Jadi Primadona LCGC, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Agya

21/08/2021

Jual beli

5 menit

Bagi Anda yang masih mendambakan Agya sebagai salah mobil Anda, Ada baiknya ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangan Toyota Agya berikut.

Mobil Toyota Agya bersamaan dengan Daihatsu Ayla masih menjadi primadona mobil LCGC di Indonesia. Agya disukai oleh masyarakat sebagai city car karena mesinnya yang irit, kabin yang nyaman, dan design yang cukup stylish.

Satu lagi yang membuat mobil ini menjadi primadona adalah harga Toyota Agya terbilang murah, di bawah Rp 150 jutaan. Bagi Anda yang masih mendambakan Agya ini sebagai salah mobil Anda, Ada baiknya ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangan Toyota Agya berikut. 

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Agya

Toyota Agya adalah jenis mobil hatchback yang diproduksi oleh pabrikan mobil Toyota sejak tahun 2013 lalu, sebelumnya mobil ini telah lebih dulu diperkenalkan pada tahun 2011 dalam acara Toyota Pixis Epoch yang berlangsung di Jepang.

Namun secara teori, Toyota Agya merupakan city car yang diproduksi oleh Daihatsu yang kemudian dijual sebagai Daihatsu Ayla dan Toyota Agya. Daihatsu memasok mobil ini untuk Toyota di bawah konsinyasi produksi dan perjanjian manufaktur OEM.

Kelebihan Toyota Agya

Inilah kelebihan Toyota Agya sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil LCGC ini:

1. Start & Stop Button

Ini adalah salah satu fitur unggulan Toyota Agya yang tidak dimiliki oleh kompetitornya, Honda Brio ataupun Karimun Wagon R selaku kompetitor. Start & Stop Button dapat memudahkan Anda sebagai pengendara untuk menghidupkan mesin. Start & Stop Button dilengkapi dengan immobilizer yang hanya bisa diaktifkan oleh remote asli pabrikan. Fitur ini membuat mobil Agya lebih aman dari incaran pencuri karena sulit membobol mobil. 

2. Fitur Head Unit Layar Sentuh

Head unit New Agya TRD

TRD Sportivo memiliki fitur head unit touchscreen

Beberapa model Toyota Agya varian tertinggi atau TRD Sportivo memiliki fitur head unit touchscreen yang membuat tampilan interior tampak lebih modern. Head unit touch screen ini bisa dimanfaatkan untuk memutar video. Anda yang berada pada kursi pengendara jika ingin melakukan pengaturan head unit bisa menggunakan audio steering switch sehingga tak lagi perlu melepaskan tangan dari kemudi. 

3. AC Digital 

AC Digital yang ada pada Toyota Agya menggantikan fitur knop putar yang ada pada beberapa versi sebelumnya. AC Digital menambah modern look pada interior mobil LCGC yang satu ini. Fitur ini juga membuat Agya mampu bersaing dengan kompetitor seperti Honda Brio. 

Suspensi

Toyota Agya memiliki suspensi keras

Kekurangan Toyota Agya

Selain memiliki kelebihan Toyota Agya juga memiliki kekurangan yang mungkin akan Anda rasakan saat mengemudi mobil ini.

1. Getaran Mesin 'Heboh'

Getaran mesin adalah salah satu keluhan yang kerap kali dilontarkan oleh para pengguna Agya. Bila mesin digeber lebih dari 3.000 rpm atau putaran tinggi dapat menimbulkan getaran yang terasa sampai kabin. Ketidaknyamanan ini berasal dari engine mounting mesin yang tidak bisa meredam dengan optimal. 

2. Suspensi Keras 

Guncangan dari suspensi yang keras dianggap mengganggu karena busa jok Toyota Agya agak tipis dan kabin kurang peredam. Peredam kejut pada Agya sendiri memiliki karakter keras namun limbung karena bobot kendaraan yang ringan dan penggunaan plat baja yang tipis. Saat Anda berkendara sendiri atau ada di jalan tol dalam kecepatan tinggi, maka body roll akan sangat terasa. 

3. Kabin Kurang Kedap 

Suara bising dari roda atau dari luar ruang masih sering terdengar meski semua kaca sudah tertutup rapat. Saat hujan deras, Anda bahkan bisa mendengarkan suara gemuruh tetesan air di atas dengan jelas. Disebutkan juga jika kabin Toyota Agya masih kalah tebal dengan Suzuki Karimun Wagon R.

>>> Toyota Agya Di Modifikasi Mobil Balap? Bisa Kok!

Spesifikasi Toyota Agya

Dengan Agya, Toyota mencoba menyasar segmen anak muda. Oleh karena itu Toyota Agya memiliki tampilan yang sporty dan cocok untuk digunakan anak muda. Secara tampilan, Toyota Agya di desain lebih sporty dan agresif.

Pada bagian depan terdapat bumper dan desain grille baru dengan elemen krom hitam, New Black Paint for Elegant Headlamp with LED Guide, New Sporty Alloy Wheel Design, New Retractable Side Mirror, New Impressive Design Rear Lamp, hingga New Side Body Moulding untuk varian 1.2 G.

Toyota New Agya

Toyota New Agya memiliki tampilan yang sporty

Bagian interiornya dilengkapi dengan power window, pengatur kaca spion electric, AC, central door lock di bagian samping pengemudi, kursi dengan headrest dan sabuk pengaman pada semua kursi. Meski ukurannya kecil Toyota Agya memiliki bagasi yang cukup luas. 

Interior Agya didominasi dengan warna hitam, di bagian jok depan dearest menjadi satu bagian dengan jok. Sementara di bagian jok belakang, terdapat ruang kaki yang cukup luas untuk penumpang dan headrest yang dapat digerakkan naik turun. 

Dashboard Agya TRD 2020

Agya TRD dilengkapi head unit double din

Tipe Agya 1.2 TRD dan Tipe 1.2 G sudah dilengkapi dengan audio yang dapat Anda koneksikan dengan smartphone melalui bluetooth. Agya tipe TRD telah dilengkapi dengan head unit double din serta setting audio head unit di bagian kemudi, tombol volume audio dan mode audio. Beberapa fitur keamanan pada New Agya:

  • Pelindung samping mobil untuk perlindungan dari benturan samping.
  • Semua tipe Agya telah dilengkapi power steering dan Dual SRS airbags, hanya di bagian depan kendaraan.
  • Rem ABS
  • Jok mobil dilengkapi fitur ISOFIX, untuk pengaman baby car seat.
  • Pengingat untuk menggunakan sabuk pengaman.

>>> Review Toyota Agya TRD 2020: Tambah Fitur Dan Makin Sporty

Harga Toyota Agya

Pihak PT. Toyota Astra Motor Indonesia telah secara resmi mengumumkan harga Toyota Agya. Untuk Anda yang ingin mencari Toyota Agya 2021 berikut kisaran harga yang ditawarkan per Agustus 2021. 

Keyless entry Toyota Agya TRD 2020

Keyless entry Toyota Agya TRD 2020

Model

Harga

New Agya 1.0 G M/T 

Rp. 144.900.000

New Agya 1.2 G M/T STD

Rp. 149.200.000

New Agya 1.2 G A/T STD

Rp. 162.740.000

New Agya 1.2 G M/T TRD

Rp. 154.545.000

New Agya 1.2 G A/T TRD

Rp. 170.390.000

Itu dia kelebihan dan kekurangan Toyota Agya. Untuk Anda yang sedang mencari mobil Toyota Agya bekas, kunjungi website Cintamobil.com

>>> Bacalah tips dan trik lainnya hanya di Cintamobil.com

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga Toyota Agya?
Toyota Agya dijual dari harga Rp 144.900.000
Apa kekurangan Toyota Agya?
Salah satu kekurangan Agya adalah Getaran Mesin 'Heboh', Suspensi Keras, dan kabin kurang sedap.
Apa kelebihan Toyota Agya?
Agya memiliki fitur unggulan Start & Stop Button, Fitur Head Unit Layar Sentuh, dan AC digital
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top