Inilah Cara Membeli Mobil Bekas Form B Di Indonesia

16/08/2017

Jual beli

10 menit

Share this post:
Inilah Cara Membeli Mobil Bekas Form B Di Indonesia
Seperti apa yang kita tahu, mobil form B adalah sejenis mobil yang digunakan untuk Kantor kedutaan besar atau perwakilan lembaga internasional. Ternyata banyak orang ingin membeli mobil bekas ini karena jarak tempuh mobilnya relatif rendah. Apakah Anda sudah tahu gimana cara membeli mobil bekas Form B di Indonesia? Jika belum tahu, simaklah cara di bawah ini.

Orang dengan beberapa dokumen untuk melakukan transaksi jual beli mobil form B di Indonesia

Mobil form B itu apa?

1. Apa itu mobil form B?

Mobil form B  adalah sejenis mobil yang  belum dibayar pajak dan bea masuk. Oleh karena itu harga mobil form B biasanya lebih murah. Namun hal ini  bukan berarti mobil tersebut adalah mobil selundupan. Kantor kedutaan besar dan perwakilan lembaga internasional  memasukkan mobil tersebut lewat jalur diplomatik dan tidak dikenakan pajak. Namun hal unik dari mobil milik para pejabat diplomat asing tersebut ialah ketika masa baktinya  habis mobil tersebut tidak dibawa kembali ke negara mereka  tetapi dijual kembali di Indonesia. Mobil-mobil ini  biasa adalah jenis mobil mewah, dan jarak tempuhnya relatif rendah tetapi harganya  murah.

Gambar menunjukkan proses membeli mobil form B di Indonesia

Cara membeli mobil form B

>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman jual beli mobil

2. Gimana cara membeli mobil bekas form B?

Mobil form B selain harga murah, kondisi mobilnya juga masih bagus dan jarak tempuh yang relatif rendah.  Jadi untuk jadi pemilik baru mobil ini,  Anda perlu melunasi seluruh komponen pajak yang ditangguhkan itu agar mobil bisa digunakan secara legal di jalan raya. Untuk itu Anda harus mengubah status pajak kendaraan dari form B, menjadi form C. Inilah proses mengganti status pabean form B menjadi form C

  • Pengajuan penerbitan surat permohonan penjualan/pemindahtanganan kendaraan bermotor eks-fasilitas diplomatis kepada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang disetujui Kementerian Luar Negeri

  • Permohonan Surat Keterangan Pabean (SKP) dan surat Pemberitahuan Impor Barang (PIB)

  • Pelunasan pembayaran jumlah pajak dan biaya lain-lain

  • Form C diterbitkan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai

Demikianlah cara membeli mobil bekas form B di Indonesia yang kami memperkenalkan. Semoga bermanfaat untuk sobat-sobat!

>>> Untuk lanjut membaca tulisan lain tentang pengalaman, klik sini

Share this post:

Berita lain

Rekomendasi Mobil Bekas Di Bawah 70 Juta

01/12/2017

Jual beli

10 menit

Membeli mobil tidak harus selalu memikirkan harga yang mahal. Dengan sedikit pengetahuan dan analisa, banyak mobil-mobil murah dengan kualitas bagus beredar di pasaran. Terlebih, mobil bekas tidak selalu identik dengan mobil kuno dan jelek. Banyak mobil bekas dengan harga yang murah tetapi mempunyai daya tempur yang masih mumpuni. Beberapa mobil bekas di bawah 70 juta misalnya, tidak hanya menghadirkan harga yang murah, tetapi juga kualitas yang terjaga.

Lihat juga

Warna Putih Paling Dicari Di Pasar Mobil Bekas Dalam Beberapa Tahun Terakhir

12/04/2018

Pasar mobil

10 menit

Salah satu hal yang pasti dipertimbangkan oleh masyarakat saat membeli kendaraan adalah soal warna. Baik itu membeli mobil baru, maupun mobil bekas, pemilihan warna sering kali membuat pusing. Bukan karena tak ada selera, tapi karena selera yang berbeda-beda terutama untuk mobil yang dibeli oleh pasangan atau keluarga. Yang satu suka warna hitam, yang satu suka warna putih, yang lain lebih suka warna lain misalnya.

Lihat juga

Mengetahui Apakah Odometer Mobil Bekas Sudah Dimundurkan atau Diatur

18/04/2018

Jual beli

10 menit

Jarak tempuh biasanya menjadi salah satu parameter umum untuk membeli mobil bekas. Tapi, penjual mobil bekas biasanya menggunakan kesempatan ini untuk memanipulasi odometer. Lalu, bagaimana cara mengetahui odometer mobil bekas sudah dimundurkan atau masih asli?

Lihat juga
 
back to top