Kesalahan-Kesalahan Populer Ketika Membeli Mobil

25/04/2017

Jual beli
Share this post:
Kesalahan-Kesalahan Populer Ketika Membeli Mobil
Tidak mengevaluasi biaya dan anggaran, kurang survei, keinginan, kurang pertimbangan adalah kesalahan-kesalahan populer ketika membeli mobil

Dalam kehidupan ini, kebutuhan atau keinginan orang tidak ada batasan. Setelah memiliki rumah, orang lagi ingin memiliki mobil. Mobil adalah properti dengan nilai tinggi namun banyak orang masih bersalah ketika membeli mobil. Jadi untuk  dapat mengeluarkan  ketentuan yang bagus sebelum membeli mobil, hindarilah kesalahan-kesalahan di bawah ini.

suami isteri ini sedang melakukan transaksi jual beli dengan penjual
Mendengar kata-kata penjual itu belum cukup

1. Tidak mengevaluasi biaya dan anggaran

Sebelum mengunjungi dealer, seharusnya Anda  harus mempertimbangkan  keuangan yang dipakai untuk uang muka, cicilan, biaya administrasi, asuransi dan bahkan biaya perawatan. Sebaiknya jangan langsung mengikuti bujukan penjual, tapi selalu mempersiapkan anggaran untuk biaya-biaya lain berikutnya.

Jika Anda ingin tukar mobil lama Anda dengan yang baru, pastikan Anda tahu harga penjualan mobil Anda sebelum pergi ke dealer. Bila Anda mendapat harga sesuai dengan harga pasar dan juga sesuai dengan  keinginan Anda, uang hasil penjualan itu dapat dijadikan uang muka, sehingga cicilan bulanan tidak terlalu banyak.

Melakukan survei online dulu sebelum membeli mobil
Melakukan survei sebelum membeli mobil 
 

>>> Pasar otomotif Indonesia selalu bergerak cepat dan harga mobil juga naik turun, klik sini untuk membaca beberapa tips dan trik berguna saat berencana jual atau beli mobil
 

2. Kurang Survei

Data dari sejumlah lembaga survei menyebutkan bahwa sekitar 83% calon pembeli mobil melakukan survei online sebelum membelinya. Tidak hanya soal harga saja, tetapi juga hasil review dan komparasi dapat Anda dapatkan di Internet, sehingga memudahkan Anda sebelum menentukan kendaraan yang cocok. Jika Anda malas melakukan survei online akibatnya adalah Anda mendapatkan mobil yang tidak sesuai dengan harapan Anda, baik harga, spesifikasi dan aspek lainnya. Kalau ingin melakukan servei online, Anda bisa mengunjungi beberapa situs otomotif online yang terkenal dan terpecaya di Indonesia, salah satunya adalah situs cintamobil.com
>>> Baca juga: 4 kesalahan mendasar saat beli mobil

 

3. Keinginan

Seringkali calon pembeli langsung jatuh cinta dengan mobil mempunyai tampilan cantik, fitur melimpah dan sebagainya. Tapi sebenarnya Anda tetap perlu melakukan komparasi dengan model lain, karena terlalu bernafsu bisa membuat Anda menyesal di kemudian hari kalau ternyata mobil tersebut tidak sesuai dengan harapan. Sebaiknya Anda melakukan survei di beberapa  dealer dulu sebelum menentukan mobil mana yang cocok.

4. Kurang pertimbangan

Wanita ini sedang melakukan pertimbangan jika membeli mobil
Pertimbangan dulu sebelum membeli mobil 

Sebelum memutuskan membeli mobil, sebaiknya Anda mendapat pra-persetujuan dari beberapa bank atau lembaga pembiayaan, sehingga nantinya pihak dealer dapat memberikan perhitungan terbaik untuk pembiayaan mobil Anda.

Selain itu, Anda juga harus memilih perusahaan asuransi yang menawarkan premi dan perlindungan terbaik bagi mobil Anda. “Malu bertanya sesat di jalan” jadi jangan malas untuk bertanya jaminan apa saja yang didapat untuk mobil Anda sebelum Anda memutuskan untuk memilih perusahaan asuransi tertentu.

Intinya adalah Anda harus pertimbangkan segala biaya yang harus dikeluarkan, karena membeli mobil adalah transaksi besar selain membeli rumah. Salah langkah sedikit saja, Anda akan menyesal sepanjang periode pembayaran cicilan.
>>> Klik sini untuk tahu cara
sukses saat melakukan transaksi jual beli mobil

Share this post:
 
back to top