Ini Nih Deretan Faktor yang Bikin Harga Mobil Anjlok saat Dijual

04/05/2020

Jual beli

4 menit

Share this post:
Ini Nih Deretan Faktor yang Bikin Harga Mobil Anjlok saat Dijual
Harga mobil turut dipengaruhi oleh kondisinya. Ada baiknya perhatikan beberapa faktor ini supaya harga mobil tak anjlok ketika Anda hendak menjualnya.

Tak semua mobil bekas punya harga tinggi. Bila kondisinya masih mulus wajar kalau mobil ditaksir dengan harga tinggi. Namun ada beberapa hal juga yang justru membuat harga mobil tersebut malah anjlok. 

President Director Mobil88 Halomoan Fishcer dalam kesempatan video conference dengan beberapa awak media belum lama ini membocorkan beberapa hal yang membuat harga mobil turun drastis ketika dijual mulai dari jarak tempuh hingga kemulusan mobil. Berikut daftarnya. 

>>> Orang Berduit Manfaatkan Momen Pandemi Corona untuk Beli Mobil Bekas

1. Jarak Tempuh

Mobil yang memiliki jarak tempuh tinggi atau kilometernya sudah di luar batas kewajaran bisa membuat harga mobil jatuh. Para pedagang mobil bekas sudah memiliki parameter tersendiri soal mobil bekas yang akan dibelinya untuk dijual kembali. 

Bila mobil yang bakal dibeli memiliki angka kilometer tinggi seandainya dibeli pun harganya pasti akan jatuh karena ditaksir penggunaannya untuk taksi online. 

Penjualan mobil bekas

Mobil bekas

"Kilometer itu dominan, kilometer yang dianggap wajar middle low 15.000 setahun,  middle up 10.000 setahun, itu dianggap normal. Tapi gini lah mobil middle low 15.000 misal 2018 kira-kira 30.000 nggak saklek begitu, 33.000 kita masih anggap normal lah," ungkap Fischer. 

"Istilahnya gini kalo misal 2 tahun kilometernya 40.000 itu kan di atas normal mungkin turunnya 3 persen lah ya sampe 5 persen tapi kalo misalkan 2 tahun udah 100.000 itu sudah kita anggep dipake buat online," sambung Fischer. 

>>> Promo mobil baru selalu ada yang menarik, cek daftar lengkapnya disini

2. Warna Cat Mobil

Warna cat mobil rupanya turut berpengaruh terhadap harga. Ada beberapa warna yang menjadi favorit seperti hitam juga putih sehingga harganya cenderung masih tinggi. Namun bila warna di luar favorit tersebut bukan tak mungkin harga jualnya bisa turun. 

"Warna itu mungkin bisa tergantung ya, warna ada 3 tingkatan ada warna favorit, warna biasa aja, ada warna yang orang nggak suka. Warna yang biasa aja turunnya 3 persen, tapi warna yang orang nggak suka ungu gitu misal bisa turun sampe 10 persen," kata Fischer. 

>>> 5 Pilihan Mobil SUV Murah dan Irit Bermesin Bandel Rp100 Jutaan

3. Pajak

Pajak juga ikut mempengaruhi harga jual mobil. Bila masa berlaku pajak masih panjang maka harga mobil bisa lebih tinggi. Namun bila masa berlaku pajak akan habis dalam waktu beberapa bulan ke depan maka harga mobil pun bisa ikut turun karenanya. 

Mobil bekas merek China

Wuling Confero Bekas

4. Bekas Tabrakan

Bila mobil diketahui habis tabrakan, jangan kaget bila ditawar murah oleh pedangang mobil bekas. Fischer menuturkan, bila mobil mengalami tabrakan yang cukup parah hingga mengakibatkan sasis bengkok harganya bisa turun hingga 30 persen. 

"Tabrakan yang harganya turun yang sampe kena ke rangka tapi kalau cuma serempetan doang kita nggak sebut tabrakan sih," jelas Fischer. 

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik perawatan dan service mobil yang berguna lainnya

5. Bekas Banjir

Mobil yang pernah terendam banjir juga harganya akan turun ketika akan dijual lagi. Menurut penuturan Fischer, banjir dapat membuat harga mobil turun 10-15 persen. 

>>> Simak terus berita terbaru seputar pasar mobil di sini

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Virus Corona Bikin Mobil Bekas Sepi Peminat

01/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Penyebaran virus corona membuat beragam sektor harus merasakan imbasnya tak terkecuali perdagangan mobil bekas. Mobil bekas sepi peminat karena corona.

Lihat juga

Niat Jual Mobil Bekas saat Pandemi Corona? Lakukan Trik Ini

29/04/2020

Jual beli

5 menit

Jika Anda berniat jual mobil bekas saat pandemi corona seperti sekarang, maka sebaiknya perhatikan saran dari beberapa penjual mobil bekas berikut ini.

Lihat juga

Sebaiknya Lakukan Ini Setelah Beli Mobil Bekas saat Musim Corona

29/04/2020

Jual beli

5 menit

Ketika Anda memutuskan untuk beli mobil bekas saat musim corona, sebaiknya lakukan perawatan seperti ini sebelum mobil digunakan anggota keluarga yang lain. Ini demi mencegah virus corona menyebar ke keluarga Anda.

Lihat juga

Perhatikan Hal Ini Setelah Menjual Mobil Bekas

06/03/2020

Jual beli

5 menit

Saat Anda menjual mobil bekas, ternyata masih ada beberapa hal yang mesti dilakukan meskipun transaksi penjualan telah selesai. Hal ini agar tidak terjadi masalah dikemudian hari yang ditimbulkan dari si pembeli mobil tersebut.

Lihat juga

Berapa Harga Jual Mobil Bekas Yang Pantas? Ada 4 Faktor Menentukan

30/07/2019

Jual beli

3 menit

Ketika Anda berniat untuk menjual mobil, perhatikan dengan cermat faktor-faktor yang bisa menetapkan harga bekas dengan tepat. Dengan harga yang tepat, Anda sebagai penjual tidak rugi demikian pula pihak pembeli. Nah, berikut beberapa tips untuk menentukan harga jual mobil bekas yang tepat.

Lihat juga
 
back to top