Lebih Mudah Naik-Turun SUV Dan D-Cab Dengan Footstep Otomatis

12/03/2019

Jual beli
Share this post:
Lebih Mudah Naik-Turun SUV Dan D-Cab Dengan Footstep Otomatis
Lantaran ground clearance yang tinggi, aksesibilitas SUV dan D-cab kerap merepotkan. Solusinya, bisa dengan memasang footstep otomatis

Bagi Anda pengguna SUV, jip 4x4 atau pick-up double cabin (d-cab), pasti pernah merasakan repotnya saat masuk ke mobil, lantaran ground clearance yang tinggi bukan? Terlebih bagi wanita yang sedang menggunakan rok atau gaun panjang. Tenang, keluhan Anda ternyata didengar oleh produsen SUV dan jip 4x4 hingga produk aftermarket. Karena, kini tersedia solusi praktis sekaligus terlihat keren, yakni dengan memasang footstep otomatis. Di luar negeri, fitur ini juga dikenal dengan electric running board, automatic foot step atau electric power running board hingga electric power step.

Footstep otomatis pick-up double cabin dan wanita

Footstep otomatis sangat memudahkan bagi pemilik SUV atau D-cab saat ingin naik-turun mobil

Fitur footstep otomatis merupakan side step atau foot step yang dapat turun dan terlipat dengan sendirinya ketika pintu terbuka atau tertutup. Cara kerjanya dengan menggunakan dua buah motor yang dipasangkan pada satu sisi side step. Sehingga, total membutuhkan empat buah motor untuk menggerakkan side step untuk terbuka atau tertutup.

>>> Artikel lainnya:

    Simak harga bekas Toyota Fortuner terkini Elegan Dan Gagah, Inilah 3 Pilihan SUV Mewah Bekas Dari Cintamobil.com

Pemasangan footstep otomatis ini menggunakan switch dan kabel yang tersambung dengan pintu atau lampu yang ada di pintu. Motor elektriknya sendiri dapat terpasang pada dudukan side step bawaan mobil. Sehingga ketika pintu terbuka, maka rangkaian elektrik pada switch memerintahkan motor pada side step untuk turun, begitu pula sebaliknya. Sehingga selain lebih praktis ketika ingin masuk dan keluar kendaraan yang memiliki ground clearance tinggi. Namun pemasangan footstep otomatis ini harus terlebih dahulu melepas foot step bawaan mobil.

foot step otomatis di Jeep Wrangler warna biru sedang terbuka

Footstep otomatis lebih dulu banyak terpasang di jip 4x4 

Awalnya, Range Rover menawarkan fitur footstep otomatis sebagai opsi. Namun kini, sudah banya tersedia versi aftermarketnya. Namun umumnya produsen aksesori 4x4 dan off-road. “Karena pertama kali banyak digunakan di mobil off-road lantaran fungsinya juga sebagai pelindung bodi samping,” sahut Dimas dari bengkel JHL Auto, yang kerap memasangkan electric step buatan T-Max ini.

>>> Tips dan trik untuk jual beli mobil anda bisa dilihat disini

Saat pemasangan, footstep otomatis juga bisa disetel sesuai kebutuhan “Bisa disesuaikan lagi tinggi stepnya saat terbuka ke bawah,” terang Dimas. Hanya tinggal menyesuaikan kemiringan lengan dan dudukan step, maka jarak ketika step terbuka ke bawah pun bisa lebih rendah. Praktis bukan?

Foto footstep otomatis sedang terlipat pada pick-up double cabin

Jika pintu tertutup, footstep otomatis akan terlipas ke atas

Harga dan pemasangan footstep otomatis

Harganya sendiri sangat bervariasi. Untuk aksesori resmi Range Rover mencapai puluhan juta. Namun untuk merek seperti T-Max, Bestop dan AMP Research, harganya berkisar antara Rp 8 hingga 15 juta. Harga tersebut belum jasa pemasangan. Meski awalnya aksesori untuk off-road, namun juga kerap digunakan pada SUV seperti Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport hingga Toyota Land Cruiser Prado atau bahkan MPV seperti Toyota Kijang Innova. “Dimensinya bisa disesuaikan kok untuk SUV atau double cabin yang ada disini,” sahut Opick dari worksop LM&T. Karena umumnya produsen footstep otomatis sudah membekali produknya dengan pilihan panjang step yang berbeda, baik untuk model jip, SUV, D-Cab hingga pick-up.

>>> Baca juga: Bisakah Mobil Offroad Ditanggung Asuransi?

Satu set footstep otomatis belum terpasang di garasi

Satu set footstep otomatis yang terdiri dari footstep, lengan, motor listrik dan switch

Pemasangannya hanya butuh hitungan jam atau paling lama sehari, termasuk memasangkan switch dan kabelnya. Selain tersedia untuk Jeep Wrangler JK dan keluarga Wrangler lainnya, electric step ini juga bisa dipasangkan pada Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Nissan Navara dan Mitsubishi Strada Triton.

>>> Simak tips otomotf terkini di sini

Share this post:
 
back to top