Ada Banyak Jenis Mobil Suzuki di Indonesia, Mana Yang Kamu Pilih?

29/01/2021

Jual beli

4 menit

Ada Banyak Jenis Mobil Suzuki di Indonesia, Mana Yang Kamu Pilih?
Ada 6 jenis mobil Suzuki di Indonesia yang dipasarkan dengan 13 model. Nah, kira-kira mana yang jadi pilihanmu? Atau kamu malah suka jenis mobil Suzuki bekas?

Meski bukan nama asing di Indonesia, kebanyakan orang lebih mengenal Suzuki sebagai produsen mobil dan sepeda motor. Padahal Suzuki juga memproduksi mesin untuk kebutuhan maritim, dari kapal besar hingga perahu kecil. By the way, itu bukan masalah. Mari kita bahas yang mobilnya saja, biar kamu tahu jenis mobil Suzuki yang ada dan macam-macam mobil Suzuki yang saat ini dijual di Indonesia. Dengan begitu kamu bisa menentukan pilihan paling tepat saat ingin memilikinya.

Jenis mobil Suzuki

Meski sama-sama sebagai sarana transportasi, jenis mobil membedakan karakteristik dan fungsi mobil itu sendiri. Begitupun dengan jenis mobil Suzuki juga dibedakan berdasarkan karakter dan tujuan utama. Saat ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang merupakan produsen dan Agen Pemegang Merek (APM) Suzuki di Indonesia memiliki 6 jenis mobil dengan 13 model.

Foto menunjukkan Line up mobil Suzuki Indonesia

Ada banyak jenis mobil Suzuki di Indonesia dengan beragam model

  1. Multi Purpose Vehicle (MPV). MPV menjadi sebutan lain untuk mobil keluarga dengan kapasitas 7 penumpang dan mengutamakan kenyamanan. Jenis mobil Suzuki yang di kategori ini adalah All New Ertiga dan All New Ertiga Suzuki Sport.
  2. Sport Utility Vehicle (SUV). SUV lebih menonjolkan karakternya sebagai mobil petualang. Salah satu cirinya adalah ground clearance-nya yang tinggi sehingga lebih mudah dikendarai di berbagai medan. Di jenis ini Suzuki punya Jimny dan XL7.
  3. Crossover. Mobil crossover nyaris sama dengan SUV. Punya tampilan gagah serta profil ban berukuran lebar. Seperti New SX4 S-Cross yang tampilannya berkarakter, terlihat tangguh, namun tetap anggun.
  4. Hatchback. Jenis hatchback punya ciri berkapasitas 5 penumpang serta berukuran lebih pendek dari SUV maupun MPV. Misalnya Ignis, Karimun Wagon R, dan Baleno.
  5. Minivan. Mobil jenis minivan sebenarnya mobil keluarga juga. Hanya desainnya yang seperti van berukuran kecil maka disebut minivan, seperti Suzuki APV Arena dan APV Luxury.
  6. Pick up. Jenis mobil Suzuki ini kamu pasti sudah tahu, yaitu mobil bak terbuka berukuran kecil untuk angkutan barang. Saat ini hanya ada satu model pick up yang tercantum di website resmi Suzuki Indonesia, yaitu Carry PU. Mobil ini sangat laris sehingga dijuluki Rajanya Pick Up.

Macam-macam mobil Suzuki

Sudah tahu jenisnya, sekarang kita bahas macamnya. Meski tidak secara mendetail, paling tidak akan memberi gambaran apakah mobil tersebut sesuai yang kamu butuhkan dan layak dipilih. Berikut macam-macam mobil Suzuki yang saat ini dijual:

  • Karimun Wagon R

Suzuki Karimun Wagon R mudah dikenali dari desainnya yang khas. Mobil ini sudah cukup lawas dijual di Indonesia dari sejak 1998-1999 diimpor langsung dari Jepang. Tahun 2013 Karimun masuk menjadi LCGC dan harga ditetapkan saat itu sebesar Rp 77 juta. Saat ini, Karimun Wagon R tetap menjadi line up utama Suzuki di Indonesia. Model ini mengalami banyak perubahan baik dari penampilan, fitur, mesin, hingga harga. Tampilannya lebih kekinian dan fiturnya lebih lengkap. Karimun Wagon R dibekali mesin K10B, DOHC berkapasitas 1000 cc dengan tenaga maksimum 68 PS pada 6.200 rpm dan torsi maksimum 90 Nm pada 3.500 rpm.

Foto Karimun 50th Anniversary Edition tampak samping depan

Karimun 50th Anniversary Edition sebagai kado Ulang Tahun ke 50 Suzuki di Indonesia

  • New Ignis

Suzuki Ignis adalah hatchback city car yang tampilannya mirip-mirip SUV. Suzuki sendiri menyebut Ignis sebagai Urban SUV. Mobil ini berukuran kompak, cocok dikendarai di perkotaan yang padat dan membutuhkan kendaraan gesit. Ignis dibekali mesin K12M berkapasitas 1200 cc dengan tenaga maksimum 83 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 113 Nm pada 4.200 rpm.

  • All New Ertiga

All New Ertiga jadi model unggulan untuk jenis mobil Suzuki passenger car alias untuk penumpang. Mobil ini berkapasitas 7 tempat duduk, cocok buat kamu yang mencari mobil untuk keluarga besar. Ada 5 pilihan tipe dari yang termurah tipe GA hingga yang termahal tipe GX. Kalau mau yang tampilannya sporty, ada pilihan Ertiga Suzuki Sport yang tersedia transmisi manual dan matic. Ertiga dibekali mesin K15B, DOHC, VVT berkapasitas 1.462 cc dengan tenaga maksimum 104,7 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 138 Nm pada 4.400 rpm.

  • XL7

Suzuki XL7 punya banyak kemiripan dengan Ertiga. Namun XL7 punya banyak perbedaan dengan Ertiga dalam hal teknis. Misalnya dimensi XL7 sedikit lebih besar dari Ertiga. Desainnya juga beda, XL7 lebih macho kArena mobil ini SUV. Ground clearance-nya juga lebih tinggi sehingga lebih oke di berbagai medan jalan. Satu lagi perbedaan yang mencolok, XL7 punya fitur Smart e-Mirror yang berfungsi layaknya dashcam. Spion pintar ini bisa merekam aktivitas luar mobil yang di depan dan di belakang.

>>> Ini Lho Fungsi dan Cara Kerja Fitur Smart E-Mirror di Suzuki XL7

Foto Suzuki XL7 tampak depan

Suzuki XL7 saat diperkenalkan di Gorontalo

  • New Baleno

Mobil Suzuki Baleno bertransformasi. Setelah dulu dihentikan produksi dan penjualannya saat masih sebagai sedan, Baleno lahir kembali di pertengahan 2017 sebagai hatchback. Tentu saja versi baru ini punya banyak kelebihan dibanding versi sedan. Penampilannya semakin modern, fitur-fiturnya lengkap yang membuatnya nyaman dikendarai. Baleno hatchback dibekali mesin K14B berkapasitas 1400 cc dengan tenaga maksimum 92,4 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 130 Nm pada 4.200 rpm.

  • Jimny

Jimny, jenis mobil Suzuki SUV ini lahir kembali setelah 20 tahun berhenti. Tampilannya berbeda dengan Jimny lama dan lebih mengotak. Meski demikian mobil ini tetap mempertahankan ciri khasnya seperti headlamp bundar dan ban cadangan di pintu belakang. Ground clearance-nya 210 cocok untuk medan aspal maupun off road. Jimny hanya untuk 4 penumpang dewasa, 2 di depan 2 di belakang dengan bawaan sekadarnya. Untuk performa ada mesin K15B berkapasitas 1500 cc dengan tenaga maksimum 102 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 130 PS pada 4.000 rpm

  • New SX4 S-Cross

Suzuki New SX4 S-Cross diluncurkan di Indonesia tahun 2016, lalu mengalami facelift tahun 2018. Tampilannya lebih segar dan premium dengan grill motif garis-garis vertikal. Mobil ini dibekali mesin M15A DOHC VVT berkapasitas 1.500 cc dengan tenaga maksimum 109 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 138 Nm pada 4.400 rpm.

  • APV Arena

Keduanya sama-sama Suzuki APV, namun New Luxury lebih mewah sesuai namanya. Tampilannya berbeda meski secara garis besar semuanya sama. APV dibekali mesin G15A berkapasitas 1.500 cc dengan tenaga maksimum 92,45 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 126 Nm pada 3.000 rpm. Kamu yang suka dengan mobil keluarga berjenis van namun dengan harga terjangkau, mobil ini layak jadi pilihan. Atau kamu yang butuh untuk angkutan barang, kamu bisa memesan versi pick up-nya.

Foto Suzuki APV Luxury tampak samping depan

Jarang mobil minivan bertahan lama di Indonesia

  • New Carry Pick-Up dan New Carry Luxury

Model terakhir yaitu New Carry Pick-Up (PU). Mobil niaga ringan berjuluk Rajanya Pick Up! ini adalah mobil paling laris di Indonesia dengan penjualan tertinggi. Sejak tahun 2019, penampilannya berubah. Mukanya semakin lebar, juga bak belakangnya semakin besar. Mesinnya juga berubah menggunakan K15B-C berkapasitas 1.500 cc dengan tenaga maksimum 97 PS pada  5600 rpm dan torsi maksimum 135 Nm pada 4400 rpm.

Mobil Suzuki Carry PU layak jadi pilihan buat kamu yang memiliki usaha dan membutuhkan kendaraan angkutan barang harga terjangkau. Ada juga versi mewahnya yaitu APV New Luxury yang harganya tetap bersahabat.

>>> Suzuki Carry Pick Up Facelift Meluncur, Kini Makin Berwibawa

Model di atas adalah macam-macam mobil Suzuki yang saat ini dijual di dealer resmi PT Suzuki Indomobil Sales. Dari kesemuanya, jenis mobil Suzuki terbaru adalah SUV XL7. Model ini diluncurkan pada 15 Februari 2020 sebagai kado Ulang Tahun ke 50 Suzuki di Indonesia. Ada juga Karimun 50th Anniversary Edition yang diluncurkan pada 10 Oktober 2020. Namun itu bukan model yang benar-benar baru, melainkan Wagon R AGS dengan ubahan di beberapa bagian.

Untuk model selain di atas sudah tidak dijual oleh dealer resmi. Tapi kamu masih bisa mendapatkannya di dealer atau situs-situs jual beli mobil bekas. Di situ ada banyak jenis mobil Suzuki bekas ditawarkan. Dari yang usia muda hingga yang lawas. Misalnya mobil Suzuki Swift, Futura, Sidekick, Splash, Baleno sedan, hingga Katana. Harganya bervariasi menyesuaikan kondisi fisik kendaraan, usia kendaraan, hingga riwayat perawatan.

Jenis mobil Suzuki lawas lebih dari 20 tahun meski harganya murah kurang recommended. Sebaiknya kamu mencari yang usianya yang lebih muda, bahkan kalau bisa cari yang usianya kurang dari 10 tahun. Bagaimanapun juga secara logika mobil bekas yang usia muda lebih baik dibanding mobil bekas berusia tua.

>>> Cari mobil Suzuki bekas, cek harganya di sini!

Foto Suzuki Carry PU tampak samping

Suzuki Carry salah satu mobil terbaik untuk pengusaha

>>> Baca tips jual beli mobil lainnya di sini!

Pertanyaan Sering Diajukan

Manakah mobil Suzuki yang terbaik dan layak dibeli?
Semua mobil Suzuki punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Soal mana yang terbaik dan layak dibeli, tergantung kebutuhan. Semua mobil Suzuki bagus, tapi kalau Anda membeli tidak sesuai kebutuhan fungsinya bakal tidak maksimal.
Apa keunggulan Suzuki Carry hingga jadi model pick up terlaris?
Keunggulan Suzuki Carry pick up diantaranya; bak pick up-nya besar, mesin bertenaga, harganya terjangkau dan irit bahan bakar. Kelebihan lainnya perawatan Carry PU mudah, bahkan bengkel umum banyak yang bisa menangani.
Desain banyak kemiripan, lebih baik pilih All New Ertiga, Ertiga Suzuki Sport, atau XL7?
Kalau tampilan menjadi prioritas, Anda bisa memilih Ertiga Suzuki Sport yang tapilannya keren, atau XL7 yang terlihat tangguh. Tapi kalau desain bukan prioritas, All New Ertiga sudah sangat mencukupi dan Anda bisa menghemat beberapa juta rupiah. Soal kenyamanan, All New Ertiga, Ertiga Suzuki Sport, dan XL7 sama-sama nyaman. Sebagai informasi, Suzuki Ertiga pernah meraih penghargaan mobil dengan kabin paling nyaman di Indonesia.
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top