Land Rover Defender Garapan Bowler Ini Siap Turun Balap Reli

09/08/2021

Jual beli

3 menit

Share this post:
Belum lama ini, Bowler Motors meluncurkan Land Rover garapan mereka yang siap untuk turun balap reli satu pabrikan. Seperti apa ubahan yang dilakukan?

Bertajuk Bowler Defender Challenge, mobil ini digarap oleh perusahaan spesialis mobil balap, Bowler Motors. Land Rover Defender yang sudah dimodifikasi ini ditujukan untuk seri balap reli Defender Challenge.

Setiap pembeli dari mobil ini, berhak mengikuti ajang balap reli satu pabrikan atau one-make rally tersebut. Ubahan apa saja yang sudah dilakukan Bowler untuk membuat Land Rover Defender 90 bisa turun di lintasan balap berlumpur?

Gambar Land Rover Defender Bowler

Mobil ini dimodifikasi untuk mengikuti ajang reli Defender Challenge

Mempertahankan Mesin Standar

Bowler memang tidak banyak mengutak-atik mesin 4-silinder turbo Ingenium 2.000 cc bawaan Land Rover. Mereka hanya menambahkan saluran gas buang yang lebih sporty, dudukan mesin yang lebih kuat, serta sistem pendinginan yang lebih baik. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga 300 HP dengan torsi 400 Nm.

>>> Land Rover Defender 130 Terpantau Sedang Dites, Siap Libas G-Class?

Selain mesin, transmisi dan beberapa komponen suspensi juga masih menggunakan standar Land Rover Defender yang diperkuat oleh Bowler. Bicara soal suspensi dan sasis, Bowler memperkuat subframe depan dan bel akang agar mobil ini semakin cakap di medan off-road.

Gambar Land Rover Defender

Makin jangkung berkat suspensi dari Fox

Per dan shockbreaker bawaan mobil ditanggalkan dengan menggunakan perangkat dari Fox buatan Amerika Serikat yang membuat mobil ini lebih jangkung 25 mm.

Mereka juga memangkas penutup ambang pintu demi memberi ruang bagi panel pelindung bagian bawah bodi ukuran penuh, yang terbuat dari aluminium setebal 6 milimeter. Fascia depan bagian bawah juga diubah untuk meningkatkan aliran udara dan pencahayaan tambahan.

Berapa Harganya?

Defender Challenge garapan Bowler Motors ini dibanderol dengan harga £99.500 atau setara dengan Rp 2 miliar. Harga tersebut sudah termasuk entri untuk mengikuti balap yang dikhususkan untuk mobil ini.

>>> Body Kit Toyota GR Supra Dari Wald, Tampil Bak Mobil F1

Akan ada tujuh event yang berlangsung di Inggris pada tahun 2022, dan perusahaan akan mengumumkan tanggal dan lokasi untuk balapan ini nanti. Bagi para pengemudi yang belum berpengalaman, Land Rover akan memberikan pelatihan untuk mendapatkan lisensi balap.

Gambar Interior Land Rover Defender

Bagian kabin Bowler Defender Challenge diisi jok balap dan roll cage

Demi memenuhi standar keselamatan balapan, interior Defender ini 'dikosongkan' dari berbagai fitur yang tidak diperlukan. Termasuk airbag mobil demi memenuhi regulasi. Kemudian, roll cage dengan standar FIA dan jok balap beserta harness juga ikut disematkan.

Beberapa bagian kaca mobil juga diganti ke bahan polikarbonat, tidak lupa ada sistem pemutus elektrikal internal dan eksternal serta Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top