Kesengsem Mobil Bekas Taksi, Simak Dulu 5 Faktanya di Sini

07/10/2019
Saat ini, mobil bekas taksi menjadi salah satu opsi menarik bagi Anda yang memiliki budget mepet namun ingin memiliki mobil. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum meminangnya, apa saja?

Pandangan masyarakat terhadap mobil bekas taksi pun beragam. Selain menjadi opsi menarik dengan budget terbatas, tak sedikit juga yang menganggap mobil semacam ini sudah memiliki “jam terbang” tinggi, sehingga performa mobil sudah tidak prima lagi.

>>> Modal Rp 15 juta, Anda bisa menyulap Toyota Limo Anda menjadi lebih gaya

Anggapan di atas ada benarnya, mengingat mobil bekas taksi dioperasikan setiap hari dan menempuh jarak yang cukup jauh. Alhasil, banyak komponen kendaraan membutuhkan pergantian atau aus. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini lima fakta seputar mobil bekas taksi yang beredar di masyarakat.

1. Harga lebih murah

Armada mobil bekas taksi

Dibanding mobil dengan model dan tahun sama, mobil bekas taksi lebih murah

Dibandingkan mobil dengan model dan tahun yang sama bekas perorangan, mobil bekas taksi biasanya lebih murah sekitar 20-30%. Memang, kondisi mobil masih sangat mempengaruhi harga, namun pada umumnya mobil seperti ini tetap lebih rendah.

Harga yang terjangkau menjadi daya tarik sendiri bagi Anda yang ingin mencari unit mobil untuk bisnis seperti rental atau taksi online, atau bahkan modifikator yang sedang mencari unit mobil sebagai bahan eksperimennya.

2. Usia mobil relatif lebih muda

Dengan kebijakan perusahaan yang selalu memperbarui atau meremajakan armada secara berkala, mobil bekas taksi pada umumnya juga masih berusia cukup muda. Kalau kita mengambil dari pool atau perusahaan taksi besar, rata-rata umur mobilnya masih lima tahun.

>>> Mobil pilihan dengan harga terbaik bisa Anda lihat di sini

Mencari mobil bekas perorangan dengan usia serta harga yang sebanding bisa dibilang cukup susah, kalau tak mau dibilang mustahil. Dengan usia yang cenderung masih muda, beberapa komponen yang bersifat slow moving masih belum termakan usia.

3. Fitur mobil tidak lengkap

Fitur mobil taksi sangat modern

Biasanya, mobil bekas taksi menggunakan trim paling rendah dari suatu model

Biasanya, mobil bekas taksi menggunakan varian paling rendah dari suatu model, maka tidak mengherankan jika fitur yang diberikan sangat terbatas. Perbedaanya cukup banyak, mulai dari lampu, sistem audio, pembuka jendela, sampai sistem pengereman.

Namun, hal ini tidak akan menjadi masalah mengingat mudahnya konversi menuju trim yang lebih tinggi. Namun, hal tersebut akan sulit dilakukan pada sistem pengereman mengingat instalasi modul dan perangkat pendukungnya cukup mahal dan menyulitkan.

4. Komponen butuh penggantian

Penggantian komponen mobil

Siapkan budget tambahan untuk mengganti komponen fast moving mobil bekas taksi

Layaknya mobil yang sudah digunakan selama bertahun-tahun dengan jarak tempuh sangat jauh, wajar jika beberapa komponen kendaraan sudah mulai aus dan perlu dilakukan penggantian, khususnya bagian-bagian seperti kaki-kaki, suspensi, kampas kopling, atau rem, dan biaya peremajaan itu tidak murah.

>>> Tips jual beli mobil bisa Anda lihat di sini

Oleh karena itu, Anda juga harus menyiapkan budget tambahan untuk penggantian komponen sekiranya ada yang harus diganti dalam waktu dekat.

5. Mesin andal, spare part berlimpah

Mesin Toyota 1NZ-FE

Biasanya, mesin yang digunakan mobil bekas taksi sudah sangat teruji kemampuannya

Biasanya, perusahaan transportasi tentu sudah mempertimbangkan berbagai hal saat memutuskan suatu model sebagai armadanya. Mulai dari mesin yang bandel sampai konsumsi bahan bakar yang mumpuni.

Karena mobilnya banyak digunakan, alhasil spare partnya juga melimpah. Anda tak perlu khawatir terhadap suku cadang mobil bekas taksi, sekalipun modelnya sudah discontinued. Terkadang, Anda bahkan bisa menemukan spare part KW2 atau imitasi yang bisa jadi alternatif pengganti dengan harga lebih murah.

Jadi bagaimana, tertarik meminang mobil bekas taksi sebagai kendaraan harian, penunjang bisnis, atau bahan modifikasi? Untuk tips & trik lainnya, Anda bisa lihat pada link di bawah ini.

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Derry Munikartono

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain