Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ciaz, Sedan Nyaman yang Minim Perawatan

13/09/2019
Kelebihan dan kekurangan Suzuki Ciaz yang saat ini akan kami bahas semoga berguna. Terutama bagi Anda yang sedang mencari sedan harga terjangkau dan minim perawatan.

Ketika memutuskan untuk membeli mobil jenis sedan, maka tentunya Anda menginginkan sebuah kendaraan yang nyaman. Namun terkadang, sedan kurang diminati karena adanya beberapa stigma negatif dari mobil jenis ini. Antara lain perawatan yang cenderung lebih sulit dibanding mobil jenis MPV.

>>> Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Jimny 2019

Namun jika Anda ingin mencari mobil sedan yang cukup nyaman buat penggunaan sehari-hari tapi juga mudah perawatannya, bisa lirik Suzuki Ciaz. Small sedan yang sekelas dengan Toyota Vios maupun Honda City itu memiliki beberapa kelebihan yang cukup layak untuk dipertimbangkan.

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan Suzuki Ciaz yang bisa Anda pertimbangkan untuk meminang sedan berlogo "S" ini.

1. Eksterior

Suzuki Ciaz di pameran

Desain Ciaz simple tapi berkarakter

Ciaz merupakan sedan dengan desain bodi yang ramping. Tema desainnya lebih ke arah elegan. Gril depan dibuat besar dengan finishing krom, lampu utama dibuat besar, tidak menyipit seperti kompetitornya.

>>> Promo mobil baru Suzuki terbaik ada disini

Kemudian di bagian samping ada garis bodi yang tegas mulai dari fender roda depan lurus hingga fender roda belakang. Lalu pada bagian belakang juga pakai stoplamp besar. Desainnya simple tapi cukup berkarakter.

2. Interior

interior Suzuki Ciaz

Interiornya fungsional

Ruang kabin Suzuki Ciaz juga tidak terlalu rumit. Kalau Anda terbiasa masuk ke kabin Ertiga lama, maka ambience serupa juga akan ditemukan pada Ciaz. Ini menjadi kelebihan dan kekurangan Suzuki Ciaz sekaligus.

Kelebihannya tentu Ciaz lebih menonjolkan sisi fungsionalitas dibanding penampilan. Sementara kelemahannya, interior Ciaz jadi kalah mewah dibanding sedan sejenis dari merek lain. Misalnya dari headunit layar sentuh lengkap dengan GPS navogasi dimana kompetitornya sudah menggunakan namun absen di Ciaz. Namun untuk lingkar kemudinya sudah dilengkapi audio steering switch.

>>> Pilihan mobil bekas Suzuki lainnya cek disini

3. Mesin

mesin Suzuki Ciaz

Mesinnya serupa Ertiga lawas

Ciaz menggunakan mesin 1.373 cc 4 silinder 16 katup DOHC berkode K14B. Dengan teknologi VVT, sebenarnya ini adalah mesin yang sama dengan Ertiga generasi awal. Suzuki mengkalim kalau mesin ini mampu menghasilkan sekitar 92 hp pada 5.000 rpm dengan torsi puncak 130 Nm di 4.000 rpm.

Tenaga sebesar ini tentu cukup bagi mobil mobil dengan panjang 4.490 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.475 mm. Pilihan transmisinya ada 4 percepatan otomatis atau 5 percepatan manual. lagi-lagi gearbox yang digunakan sama dengan kepunyaan Ertiga lama.

Jelas ini menjadi kelebihan dan kekurangan Suzuki Ciaz lantaran mesinnya memiliki perawatan yang cukup mudah. Sama seperti halnya mesin Ertiga yang terkenal "bandel".

4. Harga

Suzuki Ciaz cokelat

Harga Ciaz bekas sudah sangat terjangkau

Saat ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah tidak lagi meniagakan Suzuki Ciaz. Namun pada saat sedan ini diperkenalkan pada medio 2015, Ciaz ditawarkan sekitar Rp265 juta untuk yang transmisi manual dan Rp275 juta untuk yang transmisi otomatis.

Namun kini harga bekasnya sudah sangat terjangkau. Berdasarkan listing mobil bekas di Cintamobil.com, harga Suzuki Ciaz bekas ada di Rp169 jutaan untuk yang transmisi otomatis.

>>> Tips dan trik lainnya baca disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain