Komparasi Porsche Taycan dan Tesla Model S: Jarak Tempuh atau Kenikmatan Mengemudi?

10/09/2019
Porsche menghadirkan Taycan sebagai penantang serius untuk mobil listrik Tesla. Dan dengan Porsche Taycan sudah diperkenalkan ke konsumen, Tesla Model S sepertinya mendapatkan lawan tangguh. Lalu, bagaimana perbedaan keduanya?

Porsche Taycan adalah rudal yang ditujukan langsung ke Tesla. Sedan listrik Jerman mengemas segala yang dibutuhkan untuk menantang Model S. Porsche sama cepatnya dan lebih ramping berkat koefisien hambatan yang lebih rendah dan mengemas beberapa fitur yang hilang dari sedan Tesla. Namun Tesla Model S memiliki rentang yang lebih panjang dan tentu saja jauh lebih murah.

1. Dimensi

Ukuran Taycan dan Model S sangat mirip. Dengan panjang Taycan mencapai 4.860 mm dibandingkan 4.978 mm pada Model S. Keduanya berada pada segmen yang sama. Meskipun terlihat dari segi dimensi, Taycan terlihat lebih kecil dan lebih ramping dibandingkan Model S. Model S lebih pendek dari Tesla Taycan.

 eksterior Porsche Taycan dan Tesla Model S berwarna putih
Desain luar yang menawan dari Porsche Taycan dan Tesla Model S

Sayangnya, tidak ada informasi tentang spesifikasi interior saat ini. Porsche belum merilis ruang kepala, ruang kaki, dan ruang bahu. Namun untuk kapasitas kargo, Tesla menang mudah. Ruang penyimpanan Model S lebih besar dua kali lipat dengan total ruang penyimpanan 744 liter ketika dua kursi belakang diturunkan.

Dimensi

Porsche Taycan Turbo S

Tesla Model S Performance

Panjang x Lebar x Tinggi

4.960 x 1.966 x 1.376 mm

4.978 x 1.963 x 1.435 mm

Jarak Poros Roda

2.898 mm

2.949 mm

Berat

2.323 kg

2.241 kg

>>> Bukan Untuk Pengereman Keras, Porsche Jelaskan Manfaat Sebenarnya Rem Carbon Ceramics

2. Interior

Pandangan sekilas pada desain, interior, dan interface menunjukan bagaimana Taycan menarik orang-orang yang memiliki dan menyukai Porsche. Dan bagi yang menginginkan mobil listrik, Tesla bisa menjadi pilihan. Antarmuka bergaya tablet yang besar dari Tesla Model S adalah terobosan pada tahun 2012. Model S masih memiliki tombol tradisional, tetapi sebagian besar kontrol difokuskan pada layar sentuh.

bagian kabin dan kemudi Porsche Taycan dan Tesla Model S
Bagian dalam dari Porsche Taycan dan Tesla Model S

Taycan memiliki pendekatan yang berbeda. Ada lima layar yang terdapat pada interior Taycan, tetapi beberapa tombol pengaturan memungkinkan ruang layar yang fleksibel sehingga Anda bisa mengkonfigurasi beberapa hal. Layar konsol tengah memiliki banyak opsi yang bisa dipilih.

>>> Dapatkan berbagai tips mengenai jual beli mobil lainnya hanya di sini

3. Fitur dan Performa

Dari sudut pandang angka performa, Taycan Turbo S dan Model S tak terlalu jauh berbeda. Karena Tesla tidak memposting angka final, gabungan tenaga dan torsi, beberapa masih menjadi misteri. Porsche menyebutkan bahwa angka-angka yang dijelaskan adalah mode “overboost” pada Turbo S.

ilustrasi baterai yang ada dalam Porsche Taycan dan Tesla Model S
Mesin dan motor listrik Porsche Taycan dan Tesla Model S

Taycan Turbo dan Turbo S keduanya menghasilkan 616 daya kuda ketika Anda tidak menggunakan fungsi overboost. Tesla juga menyebutkan beberapa fungsi “overboost” dan angka dari spesifikasi tersebut adalah “daya bersih maksimum” dan “torsi maksimum”. Namun tidak ada spesifikasi daya lain yang terdaftar untuk Model S Performance.

>>> Preview Porsche Taycan 2019: Inisiasi Awal Mobil Sport Sedan Full Listrik Dari Stuttgart

Namun yang paling penting adalah seberapa cepat keduanya berjalan. Percepatan 0-100 km/jam pada Tesla 0.2 detik lebih cepat dibandingkan waktu Turbo S. Keduanya menggunakan motor ganda (satu di depan dan satu di belakang). Tapi Porsche memiliki banyak add-on performa tambahan seperti kemudi roda belakang, PCCB (Ceramic Composite Brakes), diferensial selip terbatas, dan transmisi dua kecepatan untuk gandar belakang.

Mesin

Porsche Taycan Turbo S

Tesla Model S Performance

Tipe Penggerak

Motor listrik

Motor listrik

Tenaga Maksimal

617 dk

762 dk

Torsi Maksimal

1.050 Nm

931 Nm

Percepatan (0-100 km/jam)

2.6 detik

2.4 detik

Kecepatan Tertinggi

259 km/jam

262 km/jam

Transmisi

Single-speed front / Two-speed dog-ring rear

Single-speed fixed gear

4. Jarak Tempuh

Dalam hal jarak tempuh, Tesla dengan mudah menang dengan rentang hingga 555 kilometer untuk sekali pengecasan. Sedangkan Taycan Turbo S hanya membawa Anda 412 kilometer dengan baterai penuh. Long Range Model S akan membawa Anda hingga 595 kilometer, namun Taycan Turbo akan menempuh jarak sekitar 450 kilometer menurut perkiraan EPA.

Porsche Taycan dan Tesla Model S berwarna putih di jalanan
Jarak tempuh Porsche Taycan dan Tesla Model S yang saling bersaing

Sedangkan untuk paket baterai, kedua mobil menggunakan paket lithium-ion yang besar di bawah lantai. Tesla Model S memiliki baterai 100 kWh dan Taycan hanya menggunakan baterai 93 kWh. Untuk pengisian baterai, Porsche dapat mengisi 5% hingga 80% dalam 22,5 menit. Tesla dapat menggunakan stasiun V3 Supercharger dalam pengisian hingga 80% hanya dalam 20 menit.

Baterai

Porsche Taycan Turbo S

Tesla Model S Performance

Tipe Baterai

Lithium Ion Pouch

Lithium Ion cylindrical cells

Kapasitas Baterai

93.4 kWh

100 kWh

Jarak Tempuh

412 km

555 km

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan berbagai daftar menarik hanya di sini

5. Harga

Tak perlu diperdebatkan lagi, Porsche jauh lebih mahal dibandingkan Tesla, terutama mengingat rasio kinerja per harga. Untuk jarak jelajah dan harga, Tesla memang mengungguli Porsche tetapi Porsche menunjukkan bahwa mobil-mobilnya akan mendapatkan beberapa ledakan akselerasi energi penuh dan menawarkan pengemudi performa tinggi.

 dua mobil Porsche Taycan dan Tesla Model S berwarna putih saling berhadapan
Perbandingan harga Tesla Model S dan Porsche Taycan

Tesla memberikan potongan besar pada model S yang saat ini dijual mulai dari $81.100 (sekitar Rp1.1 Milyar), sedangkan model Performance sendiri dihargai $99.999 (sekitar Rp1.4 Milyar). Harga terendah Porsche Taycan dimulai dari $152,250 (sekitar Rp2.1 Milyar) dan Porsche Taycan Turbo S dijual dengan harga $185.000 (sekitar Rp2.6 Milyar).

>>> Temukan tips & trik menarik lainnya seputar mobil

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain