Intip 7 Kelebihan dan Kelemahan Isuzu Panther Grand Touring

04/05/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Intip 7 Kelebihan dan Kelemahan Isuzu Panther Grand Touring
Selain kelebihan ada juga kelemahan Isuzu Panther Grand Touring yang wajib And aketahui sebelum membeli mobil ini. Apa saja kelebihan dan kelemahannya?

Isuzu Panther. Siapa sih yang tidak kenal mobil yang satu ini. Kalau Toyota punya Kijang, maka Isuzu memiliki Panther sebagai legendanya. Si Rajanya Diesel ini pun telah dikenal hingga seantero negeri. Populasinya juga pantas diberi cap mobil sejuta umat.

Generasi pertamanya muncul periode 1991 hingga 1996 dengan pilihan varian Bravo, Miyabi, Sparta, Golden, Hi Grade, Grand Deluxe, Deluxe, serta Standard. Kemduian generasi kedua masuk di medio 1996-2000 dengan pilihan tim Hi Sporty, SPorty, Hi Grade, New Royale, Grand Royale, Royale, Deluxe, serta Standard. Pada tahun ini pula dimuncukan Panther model pickup.

Memasuki tahun 2000, Isuzu menghadirkan Panther dengan all new model. Generasi ini sering disebut Panther kapsul karena desainnya sudah tak lagi mengkotak namun sudah lebih aerodinamis dan menyerupai bentuk kapsul. Di masa ini pula muncul beberapa penamaan tipe baru seperti SS, LV, SV, LM, SM, Touring, Grand Touring, Adventure, Black Panther dan Smart.

Nah kali ini tim Cintamobil.com akan membahas tentang satu varian dari Isuzu Panther, yakni Grand Touring. Tipe ini dianggap sebagai varian paling mewah dari Isuzu Panther. Lalu apa saja kelebihan dan kelemahan Isuzu Panther Grand Touring? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Desainnya Paling Mewah

Isuzu Panther Grand Touring belakang

Untuk Panther generasi awal, hanya tipe Grand Touring yang punya ban serep "konde"

Sebagai varian tertinggi dari Panther, tipe Grand Touring memiliki beberapa aksesoris dan desain yang berbeda dibanding Panther tipe lain. Pada bagian luar misalnya, model ini sudah menggunakan foglamp dan front bumper guard. Lalu ada juga foot step dibagian sisi serta side body moulding, serta untuk model Grand Touring generasi awal ban cadangan ditempatkan di bagian belakang.

Kemudian pada bagian interiornya, fitur yang diusung juga paling lengkap. Diantaranya jok belakang menggunakan arm rest, serta ada roof monitor untuk sarana hiburan bagi penumpang belakang. Pelapis jok yang dipakai juga sudah perpaduan antara leather dan vynil sehingga terlihat lebih mewah.

>>> Terkenal Badak, Ini Cara Cek Kondisi Mesin Isuzu Panther Sebelum Membelinya

2. Mesin Bertenaga

Mesin Isuzu Panther Turbo

Mesinnya pakai Turbo Diesel

Model Grand Touring dari Panther menggunakan mesin berkode 4JA1-L berkapasitas 2.499 cc yang sudah dilengkapi teknologi Turbocharger Direct Injection. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 80 PS pada 3.500 rpm dengan tosi puncak hingga 192 NM di 1.800 rpm. Catatan ini tentunya bukan menjadi kelemahan Isuzu Panther Grand Touring dalam melahap segala medan jalan. Tinggal injak gas sedikit, mobil langsung wuzz...wuzz...wuzz...

>>> Spesifikasi Dan Harga Lengkap Isuzu Panther 2017: Sang Raja Diesel

3. Hemat Bahan Bakar

Isuzu Panther Grand Touring jok baris kedua

Jok baris kedua ada tambahan arm rest

Mengingat tenaganya yang cukup besar, tentu tidak sulit bagi pengemudi untuk mencapai kecepatan yang diinginkan saat mengendarai mobil ini. Alhasil, efisiensi bahan bakar pun mudah digapai. Apalagi mobil tujuh penumpang itu juga sudah dilengkapi dengan teknologi OHV Direct Injection yang mampu mengatur suplai bahan bakar sesuai kebutuhan mesin tanpa ada bahan bakar yang terbuang percuma secara berlebihan.

>>> Pilihan Mobil Diesel Bekas Dibawah Rp50 Juta

4. Perawatan Mudah dan Murah

Isuzu Panther Grand Touring 2019

Sejak generasi pertama hingga model terbaru, suku cadang Panther mudah didapat

Hal lain yang juga bukan menjadi kelebihan Isuzu Panther adalah perawatan yang mudah dan murah, terutama pada bagian mekanikal. Hal ini mengingat teknologi pada mesin dan suspensi mobil tersebut belum serumit mobil-mobil modern. Sistem turbo yang dipakai juga bukan seperti turbo pada mobil-mobil masa kini.

Selain itu ketersediaan suku cadang untuk semua tipe Isuzu Panther amatlah berlimpah dan selalu diproduksi oleh Isuzu Astra Motor Indonesia. Sehingga mau yang original atau yang kw buatan produsen aftermarket juga ada. Tinggal Anda pilih yang mana dengan melihat kekuatan daya pakai dari part tersebut.

>>> Bukan Hanya Manusia, Ini Obatnya Jika Mobil Diesel Masuk Angin

5. Interior Sederhana

Interior Isuzu Panther Grand Touring

Ruang kokpit tipe Grand Touring tidaklah terlalu istimewa

Meksipun Grand Touring merupakan varian paling tinggi dari Isuzu Panther, namun jangan harapkan ruang kokpit yang terlihat mewah dan futuristik. Karena mobil ini memang didesain lebih mementingkan fungsionalnya daripada estetika dan menjadi salah satu juga kelemahan Isuzu Panther termasuk tipe Grand Touring. Contohnya saja fitur hiburan yang tidak menggunakan monitor layar sentuh selayaknya mobil-mobil masa kini.

>>> Cari mobil bekas Isuzu Panther yang berkualitas dengan pilihan paling lengkap? Cuma ada disini

6. Fitur Keselamatan Minim

Roof Monitor Isuzu Panther

Menariknya ada monitor atap khusus tipe Grand Touring

Jangan bayangkan sebuah Isuzu Panther memiliki fitur keselamatana aktif dan pasif yang lengkap, seperti keberadaan airbag untuk pengemudi dan seluruh penumpang, immobilizer, ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake Distribution), dan BA (Brake Assist) yang lengkap. Atau bahkan Hill Start Assist untuk membantu pengemudian di jalan menanjak.

Yang menajadi kelemahan Isuzu Panther Grand Touring paling signifikan adalah ketiadaan fitur-fitur keselamatan serta keamanan seperti itu. Padahal tipe ini adalah varian paling tinggi diantara Isuzu Panther lain.

>>> Cari promo menarik mobil Isuzu lainnya? Klik disini

7. Handling Limbung

Isuzu Panther Grand Touring

Bodi jangkungnya bikin pengemudian Panther cukup limbung

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik jual beli mobil lainnya

Karakter bodi mobil yang cukup jangkung berpengaruh buruk pada pengendalian mobil ini terutama di jalan aspal pada kecepatan cukup tinggi. Apabila berbelok, gejala limbung pada mobil amat terasa. Mungkin karena mobil ini memang didesain bukan untuk kecepatan tinggi.

Nah, meksipun ada beberapa kelemahan Isuzu Panther Grand Touring, nyatanya mobil ini masih amat banyak peminatnya. Harga mobil bekasnya pun cukup bertahan tanpa ada depresiasi berlebih.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

8. Kaki-kaki Depan Lemah

Kami mencoba menganalisis penyebab masalah kaki-kaki Isuzu Panther ini. Untuk masalah mobil setirnya tidak bisa anteng, permasalah bisa jadi karena sudah ada part yang aus pada steering box Isuzu Panther ini. Hal ini lantaran part yang aus tersebut membuat gerakan ban kanan dan kiri tidak sinkron, jadi kemudi pada mobil ini terasa tidak bisa anteng. Mengemudikan Isuzu Panther yang mengalami kerusakan pada steering box tentunya akan melelahkan dan tidak enjoy, karena berkali-kali harus melakukan koreksi arah kemudi guna menjaga mobil tetap lurus.

Gambar menunjukkan perbandingan antara Toyota Kijang LGX EFI dengan Isuzu Panther LS

Isuzu Panther masih dianggap lebih menarik daripada Toyota Kijang LGX dalam kondisi bekas

Untuk permasalahan kaki-kaki Isuzu Panther yang ban sering makan luar atau dalam, adalah laher atau bearing rodanya bermasalah. Kami menganalisis hal ini, dan ditemukan fakta bahwa disinyalir dari awal desain Isuzu Panther ini ada semacam salah desain pada kaki-kaki depannya, karena ukuran bearing roda tidak didesain untuk menahan ukuran ban yang besar serta bobot berat dari mesin diesel 4JA1. Makanya kaki-kaki Isuzu Panther sering rusak terutama untuk bagian depannya.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Euro4 Berlaku Tahun Depan, Bagaimana Nasib Isuzu Panther?

06/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Teka-teki nasib Isuzu Panther ramai diperbincangkan penggemar otomotif di Indonesia. Saat aturan Euro4 diberlakukan bagimana nasib MPV bersejarah ini?

Lihat juga

Yuk Atasi Takometer Isuzu Panther Ngadat

01/02/2020

Perawatan dan service

3 menit

Takometer Isuzu Panther ngadat memang mengesalkan, berikut ini akan kami beberkan cara mengatasi problem takometer Isuzu Panther yang enggan bekerja ini

Lihat juga

Komparasi Toyota Kijang Innova Diesel VS Isuzu Panther: Persaingan Abadi Para Jagoan Diesel di Indonesia

13/01/2020

Jual beli

5 menit

Keduanya merupakan jawara MPV diesel di Indonesia. Manakah yang paling cocok buat Anda? Simak komparasi Toyota Kijang Innova Diesel VS Isuzu Panther berikut ini

Lihat juga

Review Chevrolet Tavera 2001: Rupa Mirip Isuzu Panther Tapi Mesinnya Kok Bensin?

17/08/2019

Editor rate:

Masih ingat di benak kami di tahun 2000-an, Toyota Kijang dan Isuzu Panther bertarung sengit dengan saling adu mesin diesel. Maka dari itu, Isuzu diam-diam meluncurkan versi mesin bensin. Tapi, jangan salah, namanya tidak memakai Isuzu lagi melainkan Chevrolet. Berikut kita simak informasi lengkapnya dalam review Chevrolet Tavera 2001.

Lihat juga

Isuzu Panther 2020: Daftar Harga mobil Panther terbaru November

01/11/2020

Isuzu

Tentu nama Isuzu Panther masih dikenal di benak masyarakat Indonesia. Terutama ketika diperkenalkan pada tahun 1991 lalu dan mengusung tema “Rajanya Diesel”. Kemampuan yang handal serta irit bahan bakar, menjadikan mobil ini sempat melegenda di pasar otomotif tanah air. Diberikan penyegaran tahun 2013 lalu, kira-kira bagaimana kabar serta harga Isuzu Panther ini?

Lihat juga
 
back to top