Komparasi Baru vs Bekas: Mobil Keluarga 7-Seater Toyota Innova vs Rush

03/10/2019

Jual beli

10 menit

Share this post:
Meski berbeda badan, namun kedua mobil ini sama-sama menggunakan komposisi tujuh tempat duduk. Mari kita intip komparasi mobil baru dan bekas Innova vs Rush.

Bagi Anda yang masih bingung mencari mobil keluarga, ada dua pilihan mobil dengan harga yang tak jauh berbeda, yaitu Kijang Innova vs Rush. Satu mobil ini berbentuk MPV yang berbasis kenyamanan dan yang lainnya adalah mobil SUV yang kokoh di berbagai kondisi jalan.

Perbedaan lainnya termasuk harga mobil barunya yang jauh berbeda. Namun untuk memberikan komparasi yang setara, maka kami akan membandingkan Kijang Innova bekas dengan Toyota Rush baru yang memiliki harga yang tak jauh berbeda.

Harga Toyota Rush baru saat ini dibanderol mulai dari Rp 245 jutaan untuk tipe terendah, dan Rp 256 jutaan untuk tipe Rush GR Sport. Sedangkan harga Toyota Kijang Innova baru dibanderol Rp 321 jutaan, dengan harga mobil bekas keluaran tahun 2016 -2017 dibanderol Rp 225 jutaan hingga Rp 260 jutaan.

Kenyamanan Kijang Innova vs Rush

Sebelumnya, tim Cintamobil.com sudah membahas lengkap terkait keduanya yakni Toyota Kijang Innova Reborn 2.0 G bekas dan Rush GR Sport baru. Memang tak dipungkiri, keduanya punya harga sama beda rupa. Tapi kali ini, kami mengemasnya agak sedikit berbeda yakni hanya membahas akan dari segi kenyamanan antara Innova vs Rush.

Komparasi Toyota Kijang Innova bekas dan Toyota Rush TRD Sportivo baru memang menarik untuk dibandingkan karena punya harga tak jauh berbeda

Perbedaan eksterior Kijang Innova vs Rush dari depan

Kini tim Cintamobil.com sedikit tergelitik untuk lebih fokus membahas kenyamanan. Mulai dari kabin interior, kelegaan kabin hingga fitur-fiturnya. Penasaran siapa yang akan menang? Mari kita simak komparasi kenyamanan Toyota Innova vs Toyota Rush.

>>> Cek harga Toyota Kijang Innova G yang dijual di pasaran saat ini

  • Desain Interior

Seketika memasuki kabin interior Toyota Kijang Innova Reborn 2.0 G, Anda akan merasakan atmosfernya terkesan sangat elegan, benar-benar ideal untuk ukuran mobil keluarga. Dashboard dikemas elegan dan punya material Soft Touch pada sisi pintunya. Kesan ergonomis pun semakin terasa ketika Anda menyentuh setirnya. Tombol-tombol tertata rapi, mudah dijangkau dari kursi pengendara, lengkap dengan berbagai fungsi menarik.

Rush GR Sport tampaknya bermain dengan tema berbeda. Bisa diamati bersama bahwa dashboard-nya menerapkan Two-Tone, kombinasi warna yakni hitam dan putih. Memang tak dipungkiri, atmosfer yang ditawarkan terkesan lebih sporty dan penuh gairah Adventure.

Komparasi Dashboard Toyota Kijang Innova dan Toyota Rush TRD Sportivo terlihat punya tema berbeda, bisa dipilih sesuai selera Anda

Dashboard Toyota Kijang Innova Reborn 2.0 G (atas) dan dashboard Toyota Rush TRD Sportivo (bawah)

Jika dibandingkan, keduanya punya desain berbeda. Innova lebih lekat akan nuansa mobil keluarga, mengedepankan unsur lebih ergonomis dan tetap Simple. Berbeda dengan atmosfer interior Toyota Rush GR Sport yang cenderung punya kesan sporty. Cocok untuk jadikan mobil keluarga dan juga kendaraan anak muda. Tapi kembali, untuk urusan desain, semua punya selera masing-masing. Mana pilihan Anda?

>>> Review Toyota Kijang Innova G 2016: Harga Bekasnya Sudah Terjangkau, Mobil Impian Banyak Orang

  • Fitur Hiburan

Untuk fitur hiburan Toyota Kijang Innova Reborn, Anda akan dibuat betah dengan Advanced Entertainment System Monitor berukuran 7 inci. Formatnya pun beragam seperti AUX, Bluetooth, SD Card, USB dan Voice Command. Memudahkan Anda untuk mengoperasikan musik tentunya. Tak berhenti di situ, pengaturan audio juga bisa dilakukan langsung dari tombol kemudi setirnya.

Sayangnya, fitur penyejuk AC masih dalam format manual. Meski begitu, kami cukup mengapresiasinya karena sudah dikemas dalam format lengkap seperti pengaturan arah semburan dan Front Defogger.

Hal yang agak sedikit mengecewakan juga adalah kaca spionnya yang belum didukung fitur pelipatan otomatis. Padahal harganya yang cukup tinggi, seharusnya sudah menyediakan fitur tersebut.

Komparasi Head Unit Toyota Kijang Innova dan Toyota Rush TRD Sportivo tampil berbeda khususnya dari dukungan format yang dihadirkan

Menilik panel Head Unit Toyota Kijang Innova Reborn 2.0 G (atas) dan Head Unit All-New Toyota Rush GR Sport (bawah)

Lantas, bagaimana dengan fitur hiburan Toyota Rush GR Sport? Agaknya, Innova harus mengaku kalah, mengingat Rush sudah menghadirkan fitur penyejuk otomatis yang didukung Digital Display. Hal baru yang tentunya sukses memberi aroma lebih modern pada kabinnya.

Tapi sayangnya, meski menang soal fitur AC otomatis dan Digital,  tapi Toyota Rush belum menyediakan pengaturan arah semburan, seperti yang sudah diaplikasikan pada Innova.

Sedangkan pada Head Unit-nya, ukurannya tampak sama dengan Innova yakni 7 inci. Tapi yang berbeda adalah soal formatnya, sudah didukung format tambahan seperti Miracast/Weblink, iPhone Connectivity, Waze Support dan Smartphone Remote App.

>>> Pilihan Mobil Keluarga Kecil Toyota 5-Seater, Ada Toyota Raize

Hal menariknya juga dirasakan pada tombol pengaturan audio yang sudah diletakkan pada kemudi setir, mirip dengan Innova. Tambahan menarik adalah tombol telepon via Bluetooth, hal yang belum dimiliki oleh Innova.

Kelebihan lain yang dimilikinya adalah tombol Smart/Stop Engine Button. Bayangkan saja, Anda sudah bisa menghidupkan mesin mobil dengan satu sentuhan saja. Bukan saja menambah kesan praktis dan modern, tapi juga diklaim mampu mengurangi konsumsi bahan bakar berlebih. Tambahan lainnya adalah soal kaca spion yang sudah bisa dilipat otomatis.

Jenis Fitur

Toyota Kijang Innova Reborn 2.0 G

All-New Toyota Rush TRD Sportivo

Head Unit

Advanced Entertainment System Monitor 7 inci

DVD AVX 7 inci

Format Head Unit

Bluetooth, USB, AUX, SD Card dan Voice Command

Miracast/Weblink, iPhone Connectivity, Waze Support, Smartphone Remote App, Bluetooth, USB, AUX, CD dan Radio

Fitur AC

Manual

Auto AC dengan Digital Display

Pengaturan Arah Semburan AC

Ada

Tidak Ada

Kaca Spion Pelipatan Otomatis

Tidak Ada

Ada

Tilt Steering

Ada

Ada

Tombol Pengaturan Audio

Ada

Ada, ditambah tombol telepon via Bluetooth

Smart/Stop Engine Button

Tidak Ada

Ada

 

  • Kelegaan Kabin

Untuk urusan kenyamanan Innova vs Rush, kami akui bahwa Toyota Innova sangat lapang, mengungguli All-New Toyota Rush TRD Sportivo. Bayangkan saja, dimensi Wheelbase Innova berhasil mencatatkan angka 2.750 mm. Berbeda dengan Toyota Rush yang hanya menorehkan angka 2.685 mm.

Perbedaan tersebut nyatanya memberi dampak besar pada kelegaan kabin khususnya bangku deret ketiga. Jika diibaratkan, Toyota Innova Reborn 2.0 G sudah sangat cocok dinobatkan sebagai mobil keluarga sesungguhnya, mampu menampung hingga 8 orang dewasa. Beda ceritanya dengan kelegaan kabin Toyota Rush GR Sport yang hanya mampu mengangkut 7 orang saja.

Kesimpulan

Setelah melihat berbagai informasi di atas, apa pendapat Anda terkait komparasi Toyota Innova vs Rush dari segi kenyamanan? Memang tak dipungkiri, Innova agaknya tampil mengesankan untuk soal kelegaan kabin, cocok untuk disebut sebagai mobil keluarga sejati.

Tapi jika Anda punya jiwa yang sporty, menginginkan sebuah mobil dengan fitur Up to Date, All-New Toyota Rush TRD Sportivo bisa jadi pilihan. Meskipun mobil ini juga bisa digunakan sebagai mobil keluarga.

Namun untuk urusan konsumsi BBM Innova dan Rush tentu saja jauh berbeda. Mengingat Innova memiliki bodi yang lebih berat dan besar. Sehingga untuk efisiensi bahan bakar, Rush tentu saja lebih unggul.

>>> Beda Sigra vs Calya, Pilihan Mobil Keluarga Murah Rp 150 Juta

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga Toyota Kijang Innova baru?
Harga Toyota Kijang Innova saat ini dibanderol mulai dari Rp 321 jutaan.
Berapa harga Toyota Rush GR Sport terbaru?
Baru saja diperkenalkan di Indonesia, harga Toyota Rush GR Sport dibanderol Rp 256 jutaan.
Apakah Toyota Kijang Innova memiliki varian GR Sport?
Saat ini belum ada varian GR Sport pada Toyota Kijang Innova.
 
back to top