Mazda MX-5 Ini Bertransformasi Menjadi Monster Bermesin V8

15/10/2021

Jual beli

4 menit

Share this post:
Mazda MX-5 Miata merupakan salah satu mobil hobi yang paling banyak dimodifikasi. Tak terkecuali mobil ini yang bentuk dan mesinnya sudah 100% berbeda.

Untuk sebagian besar petrolheads, Mazda MX-5 Miata akan melayani semua keinginan mereka akan mobil hobi. Mobil ini memang bukan yang tercepat, paling tampan, mewah, atau paling eksotis. Miata adalah Roadster murni yang dirancang dan direkayasa untuk kesenangan berkendara semata, polos dan sederhana.

Mazda MX-5 mengusung platform penggerak roda belakang, mesin kecil namun bertenaga, dan kombinasi girboks manual sangat menyenangkan. Tak hanya itu, MX-5 membuka peluang untuk modifikasi yang menarik, seperti mobl yang diberi nama Exomotive Exocet Sport ini.

Sasis dan Mesin Standard Dipensiunkan

Memang mobil ini sudah tak terlihat seperti Mazda MX-5 sama sekali. Pasalnya bagian bodi dan sasis sudah dipensiunkan dan diganti dengan exoskeleton Exocet buatan Exomotive. Perusahaan asal Amerika Serikat yang berfokus untuk menggarap track car kelas antusias yang berbasis MX-5.

>>> Mazda MX-5 Miata Dikonversi Jadi Mobil Balap Legendaris Alfa Romeo

Mereka mulai memasarkan sasis exoskeleton ini sejak tahun 2010, dan mobil-mobil mereka dibuat sepenuhnya legal untuk dipakai di jalanan. Mereka menawarkan berbagai varian mesin, termasuk mesin V8 yang digunakan pada mobil ini.

Gambar Mazda MX-5

Tampilan MX-5 dalam kondisi standard

Mesin V8 6,2 liter supercharged ini mampu menghasilkan tenaga 534 HP dengan torsi 794,5 Nm. Sangat impresif dan cenderung mengerikan untuk mobil sekecil dan seringan ini. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang (RWD) melalui girboks Tremec 6-percepatan dan Limited Slip Differential lansiran Getrag.

Sebagai perbandingan, Mazda MX-5 generasi saat ini (ND) yang bermesin Skyactiv-G hanya menghasilkan tenaga 129 HP. Artinya mesin Exomotive Exocet Sport 4 kali lebih bertenaga dari MX-5 baru dengan kondisi standard.

>>> Mobil Bekas Gembong Narkoba Pablo Escobar Dijual, Tertarik Beli?

Gambar Mesin V8 Supercharged

Berbekal mesin V8 supercharged, mobil ini mampu menghasilkan tenaga lebih dari 500 HP

Modifikasi Tak Selesai di Situ

Selain mesin dan sasis baru, mobil ini dibekali dengan velg TrakLite 15 inci yang dibalut ban Toyo Proxes R888. Bagian kaki-kaki juga ditingkatkan dengan suspensi coilover dan bushing control arm performa tinggi.

Rem enam piston di depan dan empat piston di belakang dari Wilwood memberikan kemampuan mengerem yang maksimal untuk penggunaan di sirkuit. Selain rangka exoskeleton yang membuat mobil ini tampil bak mobil balap, mustahil untuk mengalihkan pandangan Anda dari spoiler belakang serat karbon Roush Yates.

Gambar Exomotive Exocet Sport

Siap memuaskan adfrenalin Anda dengan harga tak sampai Rp 500 juta

Mobil dengan kokpit terbuka ini dibekali dengan jok serat karbon dengan harness, lantai baja yang dilas, speedometer digital, kaca depan khusus, dan setir Nardi dengan sistem quick -release.

Sekarang, mobil ini sedang dilelang di situs Bring A Trailer dan saat tulisan ini dibuat, penawar tertinggi ada di angka $25.000 atau setara dengan Rp 351,9 juta. Cukup menarik untuk 'mainan' petrolhead yang hobi untuk mencari adrenalin di lintasan balap.

>>> Anda sedang mencari mobil Mazda? Intip pillihan dari Cintamobil.com di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top