kemampuan off-road mumpuni.

Tampak samping Jeep Wrangler JK

Bodi besar Jeep Wrangler JK membuatnya terlihat gagah dan periksa dengan teliti pada bodi karena umumnya dipakai off-road

Tahun 2007, Wrangler JK pun akhirnya diproduksi menggantikan TJ. Sampai akhirnya tahun 2011 JK baru mendarat pertama kali di Indonesia. Terdapat dua pilihan mesin saat itu. Mesin 3.800 cc 6 silinder segaris bertenaga 202 dk dan torsi 321 Nm. Sementara mesin 3.600 cc V6 memiliki tenaga lebih besar yaitu 290 dk dan torsi puncak di angka 350 Nm. Tidak hanya kemampuan gerak empat roda yang jadi keunggulan. Faktanya mobil ini juga telah didukung beberapa fitur unggulan. Sebut saja Electronic Stability Control (ECS), Hill Start Assist (HSA), Hill Descent Control (HDC) sampai Trailer Sway Control (TSC). Kesan modern juga coba ditampilkan Wrangler terbaru ini lewat desain dasbor ergonomis, instrumen panel yang diberi aksen krom serta kombinasi cahaya di indikator yang memberikan kesan mewah di mobil ini.

>>> Baca juga: Review Jeep Wrangler JK 2007

Teknis

Meski mempunyai mesin yang andal, sebelum membelinya Anda harus memeriksa dengan teliti pada bagian mesin. Salah satu cara yang paling ampuh ialah melihat catatan servis yang bisa jadi pedoman Anda ketika membeli mobil dalam keadaan bekas. Karena bengkel resmi Jeep tidak terlalu banyak, maka bengkel rujukan atau spesialis bisa juga jadi patokan dan catatan penting untuk mengetahui kondisi mobil.

Mesin yang andal untuk melakukan aktivitas off-road

Meski dibekali mesin yang andal namun periksa dengan teliti, pastikan tidak ada rembesan oli

Selain itu biasanya, pemilik Jeep Wrangler ini tidak menggunakan mobil setiap saat. Sering kali mobil ditinggal dalam garasi. Hal ini sangat memungkinkan kabel-kabel bisa saja digigit tikus. Selain itu, beberapa sensor dari mobil ini juga kerap bermasalah. Seperti bagian sensor ABS dan throttle position sensor. Tidak kalah penting adalah kodratnya sebagai mobil lintas alam, bisa saja sang pemilik lama menggunakan mobil ini untuk keperluan off-road. Apalagi, jika umurnya sudah lebih dari 3 tahun bagian kaki-kaki jadi rentan bermasalah. Cek bagian kaki-kaki terutama tie-rod serta ball-joint.

>>> Mungkin Anda tertarik: Banyak Yang Harus Diperhatikan, Inilah Tips Membeli Mobil Bekas SUV

Non-teknis

Selain komponen teknis, bagian bodi juga wajib diperhatikan. Memang memeriksa bodi bisa dengan mudah terlihat, cukup dilihat sekilas saja pasti ketahuan baret halus atau penyok. Mobil yang suka dipakai off-road kondisinya tentu tidak terlalu mulus. Ada baiknya juga Anda cek bagian bawah bodi yang sulit terjamah. Apakah ada penyok akibat benturan saat mobil dibawa off-road. Off-road tidak jauh dari kata kotor. Kemungkinan besar lumpur kering atau debu sangat mudah hinggap di mobil ini.

Interior warna gelap mudah terlihat kotor

Kegiatan off-road terkadang membuat interior menjadi mudah kotor

Jika sudah masuk ke sela-sela kabin tentu akan sulit membersihkannya. Cek dengan teliti kotoran di bawah jok hingga di bawah dasbor yang kerap tidak terjangkau saat dibersihkan. Sudah menjadi rahasia umum kalau mobil ini memang boros dalam penggunaan BBM. Pastikan pemilik lama masih menggunakan BBM tanpa timbal yang membuat ruang mesin masih prima dan akselerasi tetap baik. Anda bisa merasakannya saat test drive apakah akselerasi terasa berat atau tidak. Anda juga harus siap untuk mengeluarkan biaya ekstra untuk pembelian bahan bakar yang lebih banyak bila menggunakan mobil ini.

>>> Dapatkan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di Cintamobil.com

Mahmudi Restyanto

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0