Memburu 5 Mobil Bekas Jepang Limited Edition di Indonesia

27/05/2020

Jual beli

5 menit

Share this post:
Kelima mobil ini adalah most wanted car dan merupakan tipe maupun varian mobil bekas Jepang limited edition di Indonesia, Apakah Anda bisa dapat salah satunya?

Demi menggaet konsumen, segala langkah ditempuh oleh pabrikan mobil di Indonesia, termasuk mengeluarkan tipe maupun varian limited edition alias edisi terbatas di Tanah Air. Kelima mobil ini merupakan mobil bekas asal Jepang yang peredarannya terbatas dan terbilang langka. Sebabnya banyak, bisa jadi saat itu memang orang tidak tertarik, atau harganya yang terlampau mahal saat itu, namun kini cukup menjadi buruan bagi yang ingin tampil beda. Inilah 5 mobil bekas Jepang Limited Edition di Indonesia:

1. Toyota Yaris J TRD 2008

Kisaran harga: Rp80 Jutaan

Gambar menunjukkan Toyota Yaris J MT 2008 TRD

Yaris J TRD 2008 bentuknya lebih sporty layaknya Yaris tipe E limited

Inilah Toyota Yaris terlangka, bukan hanya di Indonesia namun juga di dunia. Karena Yaris tipe J TRD ini hanya ada 10 unit dibuat oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Pada bulan Agustus 2008 Toyota Indonesia melansir limited edition Yaris TRD Sportivo. Untuk membuat unit ini Toyota menggunakan basis dari Yaris tipe J manual. Tambahan aero kit baru membuat penampilan Yaris semakin sporty. Performa pengendalian ditingkatkan dengan menyematkan sokbreker dan per TRD sportivo.

Gambar menunjukkan suspensi TRD Toyota Yaris J MT 2008

Setup suspensi jadi pembeda utama mobil bekas jepang limited edition ini

2. Toyota Kijang Innova 2.7 V AT 2005

Kisaran harga: Rp110 Jutaan

Gambar menunjukkan mesin 2TR-FE Toyota Kijang Innova 2.7 V AT 2005

Jantung pacu berkode 2TR-FE jadi senjata utama Innova 2.7 V

Tanggal 3 Februari 2005 adalah hari yang bersejarah bagi kelangsungan hidup Toyota Kijang di Indonesia. Pasalnya, pada hari tersebut PT TAM melahirkan Toyota Kijang yang paling berotot dan terkencang sepanjang masa. Toyota Kijang 2.7 V AT 2005 ini disusupi mesin berkode 2TR-FE berkapasitas 2,694 cc dengan konfigurasi 4-silinder segaris, berteknologi katup variabel VVT-i. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 160 ps dan torsi 24,6 kgm.

Gambar menunjukkan tampilan belakang Toyota Kijang Innova 2.7 V AT 2005

Hanya beda emblem saja dibandingkan varian Innova lainnya

3. Toyota Camry 3.5 Q AT 2006

Kisaran harga: Rp120 Jutaan

Gambar menunjukkan tampilan belakang Toyota Camry 3.5 Q AT 2006

Knalpot ganda jadi pembeda Camry ini dibanding varian lainnya

Tahun 2006 PT TAM meluncurkan banyak produk potensial, selain Yaris juga ada Toyota Camry. Camry kini memiliki varian baru yakni yang bermesin 3.500 cc dengan konvigurasi V6. Unit berkode 2GR-FE yang digunakan bukan sekadar mesin performa tinggi yang ‘kebetulan’ disematkan. Mesin ini adalah pionir penggunaan teknologi Dual VVT-i pada Toyota yang beredar di Tanah Air. Semakin terekam potensi tenaganya karena ia dilengkapi transmisi otomatis 6-speed.

Gambar menunjukkan mesin 2GR-FE Toyota Camry 3.5 Q V6 2006

Teknologi katup variabel dual VVT-i pertama ada di Camry 3.500 cc ini

4. Suzuki Swift Sport 2013

Kisaran harga: Rp200 Jutaan

Foto Suzuki Swift Sport 2013

Suzuki Swift Sport akan jadi collectible item di masa depan

Mobil ini didatangkan utuh dari Jepang oleh PT Suzuki Indomobil Sales di tahun 2013 demi mendongkrak image Suzuki Sport di Indonesia. Saat itu harga jualnya mahal dan diatas Rp 300 juta, tak heran mobil Suzuki Swift Sport 2013 ini hanya berhasil laku 24 unit saja di Indonesia. Dapur pacu jadi pembeda utama Suzuki Swift Sport 2013 ini dengan Suzuki Swift 'biasa'. Karena, mesin berkode M16A yang tertanam dibalik bonnet mobil ini kapasitasnya lebih besar 100 cc Swift standar.

Gambar menunjukkann mesin M16A Suzuki Swift Sport 2013

Kapasitas mesin lebih besar 100 cc dari varian lainnnya

5. Honda Accord 3.5 V6 AT 2008

Kisaran harga: Rp160 Jutaan

Gambar menunjukkan Honda Accord 3.5 V6 AT 2008

Dari luar, pembeda hanya desain pelek, ujung knalpot ganda dan emblem saja

Seakan tak mau kalah dengan Toyota Camry yang menggelontorkan unit dengan dapur pacu 3.500 cc V6, jagoan PT Honda Prospect Motor ini juga tak ingin ketinggalan. Honda menyusupi mesin J35Z2 - VCM di balik kap mesin Accord. Mesin ini istimewa karena mempunyai fitur Variable Cylinder Management yang mampu menonaktifkan 3 dari  6 silinder di mesin ini demi efisiensi BBM. O ya, sunroof dan memory seat jadi pembeda di Accord V6 ini dibandingkan dengan varian lainnya.

Gambar menunjukkan tombol memory seat Honda Accord 3.5 V6 VCM 2008

Memory seat hanya tersedia di varian ini

Jadi itulah 5 mobil bekas Jepang yang membuat pemiliknya serasa memiliki mobil limited edition. Meski populasinya sedikit, namun mobil-mobil bekas tersebut menawarkan value lebih dibandingkan dengan varian 'biasa'. So, apakah Anda tertarik untuk memburu 5 mobil bekas Jepang ini? Nantikan artikel kami selanjutnya mengenai mobil bekas 'rasa' limited edition selanjutnya.

>>> Lihat juga rekomendasi mobil bekas kami yang lainnya di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top