Manfaat Membeli Mobil Bekas: Hemat Lebih Banyak Uang

13/05/2018

Jual beli
Share this post:
Manfaat Membeli Mobil Bekas: Hemat Lebih Banyak Uang
Bagi pegawai atau masyarakat yang memiliki gaji pas-pasan, membeli mobil mungkin menjadi problematika: menyimpan uang dengan membeli mobil bekas atau membeli mobil baru. Tapi jangan salah, ada banyak manfaat membeli mobil bekas yang bisa Anda dapatkan.

Bagi kebanyakan penduduk Indonesia, atau di dunia, mobil baru dan mobil bekas menjadi tolak ukur status seseorang di masyarakat. Membeli mobil baru seperti meningkatkan self-image pada tetangga, bahkan keluarga besar. Tapi, jangan sampai terpana dengan pandangan sosial. Dibalik itu, ada banyak manfaat membeli mobil bekas, kebanyakan diantaranya berimbas pada keuangan Anda.

1. Menabung untuk esok hari

Sudah hampir setengah tahun berlalu pada 2018. Dan kebanyakan orang akan meninggalkan resolusi Tahun Baru mereka saat ini. Tapi menabung masih menjadi prioritas utama yang tidak terpengaruh dengan pertengahan atau awal tahun. Tentu saja, dengan membeli mobil bekas, Anda akan mempunyai lebih banyak uang untuk disimpan.

Gambar yang menunjukan mobil mainan yang berada di atas tumpukan koin

Alokasi dana berlebih bisa Anda gunakan untuk kebutuhan lain

Bagi generasi millennial, ada tiga tujuan keuangan utama: menggunakan lebih banyak uang untuk jalan-jalan, menabung lebih banyak untuk masa pensiun, dan memberikan uang untuk donasi. Sejauh ini, cara yang paling kreatif adalah mengganti beberapa favorit pengeluaran, salah satunya mobil menjadi yang lebih rendah: membeli mobil bekas.

>>> Baca juga 5 hal yang harus diingat ketika membeli mobil bekas

2. Menghindari pembayaran lebih mahal

Gambar yang menunjukan mobil kecil bersama kunci dan uang dollar

Membeli mobil bekas berarti mobil yang lebih murah

Untuk membeli mobil impian, terkadang Anda kekurangan uang. Selagi mencukupkan uang untuk membeli mobil baru, terkadang konsumen menggunakan kredit dan angsuran. Mengendarai mobil baru akan terasa menyenangkan, tetapi mengambil pinjaman atau angsuran akan mengganggu tujuan karir Anda. Bahkan, dalam sisi finansialnya, menunggu untuk membeli mobil baru akan membantu seluruh anggaran dalam berbagai cerita.

3. Menghemat dalam menggunakan asuransi mobil

Gambar yang menunjukan mobil yang sedang berada di atas kertas bertuliskan Insurance

Mobil bekas memiliki premis asuransi yang lebih murah

Selain biaya pembelian yang lebih mahal, mobil baru memiliki biaya asuransi yang lebih mahal dibandingkan mobil bekas. Mobil baru memiliki beberapa rider asuransi tambahan yang digunakan. Menambahkan hingga dua sampai tiga kali lebih banyak untuk membayar asuransi akan terkesan seperti pemborosan yang tidak perlu.

>>> Baca juga tips jual beli lainnya disini

4. Alihkan untuk pengembangan bisnis dan karir

Gambar yang menunjukan papan yang bertulisan career di hutan

Anda bisa mengalokasikan dana terhadap karir Anda

Alih-alih menghabiskan puluhan atau ratusan juta untuk membeli mobil, menginvestasikan setengahnya dalam bisnis bisa menjadi pilihan yang tepat. Terlebih, dengan semakin maraknya startup dan perkembangan ekonomi yang semakin marak, investasi bisa jawaban untuk masa depan Anda. Menghemat uang dalam membeli mobil bekas akan memberikan keleluasaan bagi Anda untuk mengalokasikan dana yang tersisa untuk porsi lainnya.

Ketika Anda menyadari berapa banyak yang bisa Anda hemat dengan tidak membeli mobil baru, Anda bisa memutuskan untuk tetap membelinya atau mempertimbangkan manfaat membeli mobil bekas. Untuk Anda yang sedang menata perekonomian, jangan sampai wacana tentang mobil baru mampu meningkatkan taraf hidup Anda sehingga melupakan fungsi dan nilai kendaraan sesungguhnya: mengantarkan kita sampai tujuan.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post:
 
back to top