Memeriksa Kelistrikan Mobil Bekas, Apa Saja Yang Harus Dicek?

27/02/2020

Jual beli

4 menit

Share this post:
Memeriksa Kelistrikan Mobil Bekas, Apa Saja Yang Harus Dicek?
Baiknya sebelum membeli mobil bekas coba cek kelistrikan agar tidak memicu korsleting, komponen apa saja yang harus dicek memeriksa rangkaian elektrik mobil?

Mengingat mobil yang akan incar bukanlah adalah mobil bekas, maka wajar jika kondisinya tidak 100% prima dan ada saja masalah disana-sini, baik itu minor ataupun major. Salah satu bagian atau komponen yang dapat bermasalah seiring usia mobil adalah kelistrikan, penyebabnya tentu karena berbagai komponen kelistrikan sudah sangat berumur. Contohnya seperti aki, alternator, ataupun kabel-kabel.  

Gambar menunjukkan sistem kelistrikan mobil

Memeriksa kelistrikan mobil sangatlah penting untuk mencegah korsleting

Memeriksa kelistrikan mobil bekas bukan hanya persoalan untuk memastikan kondisinya baik, melainkan juga menghindari masalah keamanan dari bahaya yang lain seperti korsleting dan kebakaran. Dilansir dari Otospector.id, ada beberapa komponen yang harus Anda cek kondisinya pada sistem kelistrikan mobil bekas, untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.

1. Altenator

Alternator, yang bertugas mengirimkan aliran listrik menuju aki

Altenator mempengaruhi aliran listrik menuju aki mobil

Alternator adalah komponen kelistrikan yang sangat penting, tugasnya adalah menyalurkan listrik ke dalam aki. Jika tidak bekerja dengan baik, maka aki akan kekurangan aliran listrik, alhasil aki jadi tekor dan butuh disetrum lagi. Oleh karena itu, komponen ini jadi hal paling utama saat memeriksa kelistrikan mobil bekas.

Untuk mengecek kondisi alternator, Anda bisa melihat indikator ikon aki di panel instrumen mobil. Jika indikator terus menyala, artinya aki bermasalah, bisa jadi karena alternatornya. Cara lainnya adalah dengan menempelkan lampu LED ke konektor lighter, jika LED berwarna biru, kondisi alternator Anda baik. Namun jika merah, ada kerusakan di alternator mobil Anda.

Namun, kami sarankan Anda memakai voltmeter untuk memeriksa alternator. Pertama-tama, hidupkan mesin mobil lalu nyalakan seluruh komponen mobil yang butuh arus listrik seperti wiper, lampu, AC, sistem audio, dll. Jika hasilnya 12,5-13 berarti kondisi alternator baik. Jika di bawah 12, berarti alternator bermasalah.

>>> Bagaimana cara merawat sistem kelistrikan mobil? Simak jelasnya di sini

2. Kabel negatif (grounding kit)

Grounding kit mobil

Grounding kit dapat membantu pemerataan arus negatif ke seluruh bodi mobil

Mobil yang telah berusia lebih dari 7 tahun biasanya sudah kehilangan daya antar listrik pada bodinya. Hal ini dikarenakan adanya reaksi kimia dengan oksigen dan air, misal korosi atau debu yang berkerak atau lainnya. Jika mobil bekas incaran Anda sudah berumur, kami sarankan untuk memakai grounding kit. Tujuannya untuk menambah arus negatif yang lebih merata ke seluruh bodi mobil.

>>> Apa Pentingnya Penambahan Sistem Motor Listrik 48V Pada Mobil?

3. Aki mobil

Seorang teknisi memeriksa tekanan aki mobil memakai voltmeter

Untuk mengecek tekanan aki mobil, biasa memakai voltmeter

Aki yang bermasalah akan menurunkan kemampuan untuk menyuplai listrik pada sejumlah komponen misalnya lampu, wiper, ac, sistem audio dan lainnya. Cirinya gampang, komponen tersebut tidak bekerja secara stabil jika aki bermasalah.

Biasanya, masa pakai aki adalah 2-4 tahun. Sama seperti alternator, Anda bisa memakai voltmeter untuk memeriksa kondisi aki, biasanya aki dengan kondisi prima memiliki voltase antara 12-13 volt. Sementara itu itu, jika hasilnya di bawah 12 volt maka lampu akan meredup, dan part kelistrikan lain juga kehilangan fungsi optimalnya.

>>> Pilihan mobil baru dan bekas berkualitas dapat Anda temukan semua di sini

4. Relay kit

Relay kit, komponen kelistrikan yang biasanya dipasang di mobil yang sudah dimodifikasi

Relay kit biasanya dipasang di mobil yang sudah dimodifikasi

Komponen keempat yang harus Anda cek ketika memeriksa kelistrikan mobil bekas adalah relay kit, yang berfungsi untuk mengoptimalkan kualitas listrik untuk komponen tertentu yang butuh supply listrik besar. Semisal sistem audio, atau lampu halogen dengan daya tinggi.

Biasanya, relay kit dipasang pada mobil yang sudah dimodifikasi maka sangatlah penting untuk memastikan kondisi komponen satu ini masih prima. Sebab jika terjadi masalah, bisa menimbulkan risiko korsleting pada mobil.

>>> Tips membeli mobil bekas lain yang tak kalah menariknya bisa Anda lihat di sini

5. Rangkaian kabel

Pengkabelan mobil yang sudah berantakan

Baiknya, pilih mobil dengan pengkabelan yang masih rapih dan belum terdapat sambungan

Ketika memeriksa kelistrikan mobil bekas, Anda jelas harus memeriksa rangkaian kabelnya. Jika rangkaian kabel mobil sudah terapat sambungan sana-sini, baiknya dihindari. Kabel yang sudah rusak atau putus sebaiknya diganti dengan kabel baru, selain menjamin daya hantar lebih baik kabel baru juga relatif lebih aman dari konsleting.

Dengan memeriksa lima hal di atas, Anda dapat menghindari mobil bekas dengan kelistrikan bermasalah yang tentu akan membuat pundi-pundi uang Anda terkuras untuk servis. Tips & trik yang tak kalah menariknya bisa Anda cek di bawah ini.

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips & trik yang berguna lainnya di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Merawat Sistem Kelistrikan Mobil: Detail dan Hati-Hati

01/08/2018

Perawatan dan service

4 menit

Mobil memiliki komponen-komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lain. Bukan hanya mesin, merawat sistem kelistrikan mobil merupakan cara jitu untuk menjaga pengendaraan tetap maksimal.

Lihat juga

Modifikasi Sistem Kelistrikan Boleh Saja, Tapi Awas Bisa Berbahaya

Mempermak mobil memang boleh-boleh saja. Tetapi modifikasi sistem kelistrikan tetap membutuhkan perhatian lebih mengingat banyaknya insiden yang terjadi akibat kesalahan sistem kelistrikan.

Lihat juga

Ini Akibatnya Jika Sembarang Pasang Aksesori Mobil yang Membutuhkan Kelistrikan

16/08/2019

Perawatan dan service

5 menit

Ketika Anda pasang aksesori mobil tambahan yang membutuhkan daya listrik, sebaiknya diperhatikan dengan benar. Jangan sampai aksesori tersebut malah jadi pemicu mobil Anda mogok atau bahkan terbakar.

Lihat juga

Trik Agar Mendapatkan Mobil Bekas Original, Perhatikan 4 Hal Ini

26/02/2020

Jual beli

5 menit

Mendapatkan mobil bekas original pastilah dambaan setiap orang. Namun bagaimana supaya bisa mendeteksi mobil tersebut masih original atau tidak? Berikut kami beri tahu caranya.

Lihat juga

Jangan Tertipu, 5 Hal yang Patut Diwaspadai Saat Membeli Mobil Bekas Murah

14/12/2019

Jual beli

3 menit

Walaupun dengan banyaknya diskon dan promo yang diberikan di akhir tahun ini, ada beberapa hal yang harus diwaspadai ketika membeli mobil bekas murah.

Lihat juga
 
back to top