Komparasi Tesla Model 3 VS Honda NSX, Adu Kencang Mobil Listrik Lawan Supercar Hybrid

04/12/2019

Jual beli

3 menit

Komparasi Tesla Model 3 VS Honda NSX, Adu Kencang Mobil Listrik Lawan Supercar Hybrid
Di era elektrifikasi masa kini, mobil listrik seringkali dianggap sebagai “algojo” supremasi supercar dalam hal performa. Apakah hal tersebut benar adanya? Mari kita buktikan anggapan tersebut dalam Komparasi Tesla Model 3 vs Honda NSX berikut ini

Perkembangan teknologi mesin mobil bisa dikatakan tidak sepenuhnya dikuasai oleh teknologi mesin konvensional berbahan bakar fosil. Para pabrikan otomotif kini semakin memanfaatkan teknologi hybrid, atau berganti konsep menggunakan teknologi elektrik yang sepenuhnya meninggalkan mesin konvensional.

Ada dua alasan mengapa pergantian teknologi mesin mobil lebih mengarah ke dua teknologi terbarukan tersebut. Pertama adalah alasan emisi gas buang rendah hingga nol, dan kedua adalah alasan performa yang tersaji seringkali lebih instan dan lebih kuat daripada mesin konvensional.

Foto Tesla Model 3 vs Honda NSX dipamerkan

Tesla Model 3 (kiri) melawan Honda NSX (kanan)

Alasan kedua inilah yang menjadi salah satu landasan utama mobil bergenre supercar mulai melirik teknologi hybrid. Di sisi lain, produsen mobil listrik mengklaim memiliki line-up kendaraan lebih cepat daripada mobil supercar masa kini. Apa benar demikian?

Mari kita lakukan perbandingan dengan cara mengkomparasi secara statistik sosok dua mobil, Tesla Model 3 melawan Honda NSX. Tesla Model 3 hadir mewakili tim mobil listrik, sedangkan Honda NSX mewakili tim supercar hybrid. Manakah yang tercepat dan terbaik?

Desain

Foto Tesla Model 3 berwarna hitam

Penampilan eksterior dan interior Tesla Model 3

Tesla Model 3 hadir dalam konsep sedan fastback dengan bentuk yang cukup futuristik. Bahkan untuk akses keluar masuk mobil ini cukup menggunakan apps smartphone atau melalui kartu khusus. Mobil berkapasitas 5 penumpang dewasa ini membawa tampilan kabin minimalis. Semua pusat informasi dan pengaturan fitur di mobil hanya dioperasikan dalam area layar sentuh 15 inci.

Foto Honda NSX berwarna orange

Penampilan eksterior dan interior Honda NSX

Di sisi lain, Honda NSX tampil membawa visual khas supercar yang memiliki bentuk agresif, pintu dua dan berbodi coupe, serta memiliki area mesin yang ditempatkan di belakang kokpit. Di dalam kabin, hanya tersedia dua jok semi bucket seat yang siap menjaga pengemudi dan penumpang saat mobil dibawa ke arena trek balap. Selebihnya dari sisi fitur maupun desain interior sama seperti layaknya mobil supercar modern.

>>> Review Honda NSX 2019 

Performa

Foto sasis Tesla Model 3

Penampilan sasis dan posisi Dual Motor All Wheel Drive di Tesla Model 3

Berdasarkan data resmi, Tesla Model 3 versi Performance menggunakan Dual Motor All Wheel Drive dengan total tenaga 472 HP dan torsi 639 Nm. Memiliki total daya jelajah 531 km, Tesla Model 3 bisa berlari 0-100 km/jam dalam waktu 3.4 detik dan top speed 261 km/jam. Didukung baterai 75 kWh, mobil listrik ini hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk bisa mengisi daya baterai setara perjalanan sejauh 280 km (menggunakan DC Charging).

Foto area mesin Honda NSX

Penampilan sasis dan posisi Dual Motor All Wheel Drive di Tesla Model 3

Bagaimana dengan Honda NSX? Dibekali mesin konvensional V6 3,5 liter Twin-Turbo dengan 3 motor elektrik (2 Twin Motor Unit + 1 Direct Drive Motor), Honda NSX memiliki total tenaga 573 HP dan torsi 645 Nm. Mesin ini didukung transmisi 9-percepatan dual clutch transmission (DCT). 0-100 km/jam bisa diraih berdasarkan klaim Honda adalah 2.9 detik, dan top speed  307 km/jam.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya hanya di sini

Namun manakah yang paling cepat di antara Tesla Model 3 melawan Honda NSX? Silakan simak dalam video drag race Tesla Model 3 VS Honda NSX berikut ini

>>> Review Tesla Model 3 2019

Kesimpulan

Di atas kertas, akan terasa tidak mungkin untuk Tesla Model 3 bisa lebih cepat mengalahkan Honda NSX. Namun alasan mengapa sang mobil listrik bisa mengalahkan sang supercar hybrid bisa dilihat dalam hal respon tenaga.

Performa mesin Honda NSX tetap seperti mobil hybrid pada umumnya. Pada Honda NSX distribusi tenaga dari mesin kemudian disalurkan ke as roda belakang, melalui sistem transmisi dan Direct Drive Motor. Pada as roda depan terdapat Twin Motor Unit yang bekerja simultan mendukung tenaga yang sudah disalurkan oleh roda belakang. Masing-masing sistem bekerja berdasarkan pengaturan Sport Hybrid Super Handling All-Wheel Drive. 

Foto sensasi berkendara Tesla Model 3 dan Honda NSX

Beda karakter berkendara Tesla Model 3 dan Honda NSX

>>> Tips seputar jual-beli mobil lainnya dapat dilihat di sini

Tesla Model 3 lebih sederhana lagi. Saat menekan pedal throttle, sistem akan memerintahkan Dual Motor All Wheel Drive yang terletak masing-masing di as roda depan dan belakang, untuk langsung menghasilkan tenaga instan yang diinginkan. Adapun mobil hanya memiliki fixed transmission, sehingga distribusi tenaga menjadi lebih instan dari motor elektrik sampai ke roda.

Lalu, manakah yang lebih baik secara performa? Tergantung dari sisi mana Anda memandang proses berkendara dari titik A ke titik B. Kalau Anda hanya ingin perjalanan dari titik A ke titik B secara efisien namun cepat, plus lebih mengutamakan kenyamanan, pilihan lebih layak diberikan kepada Tesla Model 3. Jika Anda ingin mencicipi sensasi berkendara supercar, merasa tampil lebih keren dengan mobil bergaya sporty, serta menikmati perjalanan jarak jauh sembari merasakan deru mesin konvensional, tetap Honda NSX yang layak menjadi pilihan utama.

>>> Tips dan trik seputar otomotif lainnya bisa ditemukan disini

 
back to top