Lebih Murah Dari Toyota C-HR, Ini Dia 10 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Eclipse Cross

30/07/2019

Jual beli

7 menit

Mobil ini mengisi celah produk antara Mitsubishi Pajero Sport dengan Mitsubishi Outlander Sport. Dengan harga jual dari mulai Rp 478 juta hingga Rp 483 juta. Mobil Mitsubishi Eclipse Cross ini menjadi satu-satunya mobil yang dijual di Indonesia dengan selisih harga yang berbeda tergantung dari warna yang Anda pilih. Lantas apa saja kelebihan dan juga kekurangannya?

Gambar menunjukkan Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Kami sudah mencoba langsung mobil ini di ajang GIIAS 2019, dan ia mampu membuat impresi positif bagi kami

Mitsubishi Eclipse Cross 2019 baru saja diluncurkan secara resmi di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 minggu lalu. Mobil ini didaulat oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia sebagai SUV yang positioning harganya berada di bawah Mitsubishi Pajero Sport namun diatas Mitsubishi Outlander Sport. Mobil ini didatangkan bulat-bulat dari Jepang, dan memiliki sejumlah kelebihan. Namun, karena buatan manusia, setiap mobil pasti ada kekurangannya. Berikut ini kami paparkan total ada 10 (masing-masing 5) kelebihan maupun kekurangan pada Mitsubishi Eclipse Cross 2019.

Kelebihan Mitsubishi Eclipse Cross 2019 :

1. Tenaga Mesin Positif

Gambar Menunjukkan Mesin 4B40 Mitsubishi Eclipse Cross

Mesin berkode 4B40 berteknologi dual MIVEC dan direct injection ini performanya cukup mengesankan

Awalnya kami agak ragu dengan komposisi yang dilakukan Mitsubishi terhadap mobil Mitsubishi Eclipse Cross 2019 ini. Tadinya kami mengira kombinas transmisi CVT dengan mesin 4B40 berinduksi udara paksa alias turbochrager akan membuat penyaluran tenaga mesin dan lag dari turbonya terasa sekali, tapi ternyata tidak. Akselerasi mobil ini terasa positif dan tenaga mesin 150 Ps serta torsi 250 Nm tersalur dengan efisien ke dua roda depan.

Gambar menunjukkan Turbo Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Turbocharger pada mesin ini sudah mulai 'bangun' alias spooling sejak putaran mesin 2000 rpm 

2. Pengendalian Baik

Gambar Menunjukkan Strut Bar Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Built in strut bar membuat suspensi depan lebih kaku dan membantu saat mobil hendak bermanuver

Kembali diluar dugaan dan jadi salah satu kelebihan Mitsubishi Eclipse Cross 2019 adalah handling mobil ini yang memukau. Memang ia tidak setajam Mazda CX-3 namun bisa dibilang mobil ini cenderung 'nurut' saat diajak bermanuver ekstrim. Setelah kami cek, ternyata meski kaki-kaki mobil ini belum full independent suspension with dual wishbone seperti Toyota C-HR, tetapi strut bar built in yang terpasang di tower suspensi depan, membuat pengendalian mobil ini begitu baik.

3. Fitur Keselamatan Lengkap

Gambar Menunjukkan Fitur Keselamatan Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Karena didatangkan langsung dari negeri matahari terbit, fitur keselamatan di mobil ini patut diacungi jempol

Berbicara soal fitur keselamatan, mobil ini bisa dibilang berlimpah. Dari mulai 7 SRS Airbags, Forward Collision Mitigation System (FCM) fitur ini mengaplikasikan pengereman darurat dengan bantuan sensor visual di depan. Ultrasonic mis-acceleration Mitigation System (UMS) guna mencegah kendaraan bergerak dari posisi parkir ketika sensor ultrasonic mendeteksi halangan baik dari arah depan maupun belakang, Blind Spot Warning (BSW) dan Lane Change Assist (LCA) untuk memperingatkan pengendara terhadap kendaraan yang berada di blind spot atau yang melaju cepat dari belakang dengan teknologi ultrasonic dan radar, Rear Cross Traffic Alert (RCTA) yang memonitor laju di belakang kendaraan dengan radar, serta Automatic High Beam (AHB) yang secara otomatis mengalihkan lampu utama tinggi dan rendah dengan sensor visual depan dan sensor parkir memonitor sekeliling kendaraan ketika parkir dengan ultrasonic, dan Multi-around View monitor, parkir di area sempit akan lebih mudah dan aman. Belum lagi Hill Start Assist (HSA), Adaptive Cruise Control (ACC) hingga Active Stability & Traction Control (ASTC).

>>> Digunakan All New Honda Accord, Apa Saja yang Baru Dalam Teknologi Honda Sensing?

4. Kualitas Buatan Baik

Dasbor Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Selayaknya mobil dengan format Completely Build Up, kualitas buatan dari Mitsubishi Eclipse Cross 2019 ini patut dipuji

Mitsubishi Eclipse Cross ini didatangkan utuh dari Jepang. Ia serupa dengan negara-negara lain yang juga menjual mobil ini, seperti Inggris, dan lain sebagainya. Tak heran, SUV yang dirakit di Jepang ini punya kualitas buatan wahid. Jika Anda masuk ke interior mobil ini dan melihat layout dasbor mobil ini, Anda akan kagum dengan kualitasnya. Begitu pula celah bodi yang amat presisi di bagian eksteriornya. Kualitas buatan ini jadi kelebihan Mitsubishi Eclipse Cross 2019.

5. Akomodasi Baik

Gambar Menunjukkan Kabin belakang Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Kabin belakangnya Eclipse Cross 2019 ini tidak sesempit yang kami kira sebelumnya

Ini juga menjadi salah satu kejutan bagi kami, karena tampilan eksterior mobil ini mengadopsi atap yang landai seakan ingin menegaskan ia adalah crossover dengan titisan darah coupe, maka kami mengira akomodasi di kabin belakangnya buruk. Namun, ternyata kami harus menghapus jauh-jauh perkiraan itu, karena kabin belakang mobil Mitsubishi Eclipse Cross 2019 ini mampu menyajikan akomodasi yang baik.

>>> Tips jual beli lainnya bisa Anda dapatkan di sini

Kekurangan Mitsubishi Eclipse Cross 2019 :

1. Hanya Tersedia Satu Varian

Gambar Menunjukkan Mitsubishi Eclipse Cross Ultimate 2019 dengan full opsi aksesoris

Mitsubishi Eclipse Cross 2019 hanya tersedia satu varian bermesin 1500 cc turbo dengan tipe Ultimate

Bila di negara lain Mitsubishi Eclipse Cross terdapat pilihan varian bermesin 1500 cc turbocharged dengan transmisi manual, maka berbeda dengan di tanah air kita. Mitsubishi Eclipse Cross 2019 yang dimasukkan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia selaku agen pemegang merek Mitsubishi di Indonesia hanya satu varian saja dengan transmisi CVT berteknologi INVECS Sport Mode Virtual 8 Speed.

2. Pilihan Warna Yang Masuk Ke Indonesia Hanya Tiga

Gambar Menunjukkan Pilihan Warna Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Hanya tiga warna Mitsubishi Eclipse Cross 2019 yang masuk Indonesia

Selain strategi harganya yang kami bilang aneh, karena warna merah di Mitsubishi Eclipse Cross 2019 dijual paling mahal seharga Rp 483 juta, sedangkan untuk kelir putih lebih murah Rp 2 juta, dan warna hitam lebih murah lagi Rp 5 juta dari warna Red Diamond yang jadi hero color Eclipse Cross. Kami sangat menyayangkan mengapa warna lainnya seperti gambar dibawah ini tidak dimasukkan, padahal warna bronze dan lighting blue-nya keren banget menurut kami.

>>> Ini Daftar 5 SUV Terbaik Di GIIAS 2019 Versi Cintamobil.com

Gambar Menunjukkan Warna Mitsubishi Eclipse Cross 2019 Di Inggris

Coba lihat Eclipse Cross versi United Kingdom alias Inggris ini, lengkap kan pilihan warnanya?

3. Bukan Varian Termewah

Gambar Menunjukkan Tampilan belakang Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Meski diberi tipe Ultimate yang artinya termewah, namun pada kenyataannya ia bukanlah varian termewah

Mengusung emblem Ultimate memang seolah mendaulat Mitsubishi Eclipse Cross 2019 yang dijual di tanah air ini jadi varian termewah sekaligus satu-satunya. Tapi, pada kenyataannya ia bukanlah tipe termewah, karena di negara lain seperti Inggris tersedia Mitsubishi Eclipse Cross dengan audio premium lansiran negeri paman sam yakni Rockford Fosgate yang dilengkapi dengan 9 premium speaker dan jet washer pada LED headlamp-nya.

4. Menggendong Nama Besar Eclipse

Gambar Menunjukkan Mitsubishi Eclipse 2001 The Fast And The Forious

Begini seharusnya Mitsubishi Eclipse bukan menjelma menjadi SUV atawa crossover kekinian

Versi yang sebenarnya dari Mitsubishi Eclipse adalah berjenis coupe. Seperti yang digunakan oleh Paul Walker yang berperan sebagai Brian o'Connor di film The Fast And The Furious adalah Eclipse generasi kedua dengan nama Mitsubishi Eclipse GS-T. Mobil ini dipasarkan dari 1995 hingga 1999. Desain baru dengan gaya yang lebih membulat, interior yang lebih besar, serta mesin baru 2.0 Liter berkekuatan 210 Hp dan 290 Nm yang sudah ditingkatkan dan diambil langsung dari mesin Chrysler Neon 420A. Nama Eclipse sejatinya bukanlah sebuah SUV atau malah crossover kekinian.

>>> Ada rencana membeli mobil baru? Simak harga mobil terlengkap yang dijual di Indonesia dengan klik link ini

5. Suspensi Belum Full Independent

Gambar Menunjukkan Ban Dan Pelek Mitsubishi Eclipse Cross 2019

Suspensi yang diusung oleh Mitsubishi ini belum full independent suspension sehingga tidak senyaman rivalnya

Harus kami akui jika suspensi depan MacPhersons Strut, Coil Spring, Twin Tube Shock Absorber, Torsion Bar Stabilizer dikombinasi dengan suspensi belakang Multi-link, Coil Spring, Twin Tube Shock Absorber, Torsion Bar Stabilizer membuat handling dari mobil Mitsubishi Eclipse Cross 2019 ini patut diacungi jempol. Namun, untuk urusan kenyamanan dan bantingan suspensi masih kalah dari rivalnya yang sudah mengusung Dual Wishbone, Independent Suspension.

>>> Simak tips & trik otomotif lainnya di Cintamobil.com

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top