Memilih Warna Mobil: Tidak Hanya Gaya, Tapi Juga Kemudahan Perawatan

09/10/2018
Memilih warna mobil memang tergantung keinginan pemilik. Tapi tahukah Anda, dalam memilih warna mobil ada satu indikasi yang bisa Anda pertimbangkan, yaitu kemudahan perawatan.

Sebagian besar pemilik mobil pasti mempertimbangkan warna mobil yang akan mereka pilih. Bisa disesuaikan dengan warna kesukaan hingga memilih warna yang terlihat lebih elegan atau eksklusif. Tapi jika Anda ingin membeli mobil, memilih warna mobil ternyata memiliki peran penting dalam perawatan. Salah-salah, Anda bisa mengeluarkan uang lebih untuk perawatan cat mobil.

1. Cat hitam

Warna hitam memang seringkali dihubungkan dengan elegansi serta eksklusifitas. Meskipun begitu, cat mobil berwarna hitam adalah warna cat terpanas dibandingkan warna lainnya. Cat hitam tidak hanya membuat bodi mobil cepat panas, tetapi juga bagian dalam.

Gambar yang menunjukan mobil dengan cat warna hitam

Mobil bercat hitam lebih cepat menyerap panas

Untuk masalah kebersihan, cat hitam adalah warna yang paling sulit untuk tetap bersih. Mobil akan lebih cepat terlihat kotor, bahkan oleh sedikit debu. Best Auto Detailing mengungkapkan bahwa kecuali Anda memiliki kelebihan waktu dan uang, memiliki mobil hitam akan membutuhkan lebih banyak perawatan.

>>> Warna Mobil Mempengaruhi Harga Jual Kembali Mobil, Survey Membuktikan

2. Cat putih

Bagi kebanyakan orang ketika ditanya, warna putih mewakili warna cat mobil yang paling mudah untuk dirawat. Tetapi kenyataannya adalah bahwa cat mobil berwarna putih juga memerlukan perawatan yang hampir sama banyaknya dengan warna hitam. Sedikit kesalahan saja, mobil akan kehilangan kilaunya.

Gambar yang menunjukan mobil dengan warna cat putih

Cat putih paling populer, tetapi lebih cepat kotor

Warna yang masih menjadi warna mobil paling populer ini merupakan pilihan terbaik untuk penduduk di garis katulistiwa. Pasalnya, warna putih merupakan penyerap panas yang paling buruk. Sama dengan cat berwarna abu-abu, warna putih paling lama panas dibandingkan cat berwarna gelap, khususnya hitam.

>>> Ingin mencari mobil baru? Dapatkan semuanya di listing terbaru Cintamobil.com

3. Cat abu-abu

Beberapa cat mobil, seperti hitam atau putih, memilih trik khusus untuk merawatnya. Tetapi tidak untuk warna silver atau abu-abu. Sebagaimana dijelaskan oleh Wahyudi, pemilik bengkel Optima Auto Detailing di Metropolis Town Square, "Silver atau abu-abu itu merawatnya mudah. Bisa dikatakan tidak ada penanganan khusus, beda kalo warna hitam, putih, atau merah."

>>> Baca juga tips jual beli mobil terlengkap lainnya disini

Gambar yang menunjukan mobil berwarna abu-abu

Cat abu-abu bisa dibilang lebih mudah dalam perawatan

Dalam penanganannya, warna silver atau abu-abu berada dalam gradasi warna diantara hitam dan putih. Warna silver merupakan warna yang paling mudah dibersihkan dan dirawat. Dengan warna dasar debu, warna abu-abu menjadi lebih bersih dibandingkan warna putih ketika jarang berurusan dengan debu jalanan.

Bukan hanya masalah memilih warna mobil. Sebaik apapun warna yang digunakan, jika tidak ada atau rutin dimandikan dan dibersihkan, maka tentu saja diperlukan biaya dan waktu yang lebih banyak untuk menyelesaikan masalah akibat kerusakan yang bisa terjadi.

>>> Baca juga tips dan trik seputar dunia otomotif lainnya disini

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0