Komparasi Toyota Kijang Innova Diesel VS Isuzu Panther: Persaingan Abadi Para Jagoan Diesel di Indonesia

13/01/2020

Jual beli

5 menit

Share this post:
Komparasi Toyota Kijang Innova Diesel VS Isuzu Panther: Persaingan Abadi Para Jagoan Diesel di Indonesia
Keduanya merupakan jawara MPV diesel di Indonesia. Manakah yang paling cocok buat Anda? Simak komparasi Toyota Kijang Innova Diesel VS Isuzu Panther berikut ini

Imej mesin diesel yang irit bahan bakar, jago nanjak dan tangguh menjadi pertimbangan utama bagi sebagian konsumen Indonesia dalam memilih mobil. Dari semua pilihan mobil bermesin diesel, ada dua nama yang sangat mencuat lantaran dikenal sebagai ‘jagoan’ diesel di Indonesia. Yup, apalagi kalau bukan Toyota Kijang Innova diesel dan Isuzu Panther. Toyota Kijang Innova diesel misalnya, terkenal dengan keandalannya lewat penggunaan mesin turbo diesel common-rail. Sementara Isuzu Panther si ‘Rajanya Diesel’, mampu mempertahankan mahkotanya dengan mesin diesel yang terkenal tangguh dan mendapatkan penambahan turbo sejak generasi ketiga.

Gambar sebuah mobil Toyota Kijang Innova berwarna putih dan mobil Isuzu Panther berwarna hitam

Keduanya merupakan jawara di kelas MPV diesel di Indonesia, namun memiliki karakter yang berbeda

>>> Review Toyota Kijang Innova 2.7 V AT 2005, Kijang Paling Berotot Dan Terkencang Sepanjang Masa

Kali ini, Cintamobil.com akan mengkomparasi kedua mobil diesel yang paling populer di Indonesia tersebut. Keduanya memang memiliki performa dan durabilitas yang cukup terbukti di berbagai macam kondisi dan medan. Selain itu juga didukung oleh layanan aftersales yang tersebar di berbagai tempat. Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk meminang mobil diesel dengan value for money yang tinggi, kedua jagoan diesel ini mungkin bisa memenuhi ekspektasi Anda. Namun manakah yang paling cocok untuk Anda? Simak komparasi Toyota Kijang Innova Diesel vs Isuzu Panther berikut ini.

1. Tampilan

Gambar sebuah mobil Toyota Kijang Innova Diesel berwarna silver dilihat dari sisi depan

Toyota Kijang Innova diesel memiliki tampilan lebih mewah dan modern

Dari segi tampilan dan desain, memang sangat subyektif. Namun baik Toyota Kijang Innova diesel ataupun Isuzu Panther, memiliki tampilan yang identik dengan MPV di Indonesia: yakni lebih mengutama aspek fungsionalitas sebagai mobil penumpang. Toyota Kijang Innova diesel memang terlihat lebih modern dan mewah jika dibandingkan dengan Isuzu Panther yang menurut kami mulai terlihat termakan oleh jaman. Di lain sisi, Isuzu juga memiliki varian Grand Touring yang berpenampilan lebih tinggi dan gagah layaknya SUV. 

>>> Review Isuzu Panther LS 2000: Resep Sederhana Membuat Harga Bekasnya Bertahan

2. Performa

Dari segi performa, keduanya menggunakan mesin turbo diesel dengan kapasitas 2.500 cc. namun pada Toyota Kijang Innova diesel, sudah menggunakan teknologi comon-rail yang membuatnya lebih unggul di sektor tenaga dan daya sekaligus lebih senyap. Mesin turbo diesel dengan kode 4JA1-L bawaan Isuzu Panther memang sudah direct injection namun belum dilengkapi dengan teknologi common-rail. Namun hal tersebut membuatnya lebih bandel dan fleksibel ketika diharuskan mengkonsumsi solar dengan kualitas lebih rendah. 

Gambar menunjukkan mesin mobil  Isuzu Panther

Mesin 4JA1-L bawaan Isuzu Panther terbukti sangat tangguh 

Dari performa, baik Toyota Kijang Innova diesel dan Isuzu Panther memiliki karakter mesin diesel yang khas, yakni ketersediaan torsi yang berlimpah sejak putaran mesin bawah. Dengan penambahan turbo, membuat kedua mobil ini cukup andal baik untuk akselerasi di lalu lintas perkotaan, hingga melahap tanjakan terjal saat diajak keluar kota. Namun Toyota Kijang Innova diesel memiliki ‘nafas’ lebih panjang saat diajak menjelajah dengan kecepatan tinggi di jalan bebas hambatan dikarenakan rasio giginya yang lebih pas. Sayangnya untuk Isuzu Panther, getaran mesin cukup terasa layaknya mesin diesel konvensional dan nafas mesinnya tak sepanjang Innova diesel. Tapi bagi yang ingin kenyamanan dan kepraktisan, tersedia pilihan transmisi transmisi otomatis 4 percepatan selain manual 5 percepatan untuk kedua mobil ini.

>>> Memahami Cara RaceChip Indonesia Upgrade Potensi Performa Mesin Mobil Berturbo

3. Perawatan

Foto sebuah mobil Isuzu Panther Grand Touring berwarna hitam dilihat dari sisi depan

Meski minim perawatan, namun kaki-kaki Isuzu Panther terkenal kerap bermasalah

>>> Komparasi SUV VS MPV: Isuzu Mu-X I-Series VS Toyota Venturer 2.4 Q M/T, Adu Mobil Keluarga Gagah Harga Rp450 jutaan

Soal perawatan, kedua mobil ini dinilai cukup mudah tanpa ada perhatian khusus. Untuk Toyota Kijang Innova diesel, lantaran sudah mengadopsi teknologi common-rail, pemilik disarankan untuk mengganti filter solar lebih cepat ketika sering menggunakan solar dengan kualitas rendah. Sementara untuk Isuzu Panther rentan terkena ‘masuk angin’ terlebih ketika pemilik mobil kerap membiarkan tangki bahan bakar kosong. Selain itu, mobil yang dijuluki “si kucing besar” ini juga kerap bermasalah pada bagian kaki-kakinya, terlebih pada bagian laher roda depan, sebab disinyalir laher roda depan tidak didesain proper untuk ukuran ban yang besar, ini merupakan masalah khas Panther dan sudah banyak solusi mudah dan murah untuk mengatasinya.

>>> Cintamobil TV: Persaingan Mitsubishi Pajero Sport Exceed dan Chevrolet Trailblazer LTZ

4. Harga

Foto harga pasaran Toyota Kijang Innova diesel di web Cintamobil.com

Harga pasaran Toyota Kijang Innova diesel masih cukup tinggi

Berdasarkan pantuan di listing Cintamobil.com, Toyota Kijang Innova diesel dengan tahun produksi antara 2008 hingga 2014 memiliki harga pasaran mulai dari Rp 160 jutaan hingga menyentuh angka Rp 200 jutaan. Varian diesel dari Toyota Kijang Innova ini memang masih sangat digemari. Sementara untuk Isuzu Panther varian LV dan LS turbo tahun 2010 hingga 2014 memiliki harga sekitar Rp 100 hingga Rp 150 jutaan. Sementara untuk varian Grand Touring, harga pasarannya masih cukup tinggi, yakni mulai dari Rp 120 jutaan hingga 160 jutaan untuk tahun 2010 hingga 2015.

>>> Praktisnya Upgrade Performa Mesin Diesel Lewat Aplikasi Intercooler Aftermarket

5. Kelebihan & kekurangan

Sebagai bagian dari komparasi Toyota Kijang Innova diesel vs Isuzu Panther, berikut kami rangkumkan kelebihan dan kekurangan dari kedua mobil, sehingga Anda bisa mencermatinya lebih jauh. 

Kelebihan

Kekurangan

Toyota Kijang Innova Diesel

Isuzu Panther

Toyota Kijang Innova Diesel

Isuzu Panther

Nama besar Toyota dan jaringan aftersales

Durabilitas mesin

Perlu perhatian pada kondisi filter solar

Suara dan getaran cukup terdengar dan terasa hingga kabin

Durabilitas Mesin 2KD-FTE cukup baik

Durabilitas mesin 4JA1-L sangat baik

Belum dilengkapi dengan intercooler

Kaki-kaki depan kerap bermasalah

Mudah dimodifikasi dan ketersediaan aksesoris banyak

Lebih tahan saat  menggunakan kualitas solar rendah

Posisi duduk agak melelahkan untuk perjalanan jauh

Model mulai ketinggalan jaman

Harga jual kembali

Jaringan aftersales

Harga pasaran masih tinggi

Tidak ada peranti keselamatan modern seperti rem ABS apalagi EBD

6. Spesifikasi

Spesifikasi

Toyota Kijang Innova

Isuzu Panther

Tipe Mesin

2KD-FTV, 4 Silinder Segaris, 16 Katup, DOHC, D-4D

4JA1 2.5 liter Direct Injection with Turbocharger dengan OHV 8 katup

Kapasitas

2.494 cc

2.499 cc

Tenaga Maksimal

106 Ps @ 3600 rpm

80 Ps @ 3900 rpm

Torsi maksimal

260 Nm @ 1600-2400 rpm

198 Nm @ 1.800 rpm

Diameter x Langkah

92.0 x 93.8

93 x 92 mm

Transmisi

5 Speed M/T dan 4 Speed A/T

5 Speed M/T dan 4 Speed A/T

Dimensi

4.585 x 1.775 x 1.750

4.475 x 1.680 x 1.790 mm

Suspensi Depan

Double wishbone

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

4 Link dengan Pegas Koil dan Lateral Rod

Per Daun

7. Kesimpulan

Daftar semua mobil  Isuzu Panther dijual di Cintamobil.com

Harga pasaran Isuzu Panther lebih terjangkau dan diminati oleh konsumen di daerah

Kijang Innova diesel vs Isuzu Panther memang memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. MPV paling populer Toyota ini memang lebih unggul di sektor tampilan, performa dan kenyamanan. Namun jika Anda membutuhkan mobil yang tangguh, minim perawatan dan tidak rewel ketika menggunakan kualitas solar yang rendah, mungkin Isuzu Panther bisa menjawab kebutuhan Anda tersebut. Meski memiliki penampilan yang mulai ketinggalan jaman dan masih menggunakan mesin diesel konvensional, toh Isuzu Panther masih cukup digemari di berbagai daerah di Indonesia.

>>> Klik di sini untuk artikel tips dan trik otomotif lainnya

Share this post:

Berita lain

Komparasi Mazda 3 Hatchback vs Honda Civic Hatchback Turbo: Persaingan Medium Hatchback Terbaik dari Jepang

26/12/2019

Jual beli

5 menit

Mazda 3 Hatchback dan Honda Civic Hatchback Turbo sama-sama menjadi pesaing kuat di segmen medium hatchback Tanah Air. Lalu mana yang lebih layak dipilih?

Lihat juga

CintamobilTV: Komparasi KIA Picanto GT Line VS Chevrolet Spark Premier 2019

24/12/2019

Jual beli

3 menit

KIA Picanto GT Line dan Chevrolet Spark Premier 2019 berada pada segmen dan kisaran harga yang sama. Dari keduanya mana yang lebih baik yang bisa Anda dapatkan?

Lihat juga

Peduli Dampak Banjir, Isuzu Astra Motor Berikan Diskon Servis dan Spareparts

06/01/2020

Event - Promosi

3 menit

Isuzu Astra Motor Indonesia berikan program layanan spesial bagi pelanggan setianya yang terkena dampak mobil terkena banjir. Diskon Servis dan Spareparts.

Lihat juga

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 10 Perbedaan Detail Isuzu Traga Ekspor Dengan Lokal

13/12/2019

Mobil baru

3 menit

Sepintas Isuzu Traga versi ekspor ini bak pinang dibelah dua dengan versi lokal, Tapi banyak bedanya, Ini 10 detail perbedaan Isuzu Traga ekspor dengan lokal

Lihat juga

Perawatan Toyota Kijang Innova Diesel, Jangan Telat Ganti Komponen Ini

11/12/2019

Perawatan dan service

5 menit

Perawatan Toyota Kijang Innova diesel sebenarnya tidaklah terlalu rumit. Karena mobil ini cenderung mudah dalam pemeliharaannya. Namun sebaiknya jangan telat untuk mengganti dua komponen penting ini secara berkala.

Lihat juga