Kekurangan-Kekurangan Mobil Harga Termurah

14/03/2021

Jual beli

3 menit

Diantara kekurangan mobil harga termurah adalah tidak adanya fitur-fitur penting yang sangat dibutuhkan, baik itu fitur kenyamanan maupun fitur keselamatan.

Harga menjadi salah satu pertimbangan menarik dalam membeli mobil baru. Namun perlu dipahami, dengan harga yang semakin murah berarti ada bagian-bagian yang dikurangi. Hal itu dilakukan pabrik untuk menyesuaikan biaya produksi. Di pasaran mobil yang dijual dengan harga termurah menjadi varian paling rendah dari model tersebut.

Berikut sejumlah kekurangan mobil harga termurah di Indonesia baik mobil penumpang maupun mobil niaga:

  • Tidak Dilengkapi Airbag

Beberapa model mobil harga termurah tidak dilengkapi dengan Airbag. Padahal fitur keselamatan ini sangat penting untuk mencegah pengendara terbentur bagian dashboard saat mobil berhenti mendadak karena pengereman maupun menabrak objek di depan. Contoh mobil yang tidak dilengkapi airbag yaitu Daihatsu Ayla 1.0 D MT, Wuling Formo Minibus 1.2L dan Suzuki Carry PU Flat Deck.

>>> India Wajibkan Mobil Punya Fitur Airbag, Bagaimana dengan Indonesia?

Foto Dashboard Suzuki Carry Pick Up

Sejumlah fitur dikurangi agar harga mobil bisa ditekan

  • Tidak Ada ABS

Sistem pengereman ABS atau anti-lock braking berfungsi mencegah roda terkunci saat terjadi pengereman keras atau mendadak sehingga mobil tetap dapat dikendalikan dan dapat mengurangi tingkat kecelakaan. Sayang, mayoritas mobil yang dijual dengan harga termurah tidak dilengkapi fitur penting ini. Anda bisa cek pada brosur spesifikasi yang disediakan APM atau dealer resmi.

  • Tanpa Fog Lamp

Fog lamp atau lampu kabut bukan fitur wajib, namun sangat membantu meningkatkan keselamatan. Dan seperti dua fitur keselamatan di atas, mayoritas mobil dengan harga termurah tidak dilengkapi dengan fitur yang satu ini. Lobang dudukan fog lamp ditutup dengan material plastik warna doff.

  • Audioless

Fitur audio mendukung kenyamanan berkendara. Namun untuk beberapa mobil varian paling bawah fitur ini dikurangi, bahkan dihilangkan sama sekali. Jadi untuk mendapatkan hiburan berupa musik selama di perjalanan, Anda harus menyalakannya dari handphone pribadi.

>>> Tips Mendapatkan Audio Mobil Terbaik

Gambar layout dashboard Daihatsu Ayla 1.0 D MT 2020

Tampilan sederhana dashboard Daihatsu Ayla tipe terendah

  • Tidak Dilengkapi AC

Fitur AC juga menjadi salah satu fitur pendukung kenyamanan berkendara, terutama saat berada di daerah panas. Namun untuk mobil yang dijual dengan harga termurah fitur ini ada yang dikurangi bahkan dihilangkan sama sekali.  Apabila kondisi sedang panas dan membutuhkan kesejukan, pengendara harus membuka jendela untuk mendapatkan hembusan angin dari luar. Akibatnya mobil menjadi sangat berisik dan udara kotor ikut masuk ke dalam kabin. Efek lain jika kondisi hujan atau di daerah dingin pengendara harus ekstra hati-hati dan sering-sering mengelap embun yang muncul di kaca depan.

Masih banyak kekurangan lain yang tidak disebutkan. So, dengan beragam kekurangan yang dimiliki mobil-mobil harga termurah, akan lebih baik jika Anda memilih varian yang lebih tinggi. Meski harganya lebih mahal, fitur kenyamanan dan keselamatannya jauh lebih baik.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

 
back to top