Jangan Takut Beli Mobil Bekas Banjir, Asalkan...

06/01/2020

Jual beli

5 menit

Jangan Takut Beli Mobil Bekas Banjir, Asalkan...
Banjir memang memberikan dampak materi tersendiri, sebab ongkos perbaikan bisa mahal sekali. Namun, Anda jangan takut beli mobil bekas banjir, asalkan...

Banjir yang terjadi di berbagai daerah di Tanah Air memang menyisakan duka tersendiri bagi para pemilik mobil. Bukan hanya ongkos perbaikan yang bisa mahal sekali. Tapi ketika nantinya hendak menjual mobil bekas kebanjiran tersebut, akan agak sulit dan cenderung jatuh harga jualnya. Tapi sebenarnya Anda tidak perlu khawatir bahkan takut membeli mobil bekas banjir tersebut, asalkan memenuhi tiga kriteria di bawah ini:

1. Sudah Dilakukan Pembersihan Sisa Banjir Secara Menyeluruh

Gambar menunjukkan cuci total interior mobil yang kebanjiran

Sisa banjir harus dibersihkan secara menyeluruh

Air dan lumpur yang sudah merendam mobil, harus dipastikan sudah dibersihkan secara menyeluruh. Ini dapat dilakukan dengan cara melepas dan membersihkan seluruh bagian yang terkena banjir dengan air bersih maupun vacuum, terutama di bagian interior. "Harus salon yang bagus biar enggak bau apek. Apalagi yang jok kulit asli," papar Kuntarto Rahmat selaku dedengkot bengkel Goebuk Tune Up di bilangan Bintara, Bekasi. 

>>> Berikut ini adalah ciri-ciri mobil bekas terendam banjir, tapi apakah perlu dihindari?

Gambar menunjukkan Mobil Mitsubishi Outlander sedang disalon

Setelah dipastikan bersih, jangan lupa masuk salon agar makin wangi

Paling sip, jika seluruh bagian pada mobil dicopot dan dibersihkan. Memang ini akan memakan waktu sekali, sebab tidak mudah untuk membuka bagian-bagian tertentu yang dipasang secara full press oleh pabrikan. "Kalo udah bener semua ya enggak masalah bro," tambah Hardy dari Top Setup Kustom Garage, bengkel spesialis Honda yang berada di Taman Meruya plaza, Blok e14 no 26.

>>> Beli mobil ini jika Anda ingin melibas banjir 

2. Kondisi Karpet dan Karpet Dasar Harus Dipastikan Kering Total

Gambar menunjukkan kondisi banjir perumahan di Bekasi

Kalau banjir sudah segini pasti karpet akan basah dong, harus dikeringkan

Inilah yang menjadi penyebab bau tak sedap pada mobil-mobil eks banjir. Kebanyakan, dalam melakukan restorasi mobil bekas banjir para awak bengkel tidak tuntas dalam mengeringkan baik karpet maupun karpet dasar pada mobil yang kebanjiran. Rekondisi interior jauh lebih sulit dari mesin yang mekanikal, apalagi mobil keluaran Eropa biasanya punya karpet dasar dan busa tebal-tebal. Selain di vacuum ada baiknya juga harus dijemur kena sinar matahari.

>>> Ini paket khusus dari salon mobil khusus untuk mobil terendam banjir

Gambar menunjukkan cuci interior mobil bekas kebanjiran

Angkat karpet dasar, cuci dengan air bersih dan keringkan karpet

3. Tidak Terindikasi Adanya Fail atau Kerusakan Pada Kelistrikan

Gambar menunjukkan ECU mobil Nissan terendam banjir

ECU mobil yang kebanjiran sebenarnya masih dapat selamat asalkan dibersihkan dan dikerjakan secara sabar

Penyebab utama tidak direkomendasikannya mobil bekas terkena banjir untuk dibeli adalah kerusakan pada kelistrikannya. Contoh audio, fitur yang menggunakan perangkat elektronik atau bisa juga malah ECU-nya. Pastikan jika Anda mengincar mobil bekas terendam banjir tidak ada indikasi fail atau kerusakan pada sistem kelistrikannya yang dapat Anda ketahui dari melihat indikator di panel meter mobil.

>>> Merek mobil China ini peduli terhadap konsumennya yang terkena banjir

Gambar menunjukkan menggunakan layanan darurat banjir

Makin sip, jika mobil yang terkena banjir ditangani oleh mekanik ahli atau bengkel resmi

Makanya sangat penting jika sebelum mobil terendam banjir langsung dicabut akinya. "Tapi kalo udah kelelep (kebanjiran) baru cabut aki ya agak percuma, cuma mengurangi dampak kerusakan saja, sama seperti PLN pada listrik perumahan, sebelum banjir makin parah, listrik kan akan dimatikan agar enggak terjadi korsleting," tambah Hardy.

>>> Butuh mobil untuk tahun baru? Kami punya banyak pilihan untuk Anda

Gambar menunjukkan Mesin 4B11 Mitsubishi terendam banjir

Asal tidak dipaksa dinyalakan saat terendam air, mesin tidak akan rusak, hanya perlu dibersihkan saja

Jadi begitulah trik beli mobil bekas banjir. Anda tidak perlu khawatir berlebihan membeli mobil yang Anda incar. Yang jelas, pastikan interior sudah bersih, tidak ada kerusakan mesin, serta tidak ada fail pada kelistrikan mobil.

>>> Klik sini untuk lanjut simak Tips & trik yang berguna lainnya dari Cintamobil.com

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top