Jangan Lagi Tertukar, Perhatikan Perbedaan SUV dan MPV Berikut Ini

23/08/2018

Jual beli
Share this post:
Jangan Lagi Tertukar, Perhatikan Perbedaan SUV dan MPV Berikut Ini
Bagi pengemudi awam, perbedaan SUV dan MPV memang seringkali kabur dan kurang jelas terlihat. Tapi dari segi pemakaian dan bentuk mobil, perbedaan yang ada cukup signifikan.

Apakah masih ada yang belum mengetahui tentang perbedaan SUV dan MPV? Jika dilihat dari segi bodi, SUV dan MPV dewasa ini memang tidak memiliki perbedaan yang sangat besar jika dibandingkan dengan sedan atau truk. Nah, untuk lebih ringkasnya, ada beberapa perbedaan yang bisa Anda perhatikan, diantaranya:

1. Sejarah awal

Memiliki desain yang mirip dengan station wagon, SUV memiliki tampilan yang jauh lebih kasar dan bisa digunakan untuk off-road juga. Asal usul SUV dapat ditelusuri kembali ke Jeep dan Land Rover yang diperkenalkan saat World War II. Jeep Cherokee yang dikeluarkan pertama kali pada 1984 disebut-sebut sebagai SUV pertama.

Gambar yang menunjukan mobil klasik Volkswagen Type 2 Hippie Van

Volkswagen Type 2 yang juga dikenal sebagai Hippie Van (foto: Car and Driver)

Salah satu versi awal dari MPV – bahkan sebelum dinamai MPV – adalah Volkswagen Type 2 yang dikenal juga sebagai Hippie Van pada tahun 1960an. Mobil ini memiliki semua keunggulan dasar MPV modern, termasuk tiga baris kursi yang menghadap ke depan, pintu geser, dan tailgate belakang dengan engsel di bagian atas.

2. Tujuan penggunaan

Tentu saja, hal ini menjadi sisi paling berbeda dari SUV dan MPV. Sesuai dengan namanya, SUV (Sport Utility Vehicle) merupakan jenis mobil yang ditujukan untuk bisa melewati berbagai kondisi jalan dan medan.

Gambar yang menunjukan mobil klasik Jeep Cherokee 1984

Jeep Cherokee 1984 klasik yang bisa digunakan untuk semua kondisi jalan (foto: YouTube)

Sedangkan MPV (Multi-Purpose Vehicle) yang juga dikenal dengan minivan ini merupakan jenis mobil yang dirancang bukan hanya untuk mengangkut keluarga, tapi mengangkut penumpang dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan mobil lain. SUV juga bisa digunakan sebagai mobil keluarga, tapi tentu saja memiliki kapasitas penumpang yang lebih kecil dibandingkan MPV.

Sesuai dengan tujuannya, MPV juga biasanya dilengkapi dengan bagasi yang cukup luas, bisa menampung hingga 7 penumpang dengan nyaman, serta jok yang bisa dilipat untuk menambah ruang bagasi. Karena itulah MPV dikenal sebagai Multi Purpose, atau memiliki banyak fungsi.

>>> Awas, Jangan Tertipu Modus Mobil Bekas dengan Dokumen Mobil Palsu

3. Bodi mobil

Karena ditujukan untuk melalui medan yang sulit ditempuh, SUV menggunakan struktur body-on-frame atau bodi mobil yang diposisikan di atas sasis. Desain ini digunakan agar mobil bisa dibawa kemana saja, bahkan hingga ke jalan berlumpur dan bebatuan. Ground clearance atau jarak bodi ke tanah lebih tinggi dengan bobot mobil juga lebih berat dengan rata-rata mencapai 0.5 ton hingga 1 ton.

Gambar yang menunjukan batas dari ground clearance dengan tanah

Ground Clearance merupakan jarak mobil dari tanah (foto: BozTro)

MPV lebih mengandalkan desain lebih tinggi dan lebar untuk memaksimalkan kabin yang lebih luas. MPV biasanya lebih tinggi dibandingkan mobil sedan keluarga rata-rata, menyediakan ruang kepala yang lebih besar dan kemudahan akses masuk serta memiliki hood pendek berbentuk aerodinamis. Bobot MPV lebih ringan dengan ground clearance yang biasanya lebih rendah.

>>> Dapatkan berbagai informasi tips jual beli lainnya hanya di sini

4. Sistem penggerak

Pada awal produksinya, SUV menggunakan sistem penggerak 4WD (Four Wheel Drive), yaitu penggerak 4 roda. Sistem ini digunakan karena dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar untuk disalurkan ke semua roda untuk menggerakkan kendaraan di semua kondisi jalan. Namun saat ini ada beberapa SUV yang menggunakan penggerak dua roda untuk menghemat bahan bakar.

Gambar yang menunjukan mobil baru Toyota Fortuner

Toyota Fortuner memiliki pilihan 4x4 untuk pengendaraan off-road (foto: YouTube)

Sedangkan MPV memang dari awal sudah dimaksudkan sebagai kendaraan pengangkut warga sehingga mendahulukan konsumsi bahan bakar. Hampir semua MPV menggunakan sistem penggerak dua roda, entah penggerak roda belakang atau roda depan.

>>> Review Toyota Fortuner Diesel TRD 2017, varian tersangar Fortuner

5. Kapasitas mesin

Perbedaan yang cukup signifikan dari SUV dan MPV yaitu masalah kapasitas mesin serta tenaga yang dikeluarkan. SUV yang memang sebenarnya diperuntukan bagi kendaraan off-road membutuhkan mesin dengan kapasitas yang lebih besar dan pada akhirnya menghasilkan tenaga besar untuk mendukung pergerakan mobil. Rata-rata SUV dibekali mesin berkapasitas lebih dari 1.500 cc.

Gambar yang menunjukan mobil baru Mitsubishi Xpander di GIIAS 2018

Xpander merupakan salah satu MPV dengan kapasitas mesin 1.5L (foto: Franky Pratama)

Rata-rata MPV hanya memiliki mesin dengan kapasitas dibawah 1.500 cc. Contohnya Xenia yang hanya berkapasitas 1.0 L. Tapi zaman sekarang, MPV juga memiliki kapasitas mesin yang besar, seperti pada Mitsubishi Xpander yang sudah mendapatkan mesin berkapasitas 1.5 L.

Nah, untuk mengetahui perbedaan SUV dan MPV tentu saja harus melihat lebih dalam kegunaan serta perlengkapan tempur kedua segmen tersebut. Dan pastikan agar Anda mengetahui dengan jelas kebutuhan Anda agar bisa memilih mobil sesuai dengan pengendaraan dan kegunaan mobil untuk Anda.

>>> Tips dan trik dunia otomotif bisa Anda dapatkan di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top