Membeli Mobil Bekas, Kalau Bodi Dan Interior Sama Sama Kurang, Mana Lebih Penting?

22/10/2019

Jual beli

3 menit

Membeli Mobil Bekas, Kalau Bodi Dan Interior Sama Sama Kurang, Mana Lebih Penting?
Maunya membeli mobil bekas pun dapat yang bagus bodi dan interiornya. Tapi ketemunya sama-sama kurang, berarti harus memilih salah satu, bodi mulus atau interior bagus.

Beli mobil bekas tidak melulu karena faktor ketidakmampuan orang membeli mobil baru, tapi ada kalanya karena faktor kesenangan seperti hoby dan bernostalgia, ada juga yang karena faktor kebutuhan. Tapi apapun alasannya, pembeli mobil bekas pasti lebih suka mobil yang kondisinya masih bagus dan orisinil baik eksterior maupun interiornya.

Foto salah satu pemandangan Pasar Mobil bekas Blok M

Mencari mobil bekas berkualitas susah-susah gampang

Memang, untuk mendapatkan mobil dalam kondisi semacam itu sangat sulit. Mobil bekas, terutama mobil yang sudah sangat lawas cenderung dalam kondisi 'kurang'. Bisa karena bekas kebanjiran, pernah tabrakan, atau berkarat kena air asin.

“Efek bekas tabrakan bisa dilihat dari celah antar panel bodi yang bergeser atau diganti,” tutur pemilik showroom Malique Selatan Djakarta di Blok M Mall Lt. Basement, Bimo Maliki, seperti dikutip dari Kompas (19/10/2019). "Sambungan antar panel pasti juga jadi tak simetris dan tampak tidak rata," tambahnya.

Bodi mobi bekas yang tidak orisinil juga bisa dikenali melalui ketukan. Jika terdengar berat seperti ada sesuatu yang mengganjal, bisa jadi itu adalah bekas dempulan. Terlebih kalau cat sudah diganti, hilang lah statusnya sebagai mobil ori.

“Cat orisinil itu salah satu yang berharga di mobil-mobil lawas, banyak yang dihargai mahal karena masih menggunakan cat bawaan pabrik,” tuturnya.

Di bagian interior juga kadang bulukan, jok sobek atau beberapa part hilang. Atau jika terlihat masih sangat bagus, kondisinya sudah tidak asli, alias hasil permakan. “Interior mobil bekas keluaran 1990-an sampai 2000-an awal umumnya masih pakai bahan fabric, usahakan masih terpasang, tidak ada yang sobek, dan tidak ada noda,” ujar Bimo.

>>> Pedagang: Jarang Banget Ada Mobil Lawas Bekas Di Jakarta Dalam Kondisi Baik

Foto Chevrolet Chevelle 1970 tampak dari samping depan

Lebih susah lagi mencari mobil lawas bekas yang masih orisinil

Lantas, jika sama-sama kurang mending membeli mobil bekas bodi mulus meski interiornya kurang bagus, atau interior bagus meski bodi kurang mulus?

Untuk urusan yang satu ini menurut Bimo, masing-masing orang beda pilihan. Dia sendiri lebih condong pilih bodi mulus meski interiornya jelek dibanding sebaliknya. Lagian orang menilai tingkat orisinal mobil bekas, pertama yang dilihat adalah bodinya.

“Kalau saya tetap mendahulukan bodi, interior soalnya masih bisa diakali dan bisa tidak diketahui perbaikannya. Sementara kalau bodi mobil dilapis cat baru atau kena dempul, langsung ketahuan,” tutur Bimo.

>>> Nuansa Premium Dalam Bodi Maskulin, Ini 3 Mobil SUV Bekas Tahun 2017 Dengan Harga Terbaik

>>> Simak pula tips pilihan mobil menarik lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top