Jika Uang Terbatas Mending Mana? Pilih Mobil Bekas Mesin Bagus atau Bodi Bagus?

21/01/2019

Jual beli

4 menit

Tidak semua orang memiliki budget lebih untuk memiliki sebuah mobil bekas, lalu jika kebetulan uang Anda terbatas mana yang harus jadi prioritas terlebih dahulu? Mending mobil bekas mesin bagus atau bodi bagus?

Ada sebuah pertanyaan klasik masuk ke meja redaksi Cintamobil.com, jika saya memiliki uang yang terbatas mending mana yang harus diidahulukan? Mending pilih mobil bekas dengan mesin bagus yang lebih bebas PR atau dahulukan mobil bekas yang punya bodi bagus terlebih dahulu? Jujur saja, banyak perdebatan yang terjadi ketika pertanyaan ini naik ke permukaan. Sebagian dari orang di redaksi kami yang suka teknik kendaraan lebih mementingkan mending bodi bagus dulu, serta interior bagus, walaupun dapat mobil bekas dengan mesin "rubuh". Alasannya karena benerin mesin itu lebih terukur dibandingkan dengan eksterior, dan interior yang biayanya agak abu-abu, ditambah lagi, jika dana benar-benar tersedia maka untuk memperbaiki mesin hanya dibutuhkan satu hingga dua hari saja untuk beres.

>>> Mending tukar tambah atau jual sendiri? Simak alasan dan pertimbangannya disini

Tampak Toyota Great Corrola AE101 1995

Perbaikan bodi bisa menunggu, jika Anda ingin segera menikmati mobil bekas incaran Anda

Sedangkan "kubu" satu lagi lebih mementingkan mobil bekas yang akan dipinang mending mesinnya harus sehat terlebih dahulu, dengan alasan jika mesin dan kaki-kaki segar mobil bisa langung dapat digunakan untuk beraktivitas. Sementara perbaikan sektor bodi dan aksesoris pendukungnya masih dapat ditunda. Lalu sebenarnya jika uang terbatas mending mana? Pilih mobil bekas dengan mesin bagus atau bodi bagus? Pilihan kembali lagi ke Anda. Namun, saran dari kami, jika Anda adalah pembeli potensial yang segera butuh kendaraan untuk digunakan beraktivitas, lebih baik pilihlah mobil bekas yang memiliki kondisi mesin baik terlebih dahulu. Lalu, pelan-pelan Anda dapat mengumpulkan uang untuk memperbaiki bodi mobil Anda. Terlebih, Anda bisa sembari melakukan survey mengenai bengkel mana yang akan Anda daulat untuk memperbaiki bodi mobil Anda.

>>> Ini dia pilihan mobil LCGC dengan bangku tiga baris, mending mana?

Tampak Mesin 2TR-FE milik Toyota Fortuner bensin

Jika dana terbatas, saran kami adalah kondisi mesin harus oke dulu baru bodi

Lalu bagaimana ciri-ciri mesin yang sehat jika hal tersebut lebih penting? Yang pertama adalah pastikan mesin kering. Mesin kering yang dimaksud disini adalah tidak ada lelehan oli maupun rembesan oli disekitar ruang mesin. Hal kedua yang harus diperhatikan untuk memastikan mesin mobil sehat adalah suara mesin halus, idle-nya rata dan tidak pincang. Yang terakhir adalah amati asap knalpotnya, pastikan bersih dan tidak ngebul (keluar asap putih, red). Satu hal yang harus Anda ingat bahwa tidak ada satu mobil bekas-pun yang sempurna kondisinya, karena itu tidak seorang pun yang mampu memilih mobil bekas dengan sempurna. Tetapi ketelitian dan kesabaran dalam memilih mobil bekas tetap dibutuhkan supaya minus atau PR dari mobil tersebut bisa teridentifikasi sebelum kita membayarnya. Sehingga jika minus atau PR sudah teridentivikasi sebelum membayar, hal tersebut bisa kita jadikan ‘senjata’ untuk nego harga kepada penjual.

>>> Seberapa penting buku manual kendaraan bagi mobil Anda? Lihat alasannya disini

Tampak Layout interior Toyota Camry XV40 2006

Kondisi interior juga merupakan salah satu yang menentukan harga jual suatu mobil bekas

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top