Inilah 5 Perbedaan Penting Toyota Glanza dan Suzuki Baleno

12/06/2019

Jual beli
Share this post:
Inilah 5 Perbedaan Penting Toyota Glanza dan Suzuki Baleno
Toyota Glanza adalah Line-Up terbaru dari lini Hatchback yang dirancang dari kerjasama antara Toyota dan Suzuki di India. Secara garis besar, Toyota Glanza lahir dari Platform Suzuki Baleno, bahkan semua halnya terlihat nyaris sama. Tak heran, akibat dari kerjasama keduanya, banyak konsumen bertanya-tanya apa perbedaan Toyota Glanza dengan Suzuki Baleno?

Meski bagaimanapun bentuk dan jenis mobil, tentu tidak akan ada persamaan 100%, pasti akan ditemukan beberapa perbedaan. Sama halnya seperti Toyota Glanza yang lahir akibat kerjasama dengan Maruti Suzuki India, tak bisa dikatakan sepenuhnya mirip dengan Suzuki Baleno. Mengapa begitu? Tentu saja, mengingat keduanya sama-sama berdiri di lini Hatchback, menuntut harus ada karakteristik tersendiri meski Glanza menerapkan Platform Suzuki Baleno.

Perbedaan Varian

Hal yang bisa dibedakan pertama adalah perihal varian. Ya, Suzuki Baleno yang dijual di India menawarkan empat varian meliputi Sigma, Delta, Zeta dan Alpha. Perbedaan di setiap variannya didasari dari kelengkapan fitur. Adapun di sisi pilihan warna, Suzuki Baleno menyuguhkan warna Nexa Blue, Premium Silver, Phoenix Red, Arctic White, Fire Red dan Magma Grey.
Beda halnya dengan Toyota Glanza yang menawarkan pilihan lebih sedikit yakni tipe V dan G saja. Dalam hal ini, Toyota Glanza G dan V adalah replika langsung dari Suzuki Baleno tipe teratas yakni Zeta serta Alpha. Di sisi lainnya, jika Baleno menawarkan enam pilihan warna, Glanza justru hanya lima saja yakni Gaming Grey, Insta Blue, Sportin’ Red, Cafe White dan Enticing Silver.

>>> Berita populer: Ini Dia 13 Perbedaan Mitsubishi Xpander Limited 2019 Dengan Mitsubishi Xpander 'Biasa'

Perbedaan Eksterior

Dari sisi eksterior, perbedaan Toyota Glanza dan Suzuki Baleno nyaris tak terlihat. Namun jika Anda mau melihat lebih detail, perbedaan paling signifikan terletak pada desain Grille-nya. Suzuki Baleno menerapkan desain Grille 3D dipadu garis bermotif mirip sisik berlian, sedangkan Toyota Glanza hanya menampilkan Grille 3D dua garis.

Suzuki Baleno memiliki tampilan lebih mewah dengan desain Grille memikat

Tampilan Suzuki Baleno yang memiliki desain Grille 3D unik

Persamaan keduanya justru lebih banyak baik dari segi dimensi bodi hingga aspek fitur. Keduanya mirip peribahasa ‘bagai pinang dibelah dua’. Bayangkan saja, lampu LED dipadu Daytime Running Light (DRL) sudah tersemat apik pada wajah depannya. Belum lagi, fitur lampu kabut, desain pelek Diamond Cut 16 inci serta LED Rear Lamp, menjadikan keduanya layak saudara kembar.

Toyota Glanza hadir dalam Platform Suzuki Baleno namun dikemas sedikit berbeda

Wajah Toyota Glanza dikemas lebih mewah dengan dua palang bermotif Chrome

>>> Baca juga: Review Suzuki New Baleno 2019: Dulunya Sedan, Kini Berubah Jadi Hatchback Elegan

Perbedaan Interior

Merambah pada sisi kabin interior, perbedaan Toyota Glanza dan Suzuki Baleno nyaris tidak ada. Perbedaan justru lebih terlihat hanya pada logo kedua merek baik Toyota atau Suzuki yang tersemat di kemudi setirnya.

Audio Suzuki Baleno digunakan juga oleh Toyota Glanza namun dengan nama berbeda

Panel Head Unit Suzuki Baleno memiliki nama SmartPlay Studio

Lucunya, perbedaan minor juga terletak pada sistem audio Infotainment. Meski dari segi spesifikasi audio keduanya sama, namun Toyota tampaknya ingin Glanza memiliki perbedaan dari Baleno. Ya, hanya sebatas beda nama saja. Jika Baleno menamai sistem audionya dengan sebutan Baleno SmartPlay Studio, Glanza justru menamainya Toyota Smart Playcast. Berbeda? Iya, dari namanya saja.

Audio Toyota Glanza hadir dengan spesifikasi mirip dengan audio milik Suzuki Baleno

Memiliki spesifikasi serupa dengan Baleno namun berbeda nama yakni Toyota Smart Playcast

>>> Tertarik dengan Suzuki Baleno yang dijual di Indonesia? Simak harga selengkapnya di sini

Perbedaan Performa Mesin

Lantas bagaimana dengan jantung pacunya? Dalam hal ini, Toyota Glanza menawarkan dua pilihan mesin bensin yakni K12M 1.2 Liter dan K12N Mild-Hybrid. Performa mesin K12M diadopsi langsung dari Suzuki Baleno yang menawarkan daya maksimum sebesar 82,9 PS dengan torsi puncak 113 Nm. Menariknya lagi, transmisi yang ditawarkan adalah 5 percepatan manual serta Continuous Variable Transmission (CVT).
Mesin kedua Glanza adalah yang spesial. Mengapa begitu? Ya, mesin K12N ini menerapkan konfigurasi Mild-Hybrid yang memanfaatkan Integrated Starter Generator (ISG). Dalam hal ini, baterai Lithium-ion serta Lead Acid, digunakan untuk mendongkrak performa mesinnya. Alhasil, daya mesin satu ini bisa mencapai 89,7 PS serta torsi di angka 113 Nm.

Mesin Toyota Glanza hadir dengan dua pilihan mesin berkode K12M dan K12N Mild-Hybrid

Toyota Glanza menyuguhkan pilihan mesin Mild-Hybrid

Beda halnya dengan Suzuki Baleno yang menawarkan dua pilihan mesin berbeda berkode BS-IV. Pertama, mesin yang disuguhkan bergantung pada bahan bakar diesel, menerapkan kapasitas 1.3 Liter Turbocharged. Daya yang dihasilkan mencapai 75 PS dipadu torsi maksimum 190 Nm. Adapun pilihan mesin kedua memiliki kapasitas silinder lebih kecil di angka 1.0 Liter Turbocharged dan menggunakan bahan bakar bensin. Perolehan dayanya mencapai 97,8 PS dan memiliki catatan torsi puncak sebesar 150 Nm.

Mesin Suzuki Baleno menawarkan tiga pilihan baik diesel hingga bensin

Suzuki Baleno juga menerapkan Mild-Hybrid namun menawarkan pilihan mesin bensin atau diesel

>>> Info menarik lainnya: Inilah 7 Perbedaan Mesin Bensin dan Diesel Yang Belum Anda Ketahui

Perbedaan Aftersales


Perbedaan Toyota Glanza dan Suzuki Baleno yang terakhir terletak pada layanan purnajual alias Aftersales. Di India, Toyota Glanza terbaru diberikan garansi resmi selama tiga tahun atau hingga mencapai jarak tempuh 100.00 Km, mana yang tercapai lebih dulu.
Sedangkan dari kubu Maruti Suzuki Baleno, garansi yang ditawarkan justru lebih pendek yakni dua tahun saja atau ketika mencapai 40.000 Km. Tentu hal ini menunjukkan bahwa Suzuki jelas kalah dari segi jangka garansi yang mana durasinya lebih pendek dari garansi resmi Toyota.

Perbedaan Toyota Glanza dan Suzuki Baleno hanya berada dalam aspek minor saja seperti logo, desain Grille serta performa mesin

Mana lebih menarik buat Anda, Suzuki Baleno atau Toyota Glanza?

>>> Simak juga tips dan trik otomotif terbaru lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

[IIMS 2019] Inilah Perbedaan Fitur Suzuki Carry Pick Up Terbaru Dengan Generasi Sebelumnya

26/04/2019

Event - Promosi

4 menit

Generasi terbaru dari Suzuki Carry Pick Up resmi diperkenalkan saat pembukaan ajang Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Perubahan yang signifikan ini membuat raja pikap ini semakin modern. Lantas apa perbedaan fitur Suzuki Carry Pick Up terbaru dengan generasi sebelumnya?

Lihat juga

Mengenal Lebih Dekat Persamaan dan Perbedaan Jeep Wrangler dan Jeep Gladiator

29/04/2019

Jual beli

Berdasarkan platform yang sama dengan Wrangler JL, Jeep Gladiator adalah truk pikap pertama Jeep sejak Comanche dihentikan pada 1992. Tetapi perbedaan Jeep Wrangler dan Jeep Gladiator bukan hanya terletak pada harganya saja.

Lihat juga

Inilah Perbedaan Sportcar, Supercar dan Hypercar Dalam Dunia Otomotif

09/03/2019

Pengemudian

Mungkin bagi mereka yang bukan Car Enthusiast akan menyebut semua mobil seksi yang lewat di depannya adalah mobil Sport. Namun aslinya, mobil dengan performa tinggi dikategorikan menjadi tiga meliputi Sportcar, Supercar dan Hypercar. Lantas, apa perbedaan dari ketiganya?

Lihat juga

Toyota Glanza, Hatchback Baru Yang Mengadopsi Desain Suzuki Baleno

11/06/2019

Mobil baru

5 menit

Untuk pertama kalinya, Toyota dan Maruti Suzuki berkolaborasi dalam menciptakan sebuah mobil Hatchback yang dinamai Toyota Glanza. Tepat pada tanggal 6 Juni 2019 lalu, Glanza dirilis secara resmi di India.

Lihat juga

Toyota Targetkan 10 Mobil Baru Meluncur di Tahun 2019

20/04/2019

Mobil baru

Sebelum-sebelumnya simpang siur soal target mobil baru yang bakal diluncurkan Toyota di tahun 2019, namun kali ini kabarnya lebih jelas. Toyota Astra Motor (TAM) menyatakan hingga akhir 2019 ditargetkan ada 10 mobil baru diluncurkan.

Lihat juga