5 Jenis Mobil Toyota Lama dengan Harga yang Terjangkau

31/01/2021

Jual beli

3 menit

Tak perlu galau dengan mobil baru yang tak terbeli, Anda bisa cari yang lawas sebagai alternatif. Berikut 5 jenis mobil Toyota lama yang masih layak dimiliki.

Toyota memiliki 28 model yang saat saat ini dijual di pasaran. Jumlah tersebut tidak semuanya model yang benar-benar baru, banyak juga yang model yang telah diluncurkan sejak lama. Seperti Avanza dan Innova, usia keduanya sudah lebih dari 15 tahun sejak diluncurkan tahun 2004. Hingga sekarang tetap dijual karena masih sangat digemari dan mencatatkan hasil terbaik. By the way, Anda yang tidak berkesempatan membeli mobil Toyota yang baru, yang bekas bisa jadi alternatif. Banyak jenis mobil Toyota lama yang masih layak untuk dibeli dan dimiliki.

Mobil Toyota lama

Berikut ini macam-macam mobil Toyota lama yang masih layak dipertimbangkan untuk dimiliki.

1. Toyota Etios Valco

Toyota Etios Valco diluncurkan di Indonesia tahun 2013 dan berakhir pada Oktober 2017. Artinya waktu pemasarannya kurang dari 4 tahun. Jika dihitung dari sekarang (Januari 2021) versi bekasnya yang paling lama (2013) belum sampai 10 tahun.

Secara usia mobil ini masih layak dimiliki karena usianya belum terlalu tua. Sebagai perbandingan Toyota Avanza generasi pertama (2004-2011) saja masih banyak berkeliaran di jalan raya dalam kondisi baik.

Foto menunjukkan Toyota Etios Valco 2015

Toyota Etios Valco dihentikan penjualannya meski usianya masih baru

Toyota Etios adalah hatchback city car berdimensi kompak. Ukuran panjangnya 3.775 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.510 mm. Mobil ini dibekali mesin 3NR-FE 4 Silinder, 16 Katup DOHC berkapasitas 1200 cc. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 80 PS @5.600 rpm dan torsi 104 Nm @3,100 rpm.

Versi baru Etios sudah tidak dijual, namun bekasnya mudah ditemukan di berbagai situs jual beli mobil bekas di tanah air. Harganya beragam mulai Rp 55 jutaan hingga yang lebih mahal, tergantung kondisi fisik kendaraan, jarak tempuh, riwayat perawatan, hingga riwayat pajaknya setiap tahun.

2. Toyota NAV1

NAV1, jenis mobil Toyota lama berdesain boxy ini hadir di Indonesia pada Desember 2011 dan berakhir pada Januari 2017. Jika dihitung dari sekarang versi bekasnya yang paling lama belum ada 10 tahun. Artinya mobil tersebut juga masih layak untuk dimiliki karena usianya belum terlalu tua.

Toyota NAV1 masuk kategori medium MPV dengan dimensi panjang 4.600 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1850 mm. Untuk performa NAV1 dibekali mesin bensin 3ZR FAE 2.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 155 Hp dan torsi 196 Nm.

Foto menunjukkan Toyota NAV1 tampak samping depan

Toyota NAV1 dihentikan tahun 2017 diganti Toyota Voxy

Anda yang minat dengan Toyota NAV1 bisa mencarinya di bursa mobil bekas seperti MGK Kemayoran Jakarta, WTC Mangga Dua Jakarta, Lotte Mart Bandung, dan yang lain. Kalau ingin lebih mudah bisa mencarinya secara online di situs-situs jual beli seperti Cintamobil.com.

Untuk harga bisa dibilang cukup murah dibanding saat baru yang berkisar Rp 400 jutaan. Misalnya NAV1 keluaran 2013 dipasarkan dengan harga Rp 155 jutaan. Bisa lebih murah maupun lebih mahal tergantung kondisi fisik kendaraan, jarak tempuh, riwayat perawatan, hingga riwayat pajaknya setiap tahun.

>>> Review Toyota NAV1 2012: MPV Medium Dengan Citra Mewah

3. Toyota Soluna

Mobil ini salah satu jenis mobil sedan Toyota lama dan cikal bakal Toyota Vios. Diluncurkan tahun 1997, kemudian dihentikan tahun 2002 dan berganti dengan Vios. Meski usianya hanya 5 tahun, Soluna berhasil menarik hati konsumen di tanah air.

Namun dengan kehadiran Vios pesonanya secara perlahan memudar. Secara bila dihitung dari sekarang mobil bekas Soluna berusia lebih dari 15 tahun. Bahkan untuk keluaran pertamanya hampir berusia 25 tahun.

Soluna masuk kategori sedan kompak dilihat dari dimensi panjangnya yang hanya 4.175 mm, lebar 1.661 mm, dan tinggi 1.380 mm. Mobil ini dibekali mesin 1.5L 5A-FE berkapasitas 1.500 cc dengan tenaga maksimum 120 Hp dan torsi 138 Nm.

Foto Toyota Soluna tampak samping depan

Toyota Soluna cukup terkenal di zamannya

Anda yang naksir dengan mobil ini mungkin cukup kesulitan mencarinya di bursa mobil bekas. Lebih mudah jika mencarinya secara online di situs jual beli mobil. Namun Anda harus mempertimbangkan juga secara matang mengingat mobil ini adalah jenis sedan Toyota lama.

Secara kualitas mobil ini sudah banyak menurun karena usianya yang mencapai 20 tahun, Anda harus benar-benar cermat meneliti saat membeli untuk meminimalisir biaya perbaikan di kemudian hari. Untuk harganya jenis mobil Toyota lama ini dijual di kisaran harga Rp 50 jutaan, tergantung kondisi kendaraan.

4. Toyota Kijang

Yang terakhir jenis mobil Toyota lama adalah si legendaris Kijang. Versi pertama mobil ini adalah Kijang Buaya yang diluncurkan tahun 1977 dan hanya tersedia model pick up. Sedangkan versi terakhir yaitu Kijang Kapsul diluncurkan mulai 1997 hingga 2004.

Mulai 2004 Kijang bertransformasi menjadi mobil yang lebih modern menggunakan nama Innova. Kijang naik kelas dari mobil keluarga low MPV menjadi medium MPV. Sedangkan kelas yang lebih murah ditempati Avanza yang juga diluncurkan tahun 2004.

Foto Toyota Kijang Kapsul tampak samping depan

Toyota Kijang, jenis mobil Toyota lama paling legendaris

Dihitung dari sekarang, mobil Toyota Kijang bekas (sebelum Innova) yang usianya paling muda sekitar 20 tahun. Meski demikian mobil ini masih banyak terlihat di jalanan, khususnya Kijang Kapsul yang memang memiliki banyak varian. Seperti SX, SSX, SGX, Rangga dari kelompok sasis pendek, serta LX, LSX, LGX dan Krista dari kelompok sasis panjang.

Sama dengan Soluna, Toyota Kijang lebih sulit ditemukan di dealer mobil bekas, namun sangat mudah dicari secara online. Untuk harganya sendiri berkisar Rp 60 jutaan hingga Rp 100 jutaan, tergantung kondisi fisik kendaraan, jarak tempuh, riwayat perawatan, hingga riwayat pajaknya setiap tahun.

5. Toyota Corolla

Sekali lagi, empat model Toyota di atas adalah jenis mobil Toyota lama yang tidak ada lagi versi barunya. Kecuali Toyota Kijang yang sekarang menggunakan emblem Innova dan Corolla yang sekarang bernama Corolla Altis.

Toyota Corolla pertama kali dipasarkan di Indonesia tahun 1971. Corolla menjadi salah satu jenis mobil sedan Toyota lama dan salah satu mobil tertua yang masih dijual di Indonesia. Tentu saja versi sekarang semakin modern, baik secara desain dan penampilan, maupun secara teknologi dan kecanggihan.

Foto menunjukkan Toyota All New Corolla 1998 tampak samping depan

Toyota Corolla lama, beda jauh dengan Corolla Altis saat ini

Versi lamanya, seperti Great Corolla tahun 1993, All New Corolla tahun 1998, atau Corolla Altis 2001 (versi pertama) masih bisa dengan mudah ditemukan di situs-situs jual beli mobil. Dalam kondisi terawat, mobil-mobil tersebut masih layak dimiliki. Untuk harganya sendiri bervariasi tergantung kondisi fisik kendaraan, jarak tempuh, riwayat perawatan, hingga riwayat pajaknya setiap tahun.

>>> Baca tips jual beli mobil lainnya di sini!

Pertanyaan Sering Diajukan

Mengapa direkomendasikan mobil bekas Toyota dibanding merek lain?
Rekomendasi mobil bekas merek Toyota tak lepas dari kelebihan yang dimiliki. Pertama; Toyota memiliki banyak jaringan dealer di Indonesia. Jadi untuk perawatan di dealer resmi lebih dekat dan mudah. Kedua; perawatan mudah. Mengingat populasi mobil Toyota paling banyak, bengkel yang bisa menangani perawatannya juga banyak. Ketiga; harga jual terjaga. Bukan rahasia jika harga jual mobil Toyota paling terjaga dibanding merek lain. So, kerugian yang ditanggung pemilik lebih kecil.
Apa yang harus diperhatikan saat membeli mobil Toyota lama?
Pertama; kondisi fisik kendaraan. Bagaimanapun juga bagian ini yang akan selalu dilihat setiap hari. Kedua; kondisi mesin. Pastikan mesin tidak mengalami masalah parah, seperti kebocoran dan yang lain. Ketiga; fungsi fitur kendaraan. Terutama untuk fitur yang sangat penting pastikan masih berfungsi, misalnya AC, wiper, dan lainnya. Keempat; jarak tempuh. Mobil bekas dengan jarak tempuh tinggi tingkat penurunan kualitasnya juga lebih besar. Kelima; dokumen kendaraan seperti BPKB dan STNK
Apa mobil Toyota bekas juga dijual secara kredit?
Iya, banyak dealer mobil bekas yang juga menerima pembelian kredit. Begitu juga dengan leasing juga banyak yang menerima kredit mobil bekas. Saran kami kalau sama-sama kredit lebih baik membeli mobil baru sekalian.

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

 
back to top