Mau Jual Mobil Bekas dengan Harga Tinggi? Ini Tipsnya Agar Cepat Laku!

10/04/2021

Jual beli

3 menit

Menjual mobil bekas memiliki strategi tersendiri dan tidak bisa dilakukan secara terburu-buru. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memudahkan Anda.

Menjual mobil adalah salah satu cara yang ditempuh banyak orang ketika membutuhkan dana dalam jumlah banyak. Entah karena ingin membeli mobil keluaran terbaru atau karena kebutuhan lainnya. Pasalnya, jual mobil bekas bukanlah sesuatu yang mudah. Jika Anda salah strategi, mobil bekas yang Anda jual akan dihargai sangat rendah dari harga pasaran. 

Bisa dibilang, jalur tercepat untuk menjual mobil bekas adalah melalui dealer. Konsekuensinya adalah mobil Anda akan mendapat penawaran yang rendah karena pihak dealer juga membutuhkan biaya lain untuk menjualnya kembali ke pembeli. Sebaliknya, jika bisa lebih bersabar sedikit, harga jual terbaik akan Anda dapatkan ketika menjual mobil second langsung ke pembeli atau melalui situs jual beli mobil bekas. 

Menjual mobil second memang ada strateginya. Strategi penjualannya memang tidak bisa terburu-buru. Jika Anda mau menerapkan beberapa tips ini, mobil bekas Anda akan cepat laku dengan harga tinggi. 

1. Pastikan Mobil dalam Keadaan Bersih

Langkah pertama yang harus benar-benar diperhatikan adalah kondisi mobil yang akan dijual. Pastikan kondisi eksterior maupun interiornya bagus, terawat, dan terjaga. Memberikan kesan pertama yang menarik akan membuat nilai tambah tersendiri untuk calon pembeli. 

Mencuci mobil

Mencuci mobil adalah salah satu upaya untuk menjaga mobil tetap bersih

Jika ditemukan kondisi kurang prima pada mobil Anda, sebaiknya lakukan perbaikan terlebih dahulu. Tidak masalah jika Anda harus mengeluarkan uang di awal, anggap saja sebagai investasi karena harga kendaraan bisa jadi lebih ditawar lebih tinggi. Sebagai tambahan, untuk tampilan eksterior berikan sentuhan wax pada cat mobil agar terlihat lebih mengkilap. Memperhatikan hal-hal kecil seperti ini mampu memengaruhi harga jual mobil bekas Anda.

>>> Penjualan Mobil Bekas Melonjak Tajam di Tengah Pandemi Covid-19

2. Kumpulkan Bukti Riwayat Perawatan Rutin

Mobil yang terbukti mendapatkan perawatan rutin ternyata memiliki magnet tersendiri yang membuatnya cepat laku di pasaran. Tentunya dari awal Anda sudah harus melakukan perawatan di bengkel resmi secara rutin sesuai dengan buku pedoman. Menunjukkan buku riwayat servis di bengkel resmi atau label dan stiker dari bengkel merupakan tips ampuh akan menaikkan harga jual mobil Anda.

mobil bekas

Mengganti oli secara rutin untuk menjaga performa mobil

Riwayat asuransi mobil hingga pergantian ban juga bisa menjadi bukti yang kuat bahwa mobil yang hendak Anda jual mendapatkan perawatan yang baik. Pastinya Anda harus memberitahukan informasi riwayat perawatan rutin mobil Anda kepada calon pembeli.

>>> Over Kredit, Solusi Murah Beli Mobil Bekas

3. Perhatikan Usia STNK

Tidak banyak penjual yang memperhatikan usia STNK ketika akan menawarkan mobilnya. Ternyata, usia STNK juga memengaruhi harga saat menjual mobil second. Ketika STNK sudah mendekati masa perpanjang pajak kendaraan, hal ini bisa membuat  harga jual mobil menjadi turun. Jika usia STNK masih jauh dengan jatuh tempo perpanjangan pajak, artinya pembeli membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengganti nama kendaraan. 

beli mobil bekas

Beli mobil bekas untuk kebutuhan sehari-hari

Pada kondisi ini, Anda disarankan untuk berjanji membantu pembeli dalam melakukan perubahan nama pada dokumen kendaraan. Seperti misalnya bersedia meminjamkan KTP agar pembilik yang baru tidak mengalami kesulitan ketika akan mengganti nama pada STNK. 

4. Siapkan Dokumen yang Sah

Yang tidak kalah penting adalah menyiapkan dan menjamin keabsahan dokumen atas mobil yang akan Anda jual. Pastikan mobil Anda tidak pernah telat perpanjang STNK atau pun ketika membayar pajak. Jelaskan juga kepada calon pembeli akan keabsahan dokumen kendaraan. Jika calon pembeli percaya akan keabsahan dokumen, akan membuat mobil Anda semakin cepat terjual. 

5. Tentukan Harga Kompetitif

Mobil bekas

Menjual mobil bekas dengan harga kompetitif

Tidak dapat dipungkiri bahwa harga yang kompetitif sangat memengaruhi cepat atau tidaknya transaksi jual mobil bekas. Sebaiknya, lakukan riset harga pasar terlebih dahulu sebelum Anda menetapkan harga jual. Kemudian tentukan harga yang kompetitif sebagai pembuka sehingga terjadi ruang negosiasi antara penjual dan calon pembeli. Lalu putuskan di mana Anda ingin menutup kesepakatan harga jual. 

6. Gunakan Bahasa Promosi yang Menarik

Tips terakhir untuk menjual mobil bekas secara cepat adalah dengan memberikan copywriting yang menarik ketika menjelaskan kondisi mobil. Kemudian sebarkan informasinya secara online untuk memperluas jangkauan calon pembeli. 

\mobil bekas

Honda Civic bekas warna putih

Di Cintamobil.com, menjual mobil bekas secara cepat bukanlah hal yang mustahil. Setelah memastikan bahwa mobil dalam kondisi yang prima mulai dari kondisi fisik hingga surat-suratnya, Anda bisa langsung mendaftarkan mobil untuk dijual pada website listing Cintamobil.com. Tidak hanya jual beli mobil bekas, Cintamobil.com juga menyediakan informasi lengkap seputar dunia otomotif, mulai dari review mobil, tips dan trik, hingga konsultasi asuransi mobil. 

>>> Cara Mudah Tukar Tambah Mobil Secara Online di Auto2000 Digiroom

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top