Komparasi Wuling Cortez Vs Toyota Avanza, Pertarungan ‘Made in China’ Dengan Jawara Jepang

18/11/2018

Jual beli
Wuling Cortez yang hadir sebagai pendatang baru memiliki segudang fitur yang siap ditandingkan dengan kelengkapan dari mobil sejuta umat, Toyota Avanza. Segala hal akan kami ulas secara gamblang di artikel kali ini sehingga memudahkan Anda memilih sesuai kebutuhan berkendara. Inilah dia, komparasi Wuling Cortez vs Toyota Avanza.

Mengapa kami menamainya Wuling Cortez dengan sebutan ‘Made In China’? Tentu kita tahu, produk-produk seperti Wuling masih terikat dengan stigma buruk masyarakat akan produk China. Namun jangan salah, Cintamobil.com di sini mengesampingkan stigma tersebut dan menjawabnya secara Fair, memberikan komparasi Wuling Cortez vs Toyota Avanza sebagai jawara Jepang yang selalu berhasil meraih podium teratas di lini penjualan.

Komparasi Wuling Cortez dan Toyota Avanza di segmen mobil keluarga 7 penumpang

Komparasi Wuling Cortez dengan Toyota Avanza, siapakah pemenangnya?

1. HARGA DAN VARIAN

Dari lini harga, Wuling Cortez dibanderol mulai harga Rp. 193 jutaan hingga Rp. 264 jutaan. Supaya memudahkan konsumen, Cortez juga dibekali 7 pilihan yang didasari dari perbedaan bodi trim hingga kapasitas mesin (1.5 Liter dan 1.8 Liter). Berbeda halnya dengan Toyota Avanza menawarkan pilihan lebih Simple dengan 5 pilihan harga yang dibanderol mulai Rp. 191 jutaan hingga Rp. 221 jutaan.

TIPE WULING CORTEZ

HARGA WULING CORTEZ

HARGA TOYOTA AVANZA

TIPE TOYOTA AVANZA

Wuling Cortez 1.5 S M/T

IDR. 193.800.000

IDR. 191.100.000

Toyota Avanza 1.3 E M/T

Wuling Cortez 1.5 C M/T

IDR. 203.800.000

IDR. 202.300.000

Toyota Avanza 1.3 E A/T

Wuling Cortez 1.8 C M/T

IDR. 218.000.000

IDR. 208.950.000

Toyota Avanza 1.3 G M/T

Wuling Cortez 1.8 C i-AMT

IDR. 228.000.000

IDR. 219.650.000

Toyota Avanza 1.3 G A/T

Wuling Cortez 1.8 C Lux Plus M/T

IDR. 233.000.000

IDR. 221.250.000

Toyota Avanza 1.5 G M/T

Wuling Cortez 1.8 L Lux Plus M/T

IDR. 254.000.000

-

-

Wuling Cortez 1.8 L Lux Plus i-AMT

IDR. 264.000.000

-

-

*Harga di atas adalah periode November 2018

Pada varian terendah, Toyota Avanza terbilang lebih terjangkau, selisih Rp. 2 jutaan dengan varian terendah Wuling Cortez. Untuk paling terjangkau, sudah pasti dimenangkan oleh Toyota Avanza. Di sisi lain, pada model tertinggi Wuling Cortez, harganya terpaut jauh hingga Rp. 40 jutaan dengan Toyota Avanza 1.5 G M/T. Apakah selisih harga tersebut memberi jaminan bahwa Wuling Cortez memiliki kapabilitas lebih baik daripada Avanza? Mari kita ulas bersama kedua varian tertingginya yang dimulai dari sisi fitur eksterior.

>>> Test Drive Wuling Cortez L Lux Plus 1.8 i-AMT 2018, simak apa yang kami temukan

2. FITUR EKSTERIOR

Eksterior Toyota Avanza menerapkan Headlamp berdesain baru yang menyatu langsung dengan Grille depannya. Memberi kesan ikonik tersendiri yang menjadi ciri khas berbeda dari mobil keluarga lainnya. Berbeda dengan Wuling Cortez, menerapkan moncong depan yang lebih memanjang, dipersenjatai lampu Stylish LED Headlamp dipadu lampu LED Daytime Running Light (DRL) yang belum dimiliki oleh Avanza.

Perbandingan fitur eksterior Wuling Cortez dan Toyota Avanza dimenangkan oleh Cortez yang tawarkan fitur lebih lengkap

Lampu Wuling Cortez (kiri) sudah menghadirkan fitur LED DRL yang tidak dimiliki Avanza (kanan)

Namun dari segi desain, Cintamobil.com lebih menyukai sentuhan sporty yang diterapkan oleh Avanza. Hal tersebut bisa diamati dari hadir Side Body Molding, Smoothing Panel serta fitur Rear Spoiler yang menyatu tegas dengan High Mount Stop Lamp. Hal berbeda ditampilkan pada Cortez, memiliki bodi lebih panjang di angka 4.780 mm daripada Avanza yang sebesar 4.190 mm. Di sisi lain, Cortez juga memiliki fitur tambahan dari hadirnya Roof Rail pada sisi atapnya, memberi akomodasi lebih bagi pemiliknya untuk menaruh barang-barang.

Komparasi dimensi bodi Wuling Cortez dan Toyota Avanza dimenangkan oleh Cortez yang tampil di angka 4.780 mm

Dimensi bodi Wuling Cortez (atas) memiliki panjang 4.780 mm berbeda dengan Toyota Avanza (bawah) yang hanya sebesar 4.190 mm

>>> Untuk mengetahui Toyota Avanza lebih jauh, Anda bisa membacanya dengan klik link ini

3. FITUR INTERIOR

Tatanan kabin dari Cortez terbilang cukup lega berkat Wheelbase di angka 2.750 mm dibanding Avanza yang hanya sebesar 2.655 mm. Data tersebut umumnya ditujukan untuk menilai kelegaan kabin khususnya ruang kaki penumpang.

Perbandingan interior Wuling Cortez dan Toyota Avanza diungguli oleh Cortez dengan fitur lebih lengkap

Perbandingan interior Wuling Cortez (atas) dengan Toyota Avanza (bawah)

Sedangkan untuk fitur hiburan sendiri, Wuling Cortez lagi-lagi mengungguli Avanza dengan tersematnya panel Head Unit berukuran 8 inci yang sudah didukung format Mirrorlink, Bluetooth, USB, SD Card, AUX-In. Adapun jika menilik fitur interior Avanza hanya tersedia panel Head Unit berukuran 6,1 inci Touchscreen. Dari segi ukuran Head Unit, Wuling Cortez menyajikan kapabilitas yang jauh lebih nyaman dari Avanza.

Fitur Wuling Cortez hadirkan Classy Electric Sunroof yang tidak dimiliki oleh Toyota Avanza

Menariknya lagi, Wuling Cortez sudah menghadirkan fitur Electric Classy Sunroof

Lebih daripada itu, Wuling Cortez sudah menyajikan fitur Premium kelas atas seperti Classy Electric Sunroof. Fitur seperti ini umumnya baru bisa dinikmati di rentang harga mobil Rp. 400 jutaan ke atas. Fungsinya saja terbilang menarik seperti memberikan pemandangan alam bagi seluruh penumpang dari sisi atap kabinnya.

>>> Penasaran dengan harga dari produk Wuling lainnya? Ketahui jawabannya dengan klik tautan ini

4. PERFORMA MESIN

Dari segmen harga saja, kita sudah mengetahui Wuling Cortez juga menyajikan tenaga mesin 1.8 Liter yang tidak ditawarkan pada Avanza. Di rentang harga serupa, Avanza hanya menyajikan dua pilihan mesin yakni 1.3 Liter dan 1.5 Liter. Berbeda dengan Wuling yang menawarkan performa lebih mumpuni yakni 1.5 Liter dan 1.8 Liter. Supaya Anda membandingkan keduanya lebih mudah, berikut komparasi mesin Wuling dan Avanza di kapasitas 1.5 Liter.

Performa Mesin

Wuling Cortez 1.5 Liter

Toyota Avanza 1.5 Liter

Tipe Mesin

4 Silinder DOHC DVVT

IL 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC Dual VVT-i

Kapasitas Silinder

1.485 cc

1.496 cc

Daya Maksimum

110 HP / 5.800 Rpm

103 HP / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

142 Nm / 3.800 – 4.400 Rpm

136 Nm / 4.200 Rpm

Sistem Transmisi

6 Tingkat Percepatan Manual

5 Tingkat Percepatan Manual

>>> Komparasi Wuling Formo 1.2 Blind Van vs Rival, Apa Iya Masih #MendingWuling?

KESIMPULAN

Dari data di atas cukup menunjukkan bahwa Wuling Cortez sebagai pendatang baru memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh Toyota Avanza. Namun fakta lapangan menunjukkan hal berbeda yakni Toyota Avanza merajai penjualan hingga saat ini dibanding Wuling Cortez. Meski memiliki beberapa kelebihan menarik, Wuling Cortez rasanya harus terus berbenah untuk mendapat hati masyarakat baik lewat After Service, pelayanan dan hal penting lainnya.

Di sisi lain, masyarakat Indonesia sendiri memiliki karakter berbeda-beda. Data penjualan yang masih dirajai oleh Avanza membuktikan bahwa mobil sejuta umat ini masih mendapatkan hati tersendiri bagi masyarakat dari generasi ke generasi. Berbeda dengan Wuling yang masih dihantui oleh stigma buruk ‘Made in China’.

Adapun artikel komparasi kali ini juga membuktikan bahwa fitur dan spesifikasi unggul tidak menjadi jaminan mutlak bagi Wuling untuk memenangkan pasar Indonesia. Ada beberapa hal signifikan yang nyatanya masih membutuhkan proses seperti halnya membangun kepercayaan di hati masyarakat Indonesia.

Lantas bagaimana pendapat Anda? Lebih baik Wuling Cortez yang notabene sebagai pendatang baru ataukah memilih Avanza yang sudah memiliki rekam jejak apik dari generasi ke generasi? Sampaikan pendapat Anda di kolom komentar ya sobat.

Untuk ulasan mobil Wuling terbaru, simak tayangan eksklusif dari tim video Cintamobil TV pasca peluncuran resmi di Jakarta berikut:

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

 
back to top