Mau Ambil Kredit Motor Suzuki? Simak Dulu 7 Hal Ini

02/11/2021

Jual beli

3 menit

Share this post:
Kredit motor menjadi satu alternatif ketika Anda ingin meminang kendaraan roda dua. Kredit motor Suzuki di Blibli misalnya yang memberikan ragam keuntungan.

Kredit motor menjadi salah satu alternatif ketika Anda ingin membeli kendaraan roda dua. Di samping itu, biasanya ada sejumlah keuntungan yang ditawarkan ketika membeli motor secara kredit. Adapun keuntungan kredit motor antara lain suku bunga yang kompetitif, prosesnya cepat dan mudah, status kepemilikan atas nama perorangan, hingga adanya jaminan asuransi. 

kredit motor Suzuki

Suzuki tawarkan ragam pilihan sepeda motor

Dari beragam merek yang ditawarkan, salah satu yang menarik perhatian adalah kredit motor Suzuki karena banyak pilihan model ditawarkan. Anda bisa mengambil kredit motor Suzuki dengan mengangsur melalui marketplace Blibli. Cara ini lebih mudah dan tidak memberatkan dan lebih nyaman untuk pengeluaran. Tapi sebelum memutuskan untuk kredit motor, ada baiknya Anda sudah memiliki persiapan matang seperti dijabarkan berikut. 

>>> Dealer Suzuki Jakarta yang Lokasinya Dekat dengan Anda

1. Memperhatikan produk yang diminati

Ada banyak jenis motor Suzuki yang bisa diambil dengan sistem kredit. Walau tidak perlu membayar tunai, Anda tetap harus mempertimbangkan model dan harganya, apakah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar Anda. Perhatikan juga dari beberapa opsi motor Suzuki, model mana yang paling pas dengan keseharian Anda.

Mengetahui pilihan adalah hal penting dalam mengambil kredit, terutama dalam hal spesifikasi dan fungsinya. Motor yang irit dengan spesifikasi memadai adalah pilihan yang perlu diperhatikan. Kadang orang mengambil motor yang canggih dan justru tidak cocok dengan kebutuhannya sehari-hari dan lebih untuk keperluan bergaya.

2. Perhatikan Kondisi keuangan

Angsuran motor bisa diambil dengan mempertimbangkan kondisi keuangan terlebih dahulu. Apakah Anda atau pasangan memiliki penghasilan yang tetap dan mendapatkan gaji? Adanya slip gaji membantu untuk pengajuan kredit dikabulkan. Memiliki penghasilan lain juga akan jadi poin penting yang sangat dipertimbangkan.

Anda juga perlu melihat kemampuan finansial, apakah bisa mencicil sesuai dengan persyaratan kredit. Walau kredit jumlahnya kecil tapi kalau dilakukan bertahun-tahun tentu akan mempengaruhi keuangan Anda. Hitung dengan benar, apakah Anda bisa melakukannya sampai kredit selesai.

Suzuki Satria

Suzuki Satria bisa jadi pilihan

3. Perhitungan Skema Kredit yang Aman

Perhitungkan dengan teliti skema kredit motor yang aman dan tidak memberatkan. Syarat pertama dalam melakukan kredit adalah sepertiga dari penghasilan keluarga, yang mencakup penghasilan Anda dan pasangan. Pahamilah bahwa jika mengajukan cicilan yang kecil, maka jangka waktu akan lebih panjang, sedangkan nilai barang makin menurun.

Perhatikanlah akumulasi pengeluaran kendaraan Anda dalam sebulan dan juga sampai cicilan selesai. Manakah skema yang paling menguntungkan. Apakah yang kecil tapi lama dan aman. Atau yang besar, lebih cepat yang akan mengambil porsi besar dari penghasilan Anda setiap bulannya.

>>> Pilih Mana All New CBR150R, Yamaha YZF-R15 atau Suzuki GSX-R150?

4. Melakukan Kredit dengan DP yang Besar

Ketika akan mengajukan kredit, perhitungkanlah tenor dan cicilan sesuai dengan kemampuan Anda. Perhatikanlah dengan benar karena saat melakukan pemesanan kendaraan, pihak dealer akan langsung menghubungi Anda. Untuk kredit, Anda umumnya akan didampingi oleh pihak leasing untuk menjelaskan prosesnya.

Berikanlah uang muka atau DP dengan jumlah yang besar di atas 30% agar lebih mudah dan cepat disetujui. Ini adalah cara cepat agar membuat angsuran lebih ringan untuk diselesaikan sampai tuntas. Memberikan uang muka yang besar akan menjadikan pengajuan prioritas untuk bisa disetujui.

kredit motor Suzuki

Sebelum memilih pastikan modelnya bisa menunjang aktivitas Anda

5. Lakukan Kredit Tenor Pendek agar Lebih Mudah

Hal yang dipertimbangkan dalam kredit motor Suzuki adalah dari tenor kredit yang diambil. Semakin pendek tenor yang Anda ambil, maka akan semakin tinggi kemungkinan persetujuan nya. Tenor pendek berkisar 1-2 tahun yang akan lebih menjanjikan dibandingkan tenor panjang.

Sebagai pertimbangan, tenor yang panjang akan membuat pihak dealer berpikir Anda mengambil cara aman. Walaupun demikian, cara ini tetap bisa ditempuh kalau kondisi keuangan memang memaksanya. Bayaran untuk tenor seperti ini relatif kecil jadi ringan untuk pembayaran perbulannya.

6. Memilih Lembaga Pembiayaan Terpercaya

Anda harus memastikan bahwa lembaga yang Anda pilih benar-benar aman dan terpercaya. Pilihlah lembaga pembiayaan yang kredibel, bukan abal-abal atau perorangan. Prosesnya memang cukup panjang, yaitu meliputi survei dan BI Checking. Namun, cara ini akan lebih aman dan biasanya juga memberikan asuransi saat terjadi risiko kecelakaan atau pencurian.

Baik pihak pengajuan kredit maupun dealer dan leasing perlu sama-sama sepakat dengan pengajuan kredit. Ada kalanya pengajuan ditolak karena satu atau lain hal. Jangan khawatir, akan selalu ada dealer atau leasing lain yang bisa dicoba. Pastikan saja, alasan Anda ditolak sudah diperbaiki sehingga tidak bermasalah untuk pengajuan berikutnya.

7. Memperhatikan Syarat Kredit

Hal terakhir yang tak boleh Anda lewatkan adalah memperhatikan syarat kredit dari lembaga yang bersangkutan. Bacalah dengan teliti setiap syarat yang diberikan. Syarat-syarat ini biasanya meliputi dokumen yang harus diberikan, jumlah cicilan, denda yang dibayarkan jika terlambat bayar, dan berbagai syarat lainnya.

Pilihlah dengan betul lembaga pembiayaan yang memberi syarat yang masuk akal dan bisa Anda terima. Persyaratan yang memberatkan bisa membuat angsuran macet dan bahkan motor Anda ditarik karena gagal bayar, hindari hal ini sebisa mungkin.

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan saat akan melakukan kredit motor Suzuki. Rencanakanlah dengan matang keuangan Anda dalam melakukan pembayaran setiap bulan agar tidak macet. Jangan lupa untuk selalu membayar cicilan sesuai perjanjian yang ditentukan agar tidak menimbulkan hal-hal yang akan merugikan diri Anda sendiri.

Kalau pertimbangan sudah matang, Anda bisa mengajukan kredit motor Suzuki melalui marketplace Blibli. Dengan memiliki catatan pembayaran yang baik, coba lihat persyaratan dan cara untuk mengambil kredit dengan Blibli. Tentu, cara ini akan sangat memudahkan dalam mengambil kredit dan pasti lebih nyaman.

>>> Aplikasi My Suzuki Bantu Dongkrak Penjualan Suku Cadang Suzuki

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top