Klausul Tambahan Dalam Asuransi Mobil yang Bisa Anda Aktifkan

16/04/2018

Jual beli
Share this post:
Klausul Tambahan Dalam Asuransi Mobil yang Bisa Anda Aktifkan
Menggunakan asuransi untuk perlindungan kendaraan merupakan salah satu tindakan preventif untuk bersiap-siap terhadap semua kejadian buruk yang mungkin saja kita alami. Namun, tidak semua kejadian buruk yang terjadi ditanggung oleh asuransi. Anda harus mengenal klausul tambahan dalam asuransi yang bisa Anda minta kepada penyedia asuransi Anda.

Klausul merupakan bagian tambahan dalam polis asuransi yang tidak berkaitan dengan masalah tertentu pada kesepakatan utama. Ada beberapa klausul tambahan dalam asuransi yang bisa Anda siapkan untuk menanggulangi kejadian buruk yang menimpa Anda dan kendaraan Anda. Beberapa klausul tambahan yang bisa Anda minta diantaranya:

1. Klausul Perlindungan Bencana Alam

Indonesia merupakan salah satu negara yang ‘murah’ bencana alam. Berdasarkan data yang didapatkan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), ada 2.341 kejadian bencana alam yang terjadi di Inonesia. Kejadian tersebut mengakibatkan 3,49 Juta jiwa mengungsi dengan kerugian mencapai Rp. 11 Trilliun. Dengan data diatas, tentu saja mengaktifkan klausul perlindungan bencana alam bukanlah pilihan yang buruk.

Gambar yang menunjukan mobil berwarna putih yang sedang terendam banjir

Hindari kerugian akibat banjir dengan perlindungan bencana alam

Segera aktifkan klausul bencana alam pada asuransi Anda, baik Comprehensive atau Total Loss Only (TLO). Bencana yang ditanggung oleh asuransi adalah akibat faktor alam, atau istilahnya Act of God. Badai, letusan gunung berapi, angin topan, tanah longsor atau gejala meteorologi dan geologi lainnya bisa dikategorikan ke bencana ini.

>>> Baca juga Cara klaim asuransi ketika dalam perjalanan

2. Klausul Personal Accident

Tidak ada yang bisa mengetahui kapan dan dimana kecelakaan akan terjadi. Meskipun sudah berkendara dengan hati-hati, tidak menjamin pengemudi bisa terhindar dari kecelakaan di jalan raya. Dari perhitungan tersebut, pihak asuransi biasanya melengkapi asuransi mobil dengan perluasan jaminan Personal Accident (PA).

Gambar yang menunjukan mobil yang mengalami kecelakaan

Jaminan ini memberikan ganti rugi ketika Anda mengalami kecelakaan

Klausul ini tidak hanya menjamin kendaraan saja, namun juga pengemudi dan penumpang yang menjadi korban. Meskipun begitu, klausul ini hanya bersifat tambahan dan tidak wajib untuk diaktifkan. Bahkan klausul ini bisa dipilih, hanya untuk pengemudi atau pengemudi dan penumpang. Jika Anda memiliki rutinitas berkendara bersama keluarga yang sering, ada baiknya Anda mengaktifkan klausul ini.

3. Klausul Huru-Hara

Ditengah maraknya isu terorisme dan demonstrasi yang terjadi akhir-akhir ini, banyak kejadian tidak mengenakan yang terjadi di jalanan. Indonesia juga tidak lepas dari kejadian tersebut. Contohnya kejadian terorisme yang terjadi di Sarinah dan Hotel J.W. Marriot beberapa waktu lalu.

Gambar yang menunjukan mobil yang terbakar dengan polisi di depannya

Klausul ini melindungi kendaraan dari demontrasi hingga terorisme

Asuransi memiliki klausul Strike, Riot, Civil Commontion, Malicious Damage, Terrorism & Sabotage (SRCCMDTS) atau klausul huru-hara. Jika Anda mengaktifkan klausul ini, pihak asuransi akan mengganti kerusakan kendaraan yang terjadi akibat huru-hara, demonstrasi, bahkan terorisme. Pihak asuransi akan menunggu konformasi dari pihak berwenang tentang kejadian yang mengakibatkan kerusakan kendaraan Anda.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

4. Klausul Modifikasi

Bagi Anda yang sering tidak puas dengan konfigurasi atau fitur bawaan mobil Anda dan mempunyai kesenangan sendiri dalam memodifikasi mobil, perluasan jaminan klausul modifikasi ini mungkin cocok untuk Anda.

Gambar yang menunjukan mobil sedan yang mengalami modifikasi perubahan warna

Gunakan asuransi untuk menjaga mobil modif Anda

Modifikasi memang memakan biaya yang besar. Untuk melindungi barang-barang yang Anda tambahkan dalam mobil Anda atau yang sudah dimodifikasi, Anda bisa mengaktifkan klausul modifikasi. Anda bisa mencantumkan identitas fitur tambahan dengan lengkap yang akan ditanggung oleh pihak asuransi ketika terjadi kerusakan.

Memang, asuransi memiliki keterbatasan dalam penggantian kendaraan atau barang-barang yang rusak. Bahkan asuransi All Risk tidak bisa menanggung semua resiko yang terjadi pada mobil Anda. Karena itu, mengaktifkan klausul tambahan dalam asuransi mobil Anda bisa membuat Anda lebih tenang untuk keselamatan Anda dan kendaraan.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post:
 
back to top