Jangan Sembarang Pasang, Tips Pilih Roof Box Sesuai Beban Maksimum Mobil

29/12/2018

Jual beli
Share this post:
Jangan Sembarang Pasang, Tips Pilih Roof Box Sesuai Beban Maksimum Mobil
Roof box dibuat sebagai ruang bagasi tambahan yang bisa dipasang di atap mobil. Bila Anda berencana memasang bagasi tambahan ini, ada aturan pemasangan roof box terkait dengan beban maksimum pada sebuah mobil.

Urusan penyimpanan barang di mobil, sejatinya wilayah teritorial bagasi yang sudah disediakan oleh pabrikan. Kabin penumpang seharusnya steril dari berbagai macam barang bawaan agar tidak mengurangi kenyamanan saat berkendara dan penumpang lainnya. Opsi untuk menampung barang bawaan yang berlebihan ditawarkan melalui roof box. Angka beban pada roof box umumnya tidak terlalu besar. Pasalnya atap tidak hanya akan menanggung beban statis (saat mobil diam), tapi juga beban dinamis karena pergerakan mobil ketika bermanuver.

>>> Baca juga: Tips Aman Mengemudi Menggunakan Roof Box

Letakkan barang yang tidak terlalu berat pada roof box

Dimensi roof box yang ideal mampu menjaga aerodinais mobil saat bermanuver

Penggunaan roof box pun perlu perhitungan matang terutama terhadap beban maksimum yang dapat diangkut oleh kendaraan tersebut. Sebagai contoh, Toyota Kijang Innova diesel memiliki curb weight 1.700 kg dan gross vehicle weight 2.300 kg. Artinya, beban yang dapat ditampung oleh Kijang Innova hanya 600 kg hasil dari gross vehicle weight dikurangi curb weight. Bila diasumsikan beban satu orang dewasa 70 kg, dan Toyota Kijang Innova menampung 7 penumpang, maka total bobot penumpang saha mencapai 490 kg.

>>> Tips jual beli mobil paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Maka sisa untuk membawa barang hanya mencapai 110 kg. Angka inilah yang perlu dihitung secara benar. Bila berat roof box berikut dengan cross bar mencapai 20 kg, maka Anda hanya dapat membawa barang seberat 90 kg Kecuali bila  jumlah penumpang dikurangi maka bisa meningkat sesuai berat badan penumpang. Penggunaan roof box paling berpengaruh pada kekuaran struktur atap. Risiko besarnya adalah membuat atap penyok, lainnya adalah faktor keamanan yang juga menjadi sorotan.

Pilih roof box sesuai dengan jenis mobil Anda

Pastikan total beban kargo barang bawaan dan penumpang tidak melebihi beban maksimum mobil

Selain menurunnya stabilitas mobil karena adanya beban tambahan diatas, unsur aerodinamis juga menjadi terkoreksi dari penambahan bagasi ini. Roof box yang aman umumnya memiliki kapasitas angkut 490 liter dengan berat barang maksimal 75 kg. Dari sisi desain, roof box yang aman harus bisa menghilangkan hambatan udara. Lebar ideal sebuah roof box umumnya 90-95 cm dengan tinggi 35-35 cm. Angka tersebut untuk menjaga aerodinamis, sehingga bila kapasitas kargonya semaki besar, maka roof box akan semakin rendah dan ramping tapi memanjang.

>>> Punya mobil, sayang kalau tak baca tips dan triknya di Cintamobil.com

Share this post:
 
back to top