Inilah Proses Membuat SIM Internasional

17/08/2017

Jual beli
Share this post:
Inilah Proses Membuat SIM Internasional
Bagi warga negara Indonesia (WNI) yang ingin ke luar negeri dan berencana meminjam atau menyewa kendaraan di negara yang dituju, maka wajib hukumnya memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) Internasionl atau International Driving Permit (IDP). SIM ini harus dibuat di negara asal. Apakah Anda sudah tahu proses pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) internasional buat Warga Negara Indonesia? Kalau belum tahu,mari membaca tulisan di bawah ini.

Gambar yang menunjukkan beberapa syarat membuat SIM internasional

Syarat SIM Internasional

1. Syarat

Untuk membuat SIM internasional, pemohon harus mempersiapkan beberapa dokumen sebagai berikut

  • Kartu Tanda penduduk (KTP) asli dan fotocopinya

  • Paspor asli dan fotocopinya

  • SIM yang masih berlaku

  • Kartu izin tinggal tetap (KITAP) asli dan fotocopi khusus warga negara asing

  • 1 lembar materai Rp.6000

  • 3 lembar pas foto 4x6 terbaru(latar belakang wajib biru, untuk pria wajib berdasi dan wanita menggunakan Blezer)

>>> Baca juga: Cara membuat SIM baru

Gambar menunjukkan proses yang harus ikuti saat membuat SIM Internasional

Proses membuat SIM

2. Proses

Setelah melengkapi semua syarat tersebut, pemohon datang ke Samsat untuk menggambil nomor antrian. Saat nomor dipanggil, pemohon serahkan semua berkas dan mengisi formulir kelengkapan lain yang dibutuhkan untuk pengesahan, termasuk tanda tangan di materai yang sudah dibawa.

Kalau semua valid, maka pemohon tinggal melakukan pembayaran administrasi di kasir. Untuk harganya, berdasarkan PP 50 Tahun 2010 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku di Kepolisian Negara Republik Indonesia, biaya untuk SIM Internasional baru dikenakan tarif Rp 250.000, sedangkan perpanjangan hanya Rp 225.000.

Sebelum mengambil SIM, pemohon akan kembali mengambil foto dan sidik jari. Setelah selesai, pemohon langsung mendapatkan SIM Internasional beserta buku pedoman regulasi berkendara.

Gambar prosur tentang cara membuat SIM internasional di Indonesia

SIM Internasional ada berapa jenis?

>>> Baca juga: Jenis-jenis SIM di Indonesia

3. Kategori SIM Internasional

Sama dengan SIM reguler, SIM Internasional juga punya beberapa kategori, yakni ;

A. Sepeda Motor dengan atau tanpa gandengan, kendaraan khusus orang catat dan kendaraan bermotor roda tiga dengan berat kosong tidak lebih dari 400 kg.

B. Kendaraan bermotor selain kategori A, dengan massa maksimum yang diperbolehkan 3.500 kg. Memiliki tidak lebih dari delapan kursi penumpang selain kursi pengemudi.

C. Kendaraan bermotor yang digunakan untuk mengangkut barang dengan massa maksimum yang diizinkan lebih dari 3.500 kg (7.700 lbs). Kendaraan jenis ini boleh menarik trailer ringan.

D. Kendaraan bermotor yang digunakan untuk mengangkut penumpang dengan memiliki tidak lebih dari delapan kursi selain kursi pengemudi.

E. Kombinasi dari kendaraan yang kendaraan utamanya ada di dalam kategori-kategori yang pengemudi diberikan izin mengemudi (B dan/atau C dan/atau D), tetapi tidak termasuk dalam kategori yang telah ditentukan.

>>> Untuk tips dan trik jual beli mobil lainnya, klik sini

Gambar sebuah SIM internasional di Indonesia

SIM Internasional berlaku berapa lama?

4. Masa berlaku SIM Internasional

SIM Internasional dari Indonesia berlaku selama tiga tahun. Bisa digunakan untuk mengemudikan kendaraan bermotor di negara yang juga menerbitkan SIM Internasional.

Demikianlah cara membuat SIM Internasional yang cintamobil.com ingin memperkenalkan. Semoga bermanfaat untuk sobat-sobat!

>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman

Untuk tahu lebih jelas tentang cara membuat SIM internasional, silahkan menonton video di bawah ini

Share this post:
 
back to top