Kredit Mobil Bekas, Bingung Pilih Lewat Diler Atau Leasing? Ini Jawabannya

24/04/2019
Memiliki sebuah mobil tentunya sudah bukan impian lagi. Pasalnya, banyak sekali promo menarik seperti DP ringan, cicilan rendah hingga bunga 0%. Sama halnya dengan membeli mobil bekas via kredit yang cenderung terjangkau serta menggiurkan. Namun tak heran, banyak dari masyarakat bingung untuk kredit mobil bekas lewat diler atau Leasing?

Kebutuhan masyarakat akan sebuah mobil, entah untuk kendaraan keluarga atau urusan bisnis, terbilang cukup tinggi. Setidaknya, mobil bisa mengangkut lebih banyak orang daripada sepeda motor. Bahkan, banyak orang menganggap mobil sebagai ‘rumah kedua’.

Cara membeli mobil sendiri sudah berkembang dewasa ini. Bisa diamati bahwa banyak Leasing maupun diler, memberikan berbagai promo menarik dan berbeda-beda supaya orang dapat memiliki mobil lebih mudah. Tiap-tiap lembaga finansial memiliki prosedur dan aturan tersendiri terkait sistem kredit mobil bekas.

Kredit Mobil Bekas Lewat Leasing

Salah satu hal menarik dari membeli mobil bekas secara kredit lewat Leasing adalah uang muka atau Down Payment (DP) yang ringan. Dalam hal ini, DP yang murah membuat Anda dapat langsung membawa pulang satu unit mobil bekas. Namun perlu menjadi catatan, DP rendah akan meningkatkan jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

seorang wanita sedang cek mobil di showroom

Kredit mobil bekas lewat Leasing memiliki keuntungan tersendiri khususnya dalam rencana pembiayaan lebih fleksibel

Di sisi lain, masa tenor atau cicilan bisa diatur sesuai harapan Anda. Semakin panjang masa tenor maka cicilan pun semakin ringan setiap bulannya. Umumnya, masyarakat banyak memilih kredit mobil bekas via Leasing karena alasan satu ini.

Kelebihan tersebut nyatanya juga memberi kekurangan tersendiri bagi Anda. Jika ditotal sepenuhnya, maka harga bisa mencapai 2 kali lipat lebih mahal dari harga mobil yang Anda beli. Hal ini umumnya dikarenakan suku bunga lebih tinggi dikarenakan pilihan masa tenor yang lebih panjang.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KREDIT MOBIL BEKAS LEWAT LEASING

Rencana pembiayaan lebih fleksibel

Selisih harga total yang jauh dari harga asli mobil, bahkan bisa 2 kali lipat

DP yang disiapkan terkenal ringan

Bunga tinggi

Masa tenor bisa diatur sehingga cicilan lebih rendah setiap bulannya

-

>>> Tertarik untuk membeli mobil bekas berkualitas? Coba simak harga dan informasi selengkapnya di sini

Kredit Mobil Bekas Lewat Diler

Sedangkan pada metode lainnya adalah membeli mobil bekas secara kredit lewat diler. Jika Anda sangat mempertimbangkan jumlah total pembayaran dari awal masa cicilan hingga akhir, maka metode satu ini tepat dikarenakan selisih harga tidak terpaut jauh dari harga asli mobil. Bahkan, jika Anda mau kroscek lebih mendalam, Anda akan mengetahui perbedaan signifikan dari keduanya.

dua orang sedang berbicara di showroom mobil bekas

Kredit mobil bekas lewat diler dikenal akan aspek 'selisih harga' yang tak begitu jauh dari harga asli mobil

Dengan adanya keuntungan di atas, proses kredit mobil bekas di diler cenderung lebih prosedural. Umumnya, uang muka yang ditawarkan cukup besar dan pilihan jangka waktu sudah ditentukan oleh pihak diler. Belum lagi dalam hal waktu yang umumnya lebih awal karena masih ada penyeleksian ketat dari Cash Flow atau aliran keluar masuk finansial Anda setiap bulannya.

Di sisi lain, kredit mobil bekas via diler juga minim pilihan model. Umumnya, diler tidak menyediakan seluruh varian atau model mobil secara lengkap.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KREDIT MOBIL BEKAS LEWAT LEASING

Rencana pembiayaan lebih fleksibel

Selisih harga total yang jauh dari harga asli mobil, bahkan bisa 2 kali lipat

DP yang disiapkan terkenal ringan

Bunga tinggi

Masa tenor bisa diatur sehingga cicilan lebih rendah setiap bulannya

-

>>> Pertimbangkan Sebelum Melangkah, Ini Plus Minus Membeli Mobil Bekas di Diler

Mana Yang Lebih Baik, Kredit Mobil Bekas Lewat Diler Atau Leasing?

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Di satu sisi, Leasing lebih baik dalam hal kepraktisan dan Anda dapat menentukan rencana pembiayaan dengan lebih banyak pilihan. Namun kekurangan dari metode satu ini lebih dikenal karena suku bunga yang tinggi.

Sedangkan pada metode diler, Anda bisa mendapatkan selisih harga yang tak begitu jauh. Namun perlu menjadi catatan, kredit mobil bekas lewat diler justru lebih prosedural dan memakan waktu agak lama untuk menganalisa lebih lanjut finansial Anda.

Keduanya memiliki tujuan yang sama yakni mempermudah masyarakat untuk memiliki sebuah mobil. Namun dalam prosesnya, ada unsur ‘plus minus’ yang harus Anda pilih sesuai kebutuhan dan rencana finansial jangka panjang Anda. Kembali lagi, semua pilihan tergantung pada Anda. Artikel ini setidaknya membuat Anda memahami lebih jauh tentang keduanya. Jadi, apa pilihan Anda?

>>> Tertarik untuk mengetahui tips dan trik lainnya seputar mobil? Simak terus informasi menarik dari Cintamobil.com

Franky Pratama

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
1

berita lain