Mau Beli atau Rental? Ini Kendaraan Paling Cocok Untuk Mudik Lebaran Bareng Keluarga Besar

03/05/2019

Jual beli
Share this post:
Mau Beli atau Rental? Ini Kendaraan Paling Cocok Untuk Mudik Lebaran Bareng Keluarga Besar
Mudik lebaran dilakukan dengan berbagai macam cara menggunakan beragam alat transportasi baik transportasi umum maupun pribadi. Hanya saja karena dilakukan bebarengan banyak pemudik yang kehabisan tiket untuk sarana transportasi umum kereta, bus maupun pesawat. Pertanyaannya, jika Anda harus mudik bareng keluarga besar apa kendaraan paling cocok untuk dibeli atau disewa?

Foto keriuhan para pemudik di terminal bus

Agar tidak berdesak-desakan, persiapkan diri sejak jauh hari untuk urusan transportasi

Kehabisan tiket transportasi umum menyebabkan banyak orang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi. Celakanya kendaraan pribadi yang sering digunakan adalah motor, kendaraan yang sering mengalami kecelakaan saat mudik lebaran. Sehingga motor memiliki risiko yang cukup tinggi, apalagi bila mudik Lebaran dengan anggota keluarga yang cukup banyak.

Oleh sebab itu, ada alternatif kendaraan lain yang dapat dipilih ketika kehabisan tiket, yaitu Minibus. Seperti namanya Minibus merupakan sebuah kendaraan mirip bus, namun dengan bentuk yang lebih kecil dan hanya mampu menampung sekitar 10 sampai 20 orang tergantung besar kendaraan. Minibus merupakan pilihan kendaraan untuk mudik terbaik ketika harus mudik bareng keluarga besar. Hal ini dikarenakan kapasitasnya yang cukup besar namun tidak terlalu besar.

Untuk sebuah keluarga besar yang merantau ke sebuah daerah yang sama juga lebih hemat dan mudah jika melakukan mudik bareng menggunakan Minibus. Nah, sekarang mau pilih membeli mobil ini atau rental saja, saat akan pulang kampung.

>>> Lebaran Makin Dekat, Ini Jenis Mobil Yang Cocok Buat Mudik Bareng Keluarga

Ketika harus memilih membeli atau rental Minibus, perlu banyak pertimbangan sebelum memutuskannya. Salah satu hal yang perlu di pertimbangkan antara lain, harga, kemampuan finansial dan manfaat kedepannya.

1. Harga

Tampilan salah satu model Isuzu Elf Microbus di sebuah dealer

Ketahui dulu harganya dan ukur kemampuan untuk membeli atau menyewa

Masalah utama ketika kita memutuskan membeli suatu barang tentu adalah harga dan kemampuan finansial. Hal tersebut juga berlaku untuk menentukan akan membeli atau menyewa Minibus. Secara harga untuk saat ini, harga Minibus berada di sekitar angka 300 sampai 600 juta. Sedangkan harga sewa Minibus sekitar 1 juta sampai 1,2 juta per hari untuk perjalanan di dalam kota dan 1,5 juta sampai 1,7 juta per hari untuk perjalanan ke luar kota.

Bagaimana? Apakah kemampuan finansial cukup untuk membeli sebuah Minibus? Jika tidak jangan dipaksakan. Karena jika kita memaksakan di luar kemampuan finansial, maka yang ada malah keuangan kita yang kacau. Apalagi membeli barang seperti Minibus, bukan perkara membeli tapi juga merawat. Jika kita mampu membeli namun tidak dapat merawat, semua sama saja. Lebih baik untuk tidak membeli dari awal.

Akan tetapi, menyewa juga bukan perkara mudah karena harga sewa per hari bisa mencapai 1.7 juta. Jika kita ingin mudik dengan waktu yang lama tentu membutuhkan biaya sewa yang tidak sedikit. Dengan mudik bebarengan, hal ini bisa disiasati dengan cara 'urunan' atau dibayar bareng-bareng sehingga biaya sewa mobil yang harus dikeluarkan per orang lebih hemat.

>>> Mau Beli Mobil Untuk Mudik? Ini Skala Prioritas Yang Harus Diperhatikan

2. Manfaat kedepannya

Foto deretan bus-bus milik perusahaan Blue Bird

Jika tak ada manfaat lain membeli bus, sebaiknya menyewa saja buat mudik

Ketika memilih membeli sebuah Minibus, walaupun kita mampu untuk membeli dan menanggung segala jenis biaya perawatan ke depannya. Namun kita juga harus tahu, manfaat apa yang kita dapat. Kalau memang ada manfaat lain selain mengantarkan kita mudik, membeli Minibus baik juga dilakukan. Terlebih saat jelang mudik diler-diler biasanya menyelenggarakan promo menarik seperti diskon, cashback, DP rendah, bunga ringan dan yang lain. Namun jika kita tidak dapat mendapat manfaat lain, walau harga dan kemampuan finansial mencukupi lebih baik menyewa saja saat perlu. Karena percuma kita membeli Minibus jika hanya digunakan saat mudik Lebaran yang hanya dilakukan terkadang satu tahun sekali.

>>> Tips & trik otomotif terlengkap di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Lebaran Makin Dekat, Ini Jenis Mobil Yang Cocok Buat Mudik Bareng Keluarga

30/04/2019

Jual beli

Jadi momen paling dinanti banyak orang, persiapan mudik lebaran harus matang harus dimulai sejak jauh hari. Bagi Anda yang sudah merencanakan mudik melalui jalur darat pada musik mudik tahun ini, ada baiknya juga Anda pertimbangkan juga jenis mobil yang cocok buat mudik bareng keluarga.

Lihat juga

Servis Mobil Buat Mudik, Jangan Tunggu Mepet Waktu

Anda ingin mudik menggunakan mobil pribadi? Sebelum berangkat, pastikan dulu servis mobil agar tak ada kendala yang menghampiri saat perjalanan. Malah, Anda sebaiknya melakukan servis jauh-jauh hari, sehingga tidak perlu mengantri karena kepadatan dari pelanggan lain yang ingin servis juga.

Lihat juga

Mudik Jarak Jauh Naik Mobil, Lebih Baik Siang atau Malam?

26/04/2019

Pengemudian

Mudik lebaran merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh orang-orang muslim di Indonesia. Ada banyak moda transportasi yang dipilih, bisa kereta, pesawat, bis, motor, dan mobil. Jika Anda memilih mudik jarak jauh menggunakan mobil, kapankah waktu mudik yang terbaik?

Lihat juga

Ada Banyak Jalan Tol, Mudik Lewat Jalur Darat Diprediksi Meningkat

19/04/2019

Pengemudian

Semakin banyak jalan yang sudah beroperasi memberi pengaruh besar terhadap kelancaran arus lalu lintas. Musim mudik tahun ini, diprediksi bakal ada peningkatan masyarakat yang mudik lewat jalur darat ketimbang jalur udara.

Lihat juga

Mau Beli Mobil Untuk Mudik? Ini Skala Prioritas Yang Harus Diperhatikan

13/04/2019

Jual beli

Ramadhan datang, hati pun riang, menyambut bulan yang berkah. Bulan Ramadhan memang bulan yang berkah bagi semua termasuk bagi para pedagang mobil bekas. Hari ini memang masih 25 hari sebelum 'bulan puasa'. Nah, bagi Anda yang mau beli mobil untuk mudik. Ini dia skala prioritas yang harus diperhatikan.

Lihat juga
 
back to top