Ini yang Harus Dilakukan Agar Harga Jual Mobil Terjaga

08/06/2020

Jual beli

3 menit

Share this post:
Ini yang Harus Dilakukan Agar Harga Jual Mobil Terjaga
Jika saat ini Anda berniat menjual mobil sebaiknya cek dulu kondisi & kelengkapannya agar harga jual mobil terjaga. Kira-kira apa saja yang perlu diperhatikan?

Kebutuhan yang mendesak seperti saat pandemi Covid-19 ini mendorong banyak orang menjual aset mereka, termasuk menjual mobil kesayangan. Tapi menjual mobil juga tidak bisa sembarangan, tanpa Anda sadari mobil yang akan jual bisa ditawar dengan harga yang tidak sesuai.

Sebelum Anda menjual mobil Anda untuk kebutuhan yang mendesak. Sebaiknya periksa dulu bagaimana kondisi dan kelengkapan mobil Anda agar harga jual mobil terjaga. Apakah saja yang harus diperhatikan? Simak ulasannya di bawah ini.

>>> Harga, Spesifikasi, dan Gambar Mobil Daihatsu Sigra Terbaru

Gambar menunjukan Bengek Auto2000

Pastikan mobil Anda dirawat rutin dengan rutin di bengkel resmi pabrikan

Miliki Riwayat Servis Rutin di Bengkel Resmi

Hal ini merupakan nilai utama bagaimana mobil yang Anda miliki tetap memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Mengapa demikian? Tentunya dengan menjaga kondisi mobil melalui perawatan berkala atau servis rutin pastinya akan membuat mobil Anda terawat dengan baik. Sebagai pengguna kendaraan bisa dibilang Anda tidak asal pakai saja.

Terlebih jika Anda melakukan perawatan berkala di bengkel resmi. Umumnya bengkel resmi pasti memiliki catatan dokumentasi yang baik mengenai kondisi mobil, jadi bisa dipastikan mobil Anda punya rekam jejak data yang valid. Selain itu, perawatan di bengkel resmi juga menjamin jika mobil kamu selalu menggunakan suku cadang resmi yang orisinil.

Jaga Kondisi Eksterior Mobil 

Hal yang paling pertama dilihat seseorang pada sebuah mobil umumnya kondisi eksterior atau tampilan luarnya. Untuk itu agar harga jual mobil terjaga maka dari itu kondisi eksterior mobil Anda perlu diperhatikan.

Usahakanlah kondisi eksterior mobil Anda tidak ada baret, bahkan tidak ada bekas tabrakan dan tetap berada dalam kondisi pabrikan tidak adanya modifikasi. Jika mobil Anda dimodifikasi, ada bekas baret dan tanda bekas benturan tabrakan, tentunya akan menurunkan harga jual mobil Anda atau bahkan pembeli malah enggan untuk meminang mobil Anda.

>>> 4 Komponen Mobil Ini Wajib Dipasang Sebelum Memasuki Masa New Normal

Gambar menunjukan Surat-surat kendaraan

Pastikan surat kendaraan lengkap dan sesuai dengan mobil Anda

Hitung Kembali Umur dan Odometer Mobil 

Masa pemakaian selama 5 tahun merupakan rata-rata pemilik kendaraan mengganti mobil lama dengan mobil yang lebih baru. Biasanya mobil dengan usia dibawah 5 tahun pemakaian nilai jual mobilnya masih dinilai aman terlebih dengan odometer yang masih cukup rendah. Umumnya dalam satu tahun maksimal mobil berjalan sejauh 20 ribu km. Pastikan mobil Anda tidak melampaui odometer pasaran agar harga jual mobil Anda terjaga.

Pastikan Kelengkapan Surat-surat 

Kelengkapan surat-surat kendaraan merupakan hal yang sangat penting. Jika kelengkapan surat-surat seperti STNK, BPKB, dan juga faktur kendaraan mobil Anda tidak ada, jangan berharap harga jual mobil terjaga, melainkan harga jual mobil bisa jauh dari harga pasaran.

Selain itu yang tidak boleh ketinggalan ialah adanya buku manual dan buku servis serta barang-barang standar  mobil seperti peralatan P3K atau juga dongkrak bawaan mobil. Tentunya kelengkapan tersebut bisa menambah nilai jual tersendiri mobil yang akan Anda jual.

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar perawatan mobil bisa Anda baca di sini

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top