Ini 5 Alasan Sebagian Orang Lebih Suka Membeli Mobil Bekas

04/02/2019

Jual beli
Share this post:
Ini 5 Alasan Sebagian Orang Lebih Suka Membeli Mobil Bekas
Meski berbagai model mobil baru terus bermunculan, sebagian orang masih setia dan lebih suka membeli mobil bekas. Dengan berbagai alasan yang ada mereka menganggap membeli mobil bekas lebih menguntungkan.

Foto deretan mobil bekas, tampak masih keren

Mobil-mobil bekas memiliki pangsa pasar tersendiri

Dari sisi kelebihan dan kekurangan, antara mobil baru dan mobil bekas memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Mobil baru, jelas karena barang baru semua komponen masih dalam kondisi terbaiknya mulai dari mesin, kelistrikan, ban, hingga berbagi fitur. Rasa berkendaranya juga lebih enak sebab pembeli menjadi tangan pertama yang merasakan produk dari pabrik. Dan satu lagi yang pasti, mobil baru punya garansi cukup lama dari 3 tahun, 5 tahun hingga 7 tahun. Kekurangannya (bagi yang menganggap sebagai kekurangan), mobil baru harganya lebih mahal.

Mobil bekas, namanya juga bekas sudah pasti pernah dipakai orang lain dan unit tidak bisa dipastikan dalam kondisi terbaik. Pembeli tidak pernah mengerti alasan mengapa di pemilik menjual mobilnya. Bisa jadi karena memang butuh uang, bisa juga karena ingin ganti dengan yang baru, tapi bisa juga karena mobil sudah bermasalah seperti bekas banjir atau bekas kecelakaan. Apapun alasannya kondisi unit mobil bekas selalu berada di bawah mobil baru.

Namun unik, dengan kondisi yang berbeda dengan mobil baru sebagian orang justru lebih suka memilih dan membeli mobil bekas ketimbang mobil baru sebab dianggap lebih menguntungkan. Ini pula yang menyebabkan pasar mobil bekas tak pernah mati, dealer-dealer mobil bekas terus melakukan penjualan sebab masih memiliki pangsa pasar.

Berikut alasan-alasan sebagian orang lebih suka membeli mobil bekas ketimbang mobil baru seperti dikutip dari Seva:

1. Harga lebih murah

Ini alasan utama bagi orang yang memiliki budget terbatas sementara dia sangat membutuhkan mobil untuk menunjang aktifitasnya. Mobil bekas jadi pilihan sebab harganya yang lebih murah dibanding mobil baru. Sebagai gambaran Anda bisa lihat koleksi mobil-mobil bekas yang dijual di Cintamobil.com. KLIK DI SINI!

2. Depresiasi harga tidak signifikan

Bagi orang yang kepikiran menjual kembali mobil yang dibeli di kemudian hari, mobil bekas menjadi pilihan utama sebab memiliki depresiasi harga atau penurunan harga yang cukup rendah. Beda dengan mobil baru, sudah membelinya mahal kalau dijual harganya turun jauh antara 15% hingga 25%.

Foto mobil bekas dipromosikan untuk dijual

Tingkat depresiasi mobil bekas lebih rendah dibanding mobil baru

3. Surat-surat sudah tersedia

Alasan selanjutnya sebagian orang lebih suka membeli mobil bekas ketimbang mobil baru adalah surat-surat kelengkapan sudah tersedia, tidak perlu menunggu berhari-hari atau berminggu-minggu sehingga mobil langsung bisa dipakai saat itu juga dimanapun dan kemanapun. Beda dengan mobil baru surat-surat kelengkapannya seperti STNK tidak bisa langsung diterima alias menunggu proses.

4. Fitur sama dengan mobil baru

Meski mobil bekas bukan berarti tak memiliki fitur yang sama dengan mobil baru. Selama tidak ada pembaruan signifikan pada sebuah model seperti menjadi All New, fitur mobil bekas tidak jauh berbeda dengan mobil baru. Hanya saja untuk yang satu ini butuh pemeriksaan apa fitur-fitur tersebut berfungsi normal atau tidak.

>>> Kurang Dari 200 Juta, Yuk Diadu Fitur Toyota Avanza Tipe Terendah Dengan Wuling Confero S Tipe Tertinggi

Foto Interior Ford Ranger model lama

Perbedaan fitur mobil bekas dengan mobil baru terkadang tidak signifikan

5. Kualitas tidak jauh berbeda

Khusus untuk mobil-mobil bekas istimewa meski memiliki kualitas di bawah mobil baru, perbedaannya tidak terlalu besar. Orang banyak yang mencari mobil bekas semacam ini, yang selalu dirawat dengan baik, dijaga kebersihannya, diperhatikan penampilannya hingga detail-detail terkecil. Mobil juga tidak pernah kebanjiran, tidak pernah kecelakaan karena pemilik yang berhati-hati, tidak pernah dimodifikasi di luar standar pabrik, tidak pernah terlambat pajak dan lain sebagainya.

Nah, kalau Anda termasuk yang punya rencana membeli mobil bekas, sebaiknya Anda baca review mendetail mobil yang Anda minati. Anda bisa membacanya di laman review Cintamobil.com. KLIK DISINI!

>>> Klik di sini untuk membaca tips & trik lainnya

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Mau Aman Membeli Mobil Bekas Secara Online, Perhatikan 4 Tips Berikut!

26/01/2019

Jual beli

5 menit

Makin majunya dunia teknologi memberikan kemudahan di segala bidang. Salah satunya jual beli mobil yang bisa dilakukan secara online lewat sentuhan jari-jari tangan. Meski demikian, selalu saja ada kekurangan dan risiko yang selalu mengintai. So, diperlukan kehati-hatian buat Anda yang menginginkan membeli mobil bekas secara online agar tidak berujung kekecewaan.

Lihat juga

Positif Negatif DP 0 Persen Menurut Pedagang Mobil Bekas

29/08/2018

Pasar mobil

Wacana pemberlakuan aturan baru DP 0 persen pada pembelian kredit kendaraan bermotor yang diterbitkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga menuai tanggapan dari pelaku bisnis mobil bekas. Seperti apa tanggapannya?

Lihat juga

Toyota: Orang Indonesia Tak Hanya Pikir Murahnya Saja Saat Membeli Mobil

29/08/2018

Pasar mobil

Mobil-mobil harga murah makin merajalela. Mereka hadir menggoda agar orang Indonesia terpikat dan memutuskan untuk membeli. Dalam keyakinannya, mobil murah bakal lebih mudah laku ketimbang mobil-mobil mahal. Benarkah orang Indonesia lebih suka membeli mobil murah?

Lihat juga

Review Toyota Avanza 2019: Demi Eksistensi Di Tengah Kompetisi

17/01/2019

Editor rate:

Hadirnya Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga dalam 2 tahun terakhir membuat Toyota berbenah dengan MPV andalannya, Toyota Avanza. Belum genap sebulan tahun 2019, PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah memperkenalkan produk keduanya yakni Toyota Avanza 2019. Apa perubahan Toyota Avanza 2019? Berapa harga Toyota Avanza terbaru ini? Mari simakl review Toyota Avanza 2019 terlengkap di bawah ini.

Lihat juga

Harga Mitsubishi Xpander 2020: Daftar Harga mobil Xpander terbaru Oktober

01/10/2020

Mitsubishi

Mitsubishi Xpander adalah sebuah fenomena yang berhasil menggebrak pasar Low Multi Purpose Vehicle (MPV). Desainnya yang agresif dipadu fitur-fitur canggih, menjadi alasan mengapa masyarakat Tanah Air banyak memilih Xpander. Tertarik untuk memilikinya? Berikut daftar harga Mitsubishi Xpander terbaru.

Lihat juga
 
back to top