Komparasi Toyota Calya Dan Daihatsu Sigra, Akhir Tahun Pilih Mana?

20/12/2018

Jual beli

4 menit

Share this post:
Komparasi Toyota Calya Dan Daihatsu Sigra, Akhir Tahun Pilih Mana?
Membahas mobil Low Cost Green Car (LCGC) memang selalu menarik. Tepat seperti apa yang dikatakan oleh salah satu penulis, mobil LCGC adalah pilihan pas untuk mereka yang ingin berpindah dari sepeda motor ke mobil. Selain karena harganya terjangkau, mobil LCGC juga memiliki beberapa kelebihan. Berikut komparasi Toyota Calya Dan Daihatsu Sigra.

Di harga nyaris serupa, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra selalu menjadi pertimbangan membingungkan bagi para konsumen. Sekilas, keduanya sangat mirip dari segi desain eksterior. Tak dipungkiri, keduanya memang hasil kerjasama Toyota dan Daihatsu di tahun 2016.

Untuk diketahui saja, perilisan keduanya dilakukan di acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014. Sebelum menjadi seperti saat ini, keduanya berangkat dari mobil konsep Daihatsu yang disebut UFC-3.

Daihatsu UFC-3 menjadi basis awal dari Daihatsu Sigra dan Toyota Calya

Keduanya mengadopsi rangka bodi dari Daihatsu UFC-3 yang dipamerkan di acara IIMS 2014

Menariknya, kedua model LCGC ini dirilis dengan beberapa perbedaan. Kami menangkap bahwa ini memang lanjutan strategi kedua perusahaan otomotif tersebut seperti yang diamati pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, Daihatsu Terios dan Toyota Rush.

Supaya Anda bisa mempertimbangkan lebih matang, berikut Cintamobil.com akan memberi perbandingan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

1. Harga dan Varian

Dari kubu Toyota, Calya memiliki total 3 varian meliputi tipe 1.2 E manual, 1.2 G manual dan otomatis. Varian terendahnya dibanderol mulai harga Rp. 137.150.000 hingga Rp. 154.700.000 untuk tipe tertingginya. Seakan tak rumit, 3 pilihan tersebut terbilang sederhana.

TIPE MOBIL

HARGA TOYOTA CALYA BARU

HARGA DAIHATSU SIGRA BARU

TIPE MOBIL

Toyota Calya 1.2 E M/T

IDR. 137.150.000

IDR. 111.500.000

Daihatsu Sigra 1.0 D M/T

Toyota Calya 1.2 G M/T

IDR. 142.700.000

IDR. 120.400.000

Daihatsu Sigra 1.0 M/T

Toyota Calya 1.2 G A/T

IDR. 154.700.000

IDR. 129.750.000

Daihatsu Sigra 1.2 X M/T

 

 

IDR. 135.250.000

Daihatsu Sigra 1.2 X Deluxe M/T

 

 

IDR. 142.550.000

Daihatsu Sigra 1.2 X A/T

 

 

IDR. 148.050.000

Daihatsu Sigra 1.2 X Deluxe A/T

 

 

IDR. 136.650.000

Daihatsu Sigra 1.2 R M/T

 

 

IDR. 139.450.000

Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe M/T

 

 

IDR. 148.450.000

Daihatsu Sigra 1.2 R A/T

 

 

IDR. 152.250.000

Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe A/T

Berbeda dengan Daihatsu Sigra yang memiliki total 10 varian. Tak heran memang, Daihatsu tampaknya ingin lebih memudahkan konsumen memilih khususnya dalam hal kebutuhan dan dana yang dimiliki. Tersedia 6 pilihan bodi trim (Tipe D, M, X Deluxe dan R Deluxe), 2 transmisi (manual dan otomatis) dan 2 pilihan mesin (1.0 Liter dan 1.2 Liter). Harga tipe terendahnya dibanderol mulai Rp. 111.500.000 hingga Rp. 152.250.000.

Tentu jika ditilik varian terendahnya, harga Daihatsu Sigra terbilang lebih terjangkau daripada Toyota Calya. Bagi Anda yang memiliki dana terbatas, Sigra menyediakan pilihan lebih beragam. Dari kubu Toyota, varian Calya terbilang lebih sederhana dengan menawarkan tiga pilihan saja.

>>> Ingin tahu perbedaan dari setiap varian dari Daihatsu Sigra? Coba simak informasi selengkapnya

2. Fitur Eksterior

Supaya memudahkan Anda, artikel kali ini akan lebih membahas varian tertinggi dari keduanya. Pertama kami hendak membahasnya dalam segi eksterior yang mana sekilas keduanya tak memiliki perubahan signifikan. Namun jika ditilik lebih detail, Daihatsu Sigra sudah dilengkapi aksesoris seperti Side Body Moulding pada bodi sampingnya, sementara Calya hanya tampil polos saja.

Perbandingan eksterior Daihatsu Sigra dan Toyota Calya hanya berbeda dalam hal tampilan saja

Perbandingan eksterior Toyota Calya dan Daihatsu Sigra pada varian tertingginya

Adapun dari sisi depan, Sigra menampilkan logo bertuliskan S dengan latar bundar. Ditunjang dengan Grille berbentuk berlian serta Fog Lamps berlapis krom yang terkesan lebih agresif dan rupawan.

PERBANDINGAN FITUR EKSTERIOR TOYOTA CALYA DAN DAIHATSU SIGRA

Jenis Fitur

Toyota Calya 1.2 G

Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe

Lampu Kabut

Ada

Ada

Kaca Spion Otomatis

Ada

Ada

Side Body Moulding

Tidak Ada

Ada

Muffler Tip

Tidak Ada

Ada

Talang Air

Tidak Ada

Ada

List Chrome Pada Bemper Depan

Ada

Tidak Ada

Lampu Sein Pada Kaca Spion

Ada

Ada

Di sisi lain, Toyota Calya menampilkan definisi mewah yang berbeda. Hal tersebut bisa diamati pada kombinasi desain Fog Lamps ala Toyota Agya dan sapuan Grille serupa Toyota Avanza Veloz. Tak heran jika Anda dengan mudah mengenali sosoknya sebagai produk khas Toyota. Adapun logo Emblem pada Grille-nya menggunakan mimik Garuda sesuai persyaratan LCGC yang mengharuskan ada esensi Indonesia pada desainnya.

>>> Coba simak harga Daihatsu Sigra yang dibanderol sangat terjangkau

3. Fitur Interior

Beralih ke aspek interior, Toyota Calya menampilkan dashboard dengan warna coklat dan hitam. Memberi nuansa lebih sederhana dan aroma klasik. Berbeda dengan Daihatsu Sigra yang dikemas dengan esensi elegan, bisa diamati dari perpaduan warna Silver dari aksen krom dan latar berwarna hitam. Perlu menjadi catatan, keduanya memiliki fitur dashboard sama namun berbeda dari segi tampilan saja.

PERBANDINGAN FITUR INTERIOR TOYOTA CALYA DAN DAIHATSU SIGRA

Jenis Fitur

Toyota Calya 1.2 G

Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe

Head Rest

7 Unit (Di Setiap Kursi)

6 Unit (Bangku Tengah Hanya 2)

Head Unit Multimedia

Audio 2 DIN 6,2 inci

Audio 2 DIN 6,2 inci

2 Unit Power Charging

Ada

Ada

3 Point Seat Belt

Ada

Sebagian saja (Sisanya 2 Point Seat Belt)

Multi Information Display

Ada

Ada

Power Window

Ada

Ada

Pendingin Udara Belakang (Rear Air Circulator)

Ada

Ada

Power Steering

Ada

Ada

Perbedaan paling mencolok dirasakan pada Head Rest kursinya. Yang kami maksud adalah sandaran kepala pada kursinya. Toyota Calya lebih unggul dengan menyajikan Head Rest di setiap kursinya (2 Head Rest di bangku depan, 3 Head Rest bangku tengah dan 2 Head Rest di bangku ketiga). Berbeda dengan Daihatsu Sigra yang hanya punya total 6 unit saja.

Perbandingan interior Daihatsu Sigra dan Toyota Calya hanya berbeda dalam hal tampilan saja khususnya pada pilihan warna Two-Tone-nya

Keduanya sama-sama menggunakan Two-Tone Colour namun dengan warna berbeda

Sehingga terlihat perbedaannya, bukan? Toyota Calya mengincar konsumen yang lebih menginginkan unsur kenyamanan khususnya pada fitur Head Rest untuk mengurangi kelelahan. Sedangkan Daihatsu Sigra lebih menargetkan konsumen yang menyukai tampilan interior lebih elegan.

>>> Jika Anda tertarik, Anda juga bisa mengetahui perbedaan dari varian-varian Toyota Calya

4. Performa Mesin

Jika berbicara performa mesin, Daihatsu Sigra menawarkan pilihan lebih beragam yakni 1.0 Liter (Tipe D serta M) dan 1.2 Liter (X, X Deluxe, R dan R Deluxe). Tentu saja, karena adanya tipe 1.0 Liter masyarakat yang memiliki dana terbatas, bisa memilih varian ini. Hal tersebut nyatanya tidak ditawarkan pada Toyota Calya. Dari spesifikasinya, mesin 1.0 Liter Sigra menggunakan kode 1KR-VE 3 silinder segaris yang mampu memberi lonjakan daya 67 PS dengan torsi puncak 89 Nm.

PERBANDINGAN PERFORMA MESIN

Kategori

Toyota Calya 1.2 G

Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe

Daihatsu Sigra 1.0 Liter

Tipe Mesin

3NR-VE 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC Dual VVT-i

1KR-VE 3 Silinder Segaris DOHC VVT-i

Kapasitas Silinder

1.197 cc

998 cc

Daya Maksimum

88 PS / 6.000 Rpm

67 PS / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

108 Nm / 4.200 Rpm

89 Nm / 4.400 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual / 4 Tingkat Percepatan Otomatis

5 Tingkat Percepatan Manual

Dari kubu Calya sendiri hanya menawarkan satu pilihan mesin saja yakni 1.2 Liter. Dari sisi ini, Toyota tampaknya ingin menyasar konsumen kelas menengah. Khusus mesin 1.2 Liter Sigra dan Calya, memiliki performa sama yang mampu meraih daya hingga 88 PS serta torsi puncak di angka 4.200 Rpm.

>>> Komparasi Tiga Jenis Transmisi Hatchback LCGC

5. Fitur Keselamatan

Adakah dari Anda yang memperhatikan fitur sebelum membeli mobil? Menjawab hal ini, “CalSig” (Calya dan Sigra) memiliki segala kelengkapan mumpuni khususnya di sektor keselamatan.

Cukup disayangkan, bervariasinya tipe yang ditawarkan pada Sigra, membuat fiturnya tampil berbeda-beda. Pada Daihatsu Sigra tipe D dan M misalnya, belum dilengkapi pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Airbags. Namun tak perlu khawatir, apabila Anda ingin fitur lebih lengkap varian X Deluxe, R dan R Deluxe sudah menghadirkannya.

Perbedaan fitur Toyota Calya dan Daihatsu Sigra nyaris tak ada perbedaan signifikan

Varian tertinggi di antara keduanya sudah dibekali teknologi pengereman ABS

Berbeda dengan Calya, semua variannya sudah menghadirkan fitur sekelas Immobilizer, ISOFIX, Rear Parking Sensor dan Dual Air Bags. Khusus pada varian tertingginya, Calya tipe G, dibekali tambahan fitur seperti ABS, lampu kabut, panel pengisian daya baterai untuk Handphone Anda.

>>> Komparasi Virtual Pendatang Baru, New Nissan Terra Dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport

Kesimpulan

Harga di bawah Rp. 150 juta, menjadikan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra laris manis di pasar otomotif Indonesia. Belum lagi, kapasitasnya yang mampu mengangkut 7-Seaters sangat cocok untuk Anda yang ingin beralih dari penggunaan sepeda motor ke mobil.

Tak sedikit dari kita kebingungan ketika harus memilih keduanya. Di satu sisi, Daihatsu Sigra menawarkan 10 varian di rentang harga mulai Rp. 111 jutaan daripada Toyota Calya yang hanya 3 varian saja. Dengan itu, Sigra mampu merambah banyak lapisan masyarakat.

Di sisi lain, Sigra juga menonjolkan esensi mewah nan elegan, berbeda dengan Calya yang bernuansa klasik dan lebih menawarkan kenyamanan lebih. Terbukti dari hadirnya Head Rest di setiap kursinya, penawaran menarik dibanding Sigra. Lantas, apa pilihan Anda? Adakah hal menarik yang Anda lihat dari keduanya? Sampaikan pendapat Anda di kolom komentar sobat.

>>> Jangan ketinggalan untuk terus menyimak tips dan trik terbaru tentang mobil hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Komparasi Baru Atau Bekas: Harga Beda Rp 2 Jutaan, Piliih Toyota Avanza Veloz 1.5 AT 2015 Atau New Toyota ...

11/10/2019

Jual beli

5 menit

Ini adalah kompetisi panas! Komparasi kali ini kami hadirkan atas banyaknya pertanyaan ke penulis mengenai mending mana Avanza Veloz bekas atau Toyota Calya baru? Berikut kami ulas komparasi komperhensif bertajuk Komparasi Baru Atau Bekas: Harga Beda Rp 2 Jutaan, Piliih Toyota Avanza Veloz 1.5 AT 2015 Atau New Toyota Calya 1.2 G AT

Lihat juga

Bocor! Inilah Tampilan Toyota Calya Facelift 2019

03/09/2019

Mobil baru

7 menit

Saat kami berselancar di dunia maya, kami tidak sengaja menemukan sesosok mobil yang tidak asing bagi kami karena mirip Toyota Calya, namun ternyata yang ini berbeda, karena ini adalah Toyota Calya 1,2 G Facelift 2019!

Lihat juga

Review Toyota New Calya 1.2 G 2019: Fitur Nambah Banyak, Cuman Lebih Mahal Rp 2 Juta...

16/09/2019

Editor rate:

Setelah 3 tahun masa peredaran di bumi Indonesia, akhirnya Toyota Calya mendapatkan penyegaran yang cukup banyak. Inilah review kami mengenai mobil Toyota New Calya 1.2 tipe G yang pada hari ini (16/9) PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi meluncurkan Calya versi penyegaran ini ke pasar mobil tanah air.

Lihat juga

Review New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019: Hanya Dibanderol Rp 124 Jutaan, Idealkah Untuk Taksi Online?

23/09/2019

Editor rate:

Inilah varian termewah dari Daihatsu Sigra yang bermesin 1.000 cc 3 silinder. Varian ini cukup ramai diburu pembeli fleet maupun bagi yang usaha taksi online. Tak heran, Sigra berjumlah silinder ganjil ini masih dipertahankan untuk oleh PT Astra Daihatsu Motor. Inilah ulasan dari kami mengenai New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019.

Lihat juga

New Daihatsu Sigra 2019 Meluncur Di Surabaya, Didasari Oleh 3 Fakta Menarik

18/09/2019

Mobil baru

8 menit

PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) akhirnya meluncurkan New Daihatsu Sigra 2019 di kota Surabaya. Segenap pembaruan yang dihadirkan, diharapkan dapat lebih memuaskan konsumennya. Bukan saja desain tapi juga fitur-fiturnya dikemas lebih lengkap daripada versi sebelumnya.

Lihat juga