Komparasi Wuling Formo 1.2 Blind Van vs Rival, Apa Iya Masih #MendingWuling?

11/11/2018

Jual beli
Komparasi Wuling Formo 1.2 Blind Van vs Rival, Apa Iya Masih #MendingWuling?
Wuling Formo diluncurkan oleh PT SGMW Motor Indonesia sebagai senjata untuk bertarung dikelas light commercial vehicle guna menantang para pemula alias pemain muka lama. Nah, berikut ini kami sajikan komparasi Wuling Formo 1.2 Blind Van vs Rival, apa iya masih #MendingWuling?

Tampak acara peluncuran Wuling Formo 1.2 Blind Van 2018

Wuling Formo 1.2 Blind Van digadang-gadang siap menghadang para pemula alias pemain muka lama

Tepat pada hari Rabu (7/11) lalu, PT SGMW Motor Indonesia sebagai agen pemegang merek Wuling di Indonesia meluncurkan Wuling Formo yang terdiri dari dua tipe, yaitu Passanger Van dan Blind Van. Mobil ini digadang-gadang mampu meredam hegemoni para pemula alias pemain muka lama yang nyaris beberapa tahun terakhir tidak punya pesaing baru yang memberi perlawanan. Para pemain muka lama itu antara lain ada Daihatsu Gran Max Blind Van dan Suzuki APV Blind Van. Nah, berikut ini kami sajikan komparasi Wuling Formo 1.2 Blind Van vs Rival, apa iya masih #mendingwuling?

Tampak smartphone Xiaomi Redmi 5A

Xiaomi Redmi 5A sukses mengahancurkan harga pasar smartphone kelas bawah 

Mungkin Anda pembaca setia artikel di Cintamobil.com merasa bingung, mengapa kami menggunakan hastag #mendingwuling? For more you know, tanda tagar tersebut pertama kali dipopulerkan oleh smartphone asal negeri tirai bambu yakni Xiaomi. Para fansboy ponsel pintar tersebut menggunakan tanda tagar #mendingxiaomi. Telepon genggam pintar ini masuk Indonesia sekitar tiga tahun lalu, dan beberapa bulan lalu Xiaomi meluncurkan Xiaomi Redmi 5A dengan banderol serta fitur fantasitis dan langsung membuat rival-rivalnya terasa overpriced. Lalu apakah cerita manis Xiaomi ini dapat menular ke Wuling? Apa iya #mendingwuling?

Tampak grill Wuling Formo 1.2 2018

Apakah berbekal mesin depan, tarikan belakang plus kekedapan kabin berhasil menarik minat para pengusaha?

Ada empat parameter yang kami jadikan acuan mobil mana yang menjadi jawara pada tes kali ini. Yang pertama adalah keluasan kargo, karena ini berdampak pada seberapa luas kargo dan banyaknya barang yang dapat dimuat. Selanjutnya adalah kepraktisan, bukan kepraktisan seperti mobil penumpang yang biasanya kami lakukan seperti menghitung banyaknya tempat penyimpanan, cup holder, namun seberapa mudah meletakan barang di mobil ini. Dan dua terakhir adalah mengenai performa dan harganya, apakah mobil ini layak Anda pinang sebagai andalan usaha.

So, inilah komparasi Wuling Formo 1.2 Blind Van vs Rival, apa iya masih #mendingwuling?  

1. Keluasan Kargo

Tampak kabin Wuling Formo 1.2 Blind Van 2018

Wuling Formo 1.2 Blind Van memiliki dimensi kargo panjang 2.010 mm, lebar 1.425 mm, dan tinggi 1.120 mm

Tampak dimensi kargo Suzuki APV Blind Van

Suzuki APV Blind Van ternyata memiliki dimensi paling kecil dibanding rival lainnya

Tampak kargo Daihatsu GrandMax Blind Van

Grand Max jadi jawara di parameter keluasan kargo, dengan panjang mencapai 2.350 mm, lebar 1.550 mm, dan tinggi 1.285 mm

Dari ketiga foto dan caption data diatas, sudah langsung dapat diambil kesimpulan bahwa Daihatsu Gran Max Blind Van mengungguli kedua rivalnya, termasuk sang pendatang baru Wuling Formo 1.2 Blind Van. Hal ini sebenarnya tidak mengagetkan kami dari Tim Cintamobil.com karena bodi boxy khas minivan sangat kentara dari postur Daihatsu Gran Max Blind Van, uniknya meski Wuling Formo 1.2 Blind Van tidak punya desain se-boxy kedua rivalnya namun mampu memiliki dimensi keluasan kargo yang lebih baik dari Suzuki APV Blind Van. Terbatasnya dimensi kargo Suzuki APV Blind Van disinyalir akibat tebalnya trim pintu belakang, gundukan mesin di tengah dan juga tonjolan sepatbor roda.

>>> Baca juga: 5 Mobil Mewah Terbaru 2018 di Indonesia dari Cintamobil TV

2. Kepraktisan

Tampak Samping Wuling Formo 1.2 Blind Van

Meski memakai pintu konvensional namun sudut bukaan pintu belakang Wuling Formo 1.2 Blind Van lebih baik dari Suzuki APV Blind Van

Tampak sebuah Suzuki APV Blind Van difoto dari samping

Suzuki APV Blind Van juga masih menggunakan pintu baris kedua model konvensional

Tampak Sebuah Daihatsu GranMax Blind Van

Pintu geser menjadi nilai jual utama dari Daihatsu Gran Max dan berhasil memenangi parameter ini

Ternyata kepraktisan lagi-lagi dimenangkan oleh Daihatsu Gran Max, mengapa? Karena ia adalah satu-satunya peserta komparasi yang memiliki pintu geser. Lihat saja pintu belakang Suzuki APV Blind Van maupun Wuling Formo 1.2 Blind Van yang masih menggunakan pintu konvensional layaknya mobil penumpang. Pintu geser ini ternyata sangat membantu para delivery boy alias kurir untuk mengakses barang dengan cepat dan tentunya lebih minim resiko barang rusak terkena bukaan pintu. Namun, Wuling Formo 1.2 Blind Van ternyata juga punya senjata rahasia, yakni tuas pintu bagasinya sudah elektrik bukan lagi mekanis, sehingga lebih mudah dibuka dengan hanya sentuhan ringan tangan.

>>> Tips dan trik untuk jual beli mobil anda bisa dilihat disini

3. Performa

Tampak mesin Wuling Formo 1.2 Blind Van 2018

Mesin Wuling Formo 1.2 Blind Van dicangkok dari Chevrolet Aveo lawas dengan penyesuaian final gear, posisi mesin depan akan membuat kabin minim getaran

Tampak mesin G15 pada Suzuki APV Blind Van

Mesin konvensional nan kuno di Suzuki APV Blind Van berdampak negatif pada performa dan konsumsi bahan bakarnya yang kurang sebaik rivalnya

Tampak mesin berkode 3SZ-VE pada Daihatsu Gran Max Blind Van

Mesin berkode 3SZ-VE yang tertanam dibalik jok pengemudi dan penumpang Daihatsu Gran Max Blind Van begitu digdaya dan memiliki performa baik

Dikalangan kurir atau supir ekspedisi antar daerah, Daihatsu Gran Max dikenal dengan tarikannya yang responsif, hal tersebut bukan hanya dikarenakan mesin 3SZ-VE dengan teknologi katup variabel VVT-i nya saja yang membuat Gran Max dapat dengan mudah melaju kencang, namun rasio giginya yang pas juga membantu mobil berobot 2 ton ini melesat. Jelas mesin ini lebih baik dari mesin kuno G15 Suzuki APV Blind Van meski keberadaan mesin sama-sama tertanam dibawah jok pengemudi dan penumpang depan. Bagaimana dengan mesin S-TEC (atau diubah dengan P-TEC oleh Wuling, red) bawaan Chevrolet Aveo lawas? Kami belum pernah mengetes jalan Wuling Formo 1.2 ini, namun sepengalaman kami mencoba Chevrolet Aveo, mesin tersebut terasa kencang. Ya, semoga performanya tidak mengecewakan ketika dicangkok ke Wuling Formo yang punya bobot berkali-kali lipat lebih berat. 

>>> Mungkin Anda tertarik: Review Wuling Formo 2018 Indonesia

4. Harga dan Kesimpulan

Tampak sebuah Daihatsu Gran Max Blind Van berwarna putih

Daihatsu Gran Max Blind Van sangat kami rekomendasikan untuk menunjang usaha Anda

So, yang mana yang akan Anda pilih sebagai partner bisnis Anda? Well, kalau melihat harga jual yang ditawarkan, Wuling Formo 1.2 Blind Van ditawarkan dengan harga hanya Rp 135,8 juta, sedangkan Suzuki APV Blind Van dilego seharga Rp 147 juta, sementara Daihatsu Gran Max Blind Van bisa Anda bawa pulang setelah mengeluarkan uang sebesar Rp 141,6 juta. Nah, jika Anda pengusaha yang masih suka menyetir mobil operasionalnya sendiri, beli lah Wuling Formo 1.2 Blind Van, karena masih ada fitur untuk kenyamanan pengemudi, namun jika Anda lebih mengutamakan biaya operasional, kami sangat menyarankan Anda meminang Daihatsu Gran Max tersebut karena keunggulannya mempu membuat usaha Anda selalu untung. So, apa iya masih #mendingwuling?

Untuk ulasan lebih lengkap, simak tayangan eksklusif dari tim video Cintamobil TV pasca peluncuran resmi di Jakarta berikut:

>>> Dapatkan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di Cintamobil.com

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top