Langkah-Langkah Yang Harus Ditentukan Sebelum Membeli Mobil Bekas

07/03/2019
Membeli mobil bekas itu memang tricky, tidak seperti membeli mobil dalam keadaan baru yang seolah tinggal pakai saja. Ada faktor resiko dalam membeli sebuah mobil bekas. Berikut ini kami beberkan langkah-langkah yang harus ditentukan sebelum membeli mobil bekas.

Dalam membeli mobil bekas itu memang lebih tricky (rumit) apabila dibandingkan dengan membeli mobil dalam keadaan baru. Membeli mobil baru ibaratnya Anda tinggal langsung pakai saja, lebih minim checklist yang harus dilakukan apabila membeli mobil anyar. Ceritanya akan berbeda saat harus membeli mobil bekas, banyak hal yang harus diperhatikan, serta jangan lupa, ada faktor resiko dalam membeli sebuah mobil dalam keadaan bekas. Berikut ini kami akan beberkan langkah-langkah yang harus ditentukan sebelum membeli mobil bekas.

1. Tentukan Kebutuhan

gambar menunjukan seorang wanita sedang membuka pintu mobilnya

Anda masih single alias belum menikah? Mobil kecil semacam city car cocok untuk Anda

Menentukan kebutuhan akan mobil yang diinginkan adalah hal pertama yang termasuk dalam langkah-langkah yang harus ditentukan sebelum membeli mobil bekas. Anda harus tahu dulu, mobil bekas yang Anda incar digunakan untuk apa. Apakah, mobil bekas incaran Anda akan dipergunakan sehari-hari bersama istri dan anak Anda, atau sesekali membawa jalan-jalan mertua maupun sanak saudara Anda. Kebutuhan akan mobil bekas ini erat kaitannya dengan poin ketiga langkah-langkah yang harus ditentukan sebelum membeli mobil bekas ini.

>>> Baca juga: Beli Mobil Bekas "Kilometer Rendah" Untung Atau Rugi?

2. Cek Anggaran Tersedia

Tampak sebuah Suzuki Karimun di servis

Dalam menentukan anggaran, jangan lupa masukkan variabel perbaikan mobil bekas kedalam budget Anda

Anggaran dalam membeli mobil bekas adalah hal krusial serta termasuk dalam langkah-langkah yang harus ditentukan sebelum membeli mobil bekas. Anda tidak dapat memaksakan membeli mobil bekas yang Anda inginkan dengan budget yang terbatas, Lalu, Anda juga harus memperhitungkan biaya-biaya dalam perbaikan mobil bekas, karena ada biaya yang mahal, ada pula yang terjangkau. Juga, kami lebih menyarankan Anda untuk membeli mobil bekas dengan cara cash keras bukan kredit. Ini dilakukan agar menghindari hal-hal tidak diinginkan dibelakang, seperti potensi kredit macet atau biaya operasional, perawatan dan lainnya.

>>> Tips dan trik untuk jual beli mobil anda bisa dilihat disini

3. Pilih Model Mobil Bekasnya

Tampak mobil New Honda Mobilio 2019 tipe E dan S

Pilih model mobil yang Anda butuhkan bukan yang Anda inginkan

Memilih model dari mobil bekas yang Anda incar merupakan lanjutan dari poin pertama tips ini, setelah Anda menentukan kebutuhan, Anda tinggal pilih model mobil bekasnya. Saran dari kami, pilih berdasarkan kebutuhan bukan keinginan. Misal, daerah rumah Anda jalannya rusak, maka jangan pilih mobil bekas dengan penggerak roda depan, karena potensi kerusakan dari as roda, rack steer, akan membuat pengeluaran Anda membengkak. Pilihlah mobil dengan penggerak roda belakang. Sebaliknya, jika lokasi tempat tinggal Anda dan rute yang Anda lalui relatif mulus, silahkan pilih mobil bekas jenis sedan atau yang penggerak roda depan.

>>> Banyak ulasan yang terlengkap dan berguna hanya ada di Cintamobil.com, klik di sini

4. Cari Refrensi Di Cintamobil.com

Cintamobil.com pusat mobil bekas terlengkap dan terbesar di Indonesia

Cari refrensi mobil bekas hanya di Cintamobil.com

Kami punya alasan tersendiri mengapa Anda harus mencari refrensi mobil bekas di Cintamobil.com. Karena, selain setiap bulan sedikitnya ada 4,5 juta visitor yang mencari mobil bekas di Cintamobil.com. Juga, ada banyak sekali pilihan mobil bekas yang dapat Anda incar, total ada 133.991 unit mobil bekas maupun yang dijual di Cintamobil.com. Serta, banyak tips dan trik dari kami dalam meminang mobil bekas impian Anda dengan tepat dan mendalam. Untuk itu, kami sangat menyarankan Anda untuk mencari refrensi mobil bekas di Cintamobil.com.

5. Periksa Unit Mobil Bekasnya

Tampak ilustrasi Pemeriksaan mobil bekas oleh bengkel resmi

Jangan ragu-ragu untuk memeriksa kondisi mobil bekas idaman Anda di bengkel resmi agar lebih yakin

Hal terakhir dalam langkah-langkah yang harus ditentukan sebelum membeli mobil bekas adalah memeriksa mobil bekas incaran Anda. Kami telah banyak memberikan tips dalam memeriksa unit mobil bekas incaran Anda. Seperti mesin harus kering dan jangan ada lelehan oli, lalu jangan lupa melakukan test drive mobil bekas, sampai mendeteksi kerusakan kaki-kaki pada mobil bekas yang tricky dan sulit untuk dideteksi.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Arfian Alamsyah

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
1

berita lain