Ini Dia Kiat Berburu Mobil Bekas untuk Berwisata

18/04/2021

Jual beli

3 menit

Beli mobil bekas saat momen lebaran bisa jadi alternatif karena ada banyak keuntungan. Simak juga rekomendasi mobil bekas murah di artikel berikut ini!

Pemerintah resmi melarang aktivitas mudik Lebaran tahun ini pada periode 6-17 Mei 2021. Namun, bukan berarti momen Lebaran lewat begitu saja atau Anda tak bisa menikmati semarak Idul Fitri. Mengunjungi tempat yang dekat dengan area rumah bisa jadi alternatif. Apalagi untuk wisata domestik masih bisa dilakukan pada periode tersebut.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sudah berkoordinasi dengan Muhadjir Effendy Menko PMK dan Menhub mengenai tempat wisata yang buka akan mengikuti aturan dari masing-masing daerah. Tak hanya itu, pengelola tempat wisata juga wajib menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Momen Lebaran, Waktu Tepat Beli Mobil 

pengunjung mengunjungi taman safari

Berwisata domestik bisa jadi alternatif Lebaran 

Wisata domestik akan lebih aman dan nyaman jika Anda bepergian dengan mobil pribadi daripada menggunakan kendaraan umum. Anda dan keluarga juga lebih bisa menikmati momen kebersamaan dengan keluarga. Memburu mobil untuk berwisata menjelang Lebaran ini menjadi keuntungan tersendiri. Nah, bagaimana kiat berburu mobil bekas?

  • Prosesnya Jadi Lebih Cepat

Salah satu keuntungan membeli mobil bekas adalah proses pembeliannya yang terbilang cepat. Proses pembelian mobil bekas jika kredit membutuhkan waktu sekitar tiga hari tergantung dengan kelengkapan dokumen yang Anda berikan. Namun, jika dibeli secara tunai, mobil bisa dibawa saat itu juga. Berbeda dengan membeli mobil baru karena membutuhkan waktu untuk proses surat-surat ke polisi yang memakan waktu lama.

  • Harga Lebih Murah

Mau mendapatkan mobil  dengan harga yang lebih terjangkau? Jawabannya adalah beli mobil setelah Lebaran. Apalagi jika Anda berencana berwisata setelah Lebaran. Pasalnya harga mobil bekas akan turun drastis setelah Hari Raya Idul Fitri. Apalagi banyak orang membeli mobil  menjelang Lebaran untuk kebutuhan mudik atau wisata yang membuat harga naik.

Jika memang tak dibutuhkan segera, lebih baik sabar membeli mobil setelah Lebaran. Anda bisa mendapatkan harga terbaik, apalagi banyak dealer yang sudah memiliki program promo baru. Mulai dari pengaturan cicilan atau promo lain yang bisa Anda manfaatkan.

  • Ketahui Rekam Jejak Servis

mengecek mesin mobil

Ketahui dulu service record saat membeli mobil 

Jangan panic buying kalau ingin membeli mobil bekas. Lakukan scanning terlebih dahulu, salah satunya adalah mengetahui riwayat servis pada mobil yang akan Anda beli. Paling aman adalah tanyakan buku service karena Anda bisa mengetahui apakah ada kecurangan seperti indikator kilometer pemakaian mobil atau tidak.

Buku service juga menghindari kecurangan beli mobil, apalagi Anda tidak punya banyak waktu untuk melakukan pengecekan komprehensif saat menjelang Lebaran.

  • Lakukan Test Drive

Untuk mengetahui bagaimana performa mesin mobil, test drive penting dilakukan. Anda bisa mendengar suara mesin saat dijalankan. Dengan test drive, Anda juga bisa tahu part mana saja yang perlu diperbaiki terlebih dahulu. Jangan sampai rencana wisata Lebaran jadi terganggu karena mobil mogok di jalan.

>>> Ini Pentingnya Makan Sahur Sebelum Mengemudi

  • Cek Bagian Eksterior Mobil

Eksterior mobil adalah salah satu bagian yang bisa diperhatikan saat membeli mobil bekas. Anda perlu mengecek bagian bodi, kaca, cat mobil, hingga bagian kolong mobil untuk melihat apakah ada bagian yang karatan atau keropos.

  • Cek Fitur dan Interior

Cek bagian interior mobil

Selalu jeli melihat komponen aksesoris dan interior mobil 

Interior dan fitur pada mobil juga memiliki peranan penting agar berkendara jadi lebih nyaman. Selalu jeli melihat komponen aksesoris dan interior mobil. Cek bagian dashboard, AC, karpet, lampu sein, lampu depan, audio, hingga kualitas jok dan plafon mobil.

  • Kelengkapan Dokumen

Agar wisata jadi lebih tenang, pastikan hal-hal krusial seperti surat kendaraan asli sudah Anda pegang. Perhatikan keaslian BPKB dan STNK mobil yang akan dibeli. Selain menghindari hal yang tak diinginkan saat mengemudi, kelengkapan dokumen akan memudahkan Anda mengurus balik nama dan administrasi. Tak ada salahnya untuk mengecek di kantor Samsat atau aplikasi plat nomor kendaraan untuk memastikan data dan informasi pada dokumen BPKB dan STNK. Nah, akan menjadi poin plus lagi jika mobil bekas yang akan dibeli memiliki asuransi.

>>> Wuling Mini EV Cabrio, Mobil Listrik yang Cocok Untuk Pamer Rambut

Daftar Mobil Bekas Murah untuk Berwisata

Masih belum menentukan mobil bekas apa yang akan dibeli? Mencari mobil bekas murah bisa jadi alternatif, apalagi jika budget Anda tak begitu banyak. Berikut ini pilihan mobil keluarga bekas dan murah dari Cintamobil.com.

Daihatsu Ayla

mobil bekas ayla

Daihatsu Ayla menjadi alternatif mobil bekas murah

Jika anggota keluarga kurang dari lima orang, mobil Daihatsu Ayla bisa jadi pilihan. Sebagai mobil dalam segmen Low Cost Green Car (LCGC) mobil Ayla terbilang murah. Bahkan Anda bisa beli mobil Daihatsu Ayla X 2013 transmisi automatic dengan harga mulai Rp 51 juta.

>>> Jual beli mobil Daihatsu Ayla bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di Indonesia

Toyota Calya & Daihatsu Sigra

Salah satu produk kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu yang wajib masuk dalam pertimbangan adalah Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Mobil keluarga berkapasitas tujuh seater ini tergolong irit dan murah. Kondisi bekas pakainya saja berkisar Rp 100 jutaan. Bahkan, untuk Calya dan Sigra generasi pertama harganya jauh lebih terjangkau.

>>> Jual beli mobil Toyota Calya bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di Indonesia

Honda Mobilio

Beli Honda Mobilio bekas bisa jadi pilihan lainnya dari Cintamobil.com. Pasalnya harga unit second mobil ini terjangkau. Teknologi mesin dari Honda Mobilio bisa membuat pemakaian bahan bakar efisien tanpa mengurangi tenaga dari mesin tersebut. Anda bisa mendapatkan harga bekas Mobilio mulai dari Rp 100 jutaan.

>>> Jual beli mobil Honda Mobilio bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di Indonesia

Toyota Rush & Daihatsu Terios

mobil bekas terios

Ingin menggunakan mobil berjenis SUV untuk mobilisasi perjalanan wisata Anda? Jika jalanan yang ditempuh tak begitu bagus, Toyota Rush bisa jadi pilihan. Kami merekomendasikan Toyota Rush dan Daihatsu Terios yang menawarkan akomodasi yang cukup baik. Mesin bertenaga, irit bahan bakar dan mudah perawatannya.

>>> Jual beli mobil Daihatsu Terios bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di Indonesia

Nissan Grand Livina

Usianya memang sudah tidak muda lagi, tapi untuk mobil keluarga bekas murah dan irit, Nissan Grand Livina tak bisa dihilangkan begitu saja. Mobil MPV dari Nissan ini harganya sudah terjangkau dengan kenyamanan setara mengendarai mobil sedan. Dapatkan Nissan Grand Livina bekas mulai dari Rp 56 jutaan.

>>> Jual beli mobil Nissan Grand Livina bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di Indonesia

Berburu mobil bekas untuk berwisata memang tak bisa sembarangan. Selain disesuaikan dengan budget, Anda juga perlu membeli mobil bekas dari tempat terpercaya. 

>>> Ketahui Tips & Trik Lainnya Seputar Otomotif di Cintamobil.com

Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top