Ini Cara Mudah Untuk Mendeteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil Bekas

16/01/2019

Jual beli

4 menit

Ini Cara Mudah Untuk Mendeteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil Bekas
Kaki-kaki sebenarnya adalah part yang tidak perlu biaya mahal untuk memperbaikinya, karena dengan budget sekitar Rp 4 juta sampai Rp 6 juta kaki-kaki mobil sudah bisa baik kembali. Berikut ini cara mudah untuk mendeteksi kondisi kaki-kaki mobil bekas

Sebenarnya kaki-kaki dari sebuah mobil bukan suatu part yang memerlukan biaya banyak untuk dapat memperbaikinya. Karena dengan budget antara Rp 4 juta hingga Rp 6 juta saja, Anda sudah dapat memeperbaiki kondisi kaki-kaki mobil bekas yang Anda incar menjadi lebih baik dan tentunya lebih nyaman. Namun, yang namanya pengeluraran untuk keperluan merekondisi mobil bekas pastilah bukan hal yang diinginkan oleh setiap pembeli mobil bekas. Maka dari itu, kami dari Cintamobil.com akan membantu Anda untuk menyajikan cara mudah untuk mendeteksi kondisi kaki-kaki mobil bekas. Berikut ini dua cara mudahnya : 

1. Diketahui Ketika Dilihat Dari Luar Kendaraan

Tampak Kaki-kaki Honda Brio

Amati tapak ban di keempat roda mobil bekas yang Anda incar, pastikan tidak habis sebelah (tidak rata)

Hal yang pertama untuk dilihat guna mendeteksi kondisi kaki-kaki mobil bekas adalah dengan melihat dari ciri fisik ban mobil di keempat roda. Misalnya ban yang makan separuh atau berkurangnya tidak rata. Bisa jadi tapak ban luar lebih tipis dari sisi dalam atau sebaliknya tapak ban sisi dalam lebih tipis dari sisi dalam. Hal tersebut dapat menandakan kondisi kaki-kaki dari mobil yang sedang Anda incar tidak terlalu baik. Lalu pastikan sokbreker tidak ada lelehan oli (tidak terjadi kebocoran oli pada sokbreker) hal ini sebenarnya bisa Anda lihat dari sisi manapun dari kolong mobil pokoknya jangan ada lelehan oli. untuk memastikan hal ini, Anda harus ngolong untuk dapat memastikannya.

>>> Ini yang menyebabkan perbedaan karakter handling dari All New Honda Brio RS dengan All New Honda Brio Satya

>>> Tips jual beli mobil paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

2. Diketahui Dari Hasil Test Drive Mobilnya

Tampak Tester Cintamobil sedang test drive All New Honda Brio

Dengan melakukan test drive, biasanya segala kelemahan kaki-kaki akan dengan mudah terdeteksi

Test drive dalam membeli mobil bekas itu penting, karena semua kelemahan maupun kondisi kaki-kaki akan terasa ketika test drive. Karena sejatinya kaki-kaki adalah semua perangkat yang ada di roda, kalau error atau ada yang rusak akan timbul bunyi, atau arah mobil menjadi tidak lurus. Cara mengetahui kondisi kaki-kaki mobil bekas incaran Anda juga mudah, Anda tinggal lewati saja jalan tidak rata, bisa paving block, jalan rusak atau sebagainya, Jika kaki-kaki bermasalah nanti mobil akan terdengar bunyi atau terasa gejala ‘aneh’ jika kaki-kakinya sudah minta jajan.

>>> Benarkah All New Honda Brio lebih potensial diajak balap? Ini pendapat mekanik senior

>>> Temukan banyak pilihan mobil bekas disini

Ilustrasi Mobil melewati jalanan tidak rata

Coba lakukan test drive melewati jalan tidak rata guna mengetahui secara seksama kondisi kaki-kaki

Yang perlu diketahui adalah kalau mobil sedang Anda jalankan dijalan halus, biasanya kaki-kaki akan silent atau enggak bunyi, tapi jika rusak akan bunyi “gluduk-gluduk”. Coba untuk jalan agak cepat, atau sembari setir dilepas, jikalau jalan lurus tapi setir berubah arah berarti ada yang salah dengan kaki-kaki. Atau bisa juga mobil butuh spooring. Jalan jelek pun bisa tetap lurus jika kaki-kakinya benar atau tidak ada masalah. Untuk mendeteksi suspensi, kalau melewati polisi tidur perut kita merasa diaduk atau terasa keras, badan kita serasa dikocok bisa jadi suspensi sudah minta ganti. Biasanya perbaikan sektor kaki-kaki tidak semahal mesin atau bodi. Biasanya lebih mahal suspensi depan dibandingkan belakang. Ingat, jika kondisi kaki-kaki mobil bekas sudah minta jajan maka perbaikan harus dibengkel yang benar.

>>> Ini pendapat kami mengenai mobil Mazda yang punya pengendalian superior dikelasnya

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top