Ingin Mobil Dihargai Tinggi Saat Tukar Tambah? Perhatikan Hal di Bawah Ini

02/10/2019

Jual beli

5 menit

Share this post:
Ingin Mobil Dihargai Tinggi Saat Tukar Tambah? Perhatikan Hal di Bawah Ini
Selain jual dan beli, transaksi lain yang kerap terjadi untuk kepemilikan mobil adalah trade-in (tukar tambah). Anda tentu ingin mobil Anda mendapat harga tinggi saat ingin menggantinya dengan unit baru, apa saja yang harus diperhatikan?

Skema tukar tambah (trade-in) yakni dengan menjadikan mobil lama Anda secara tidak langsung menjadi alat pembayaran untuk membeli mobil. Cara kerjanya, mobil lama Anda diberikan harga oleh appraisal, dan Anda tinggal menambahkan selisih harga Antara mobil lama dengan mobil baru incaran Anda.

Ilustrasi trade-in mobil

Tukar tambah jadi opsi menarik bagi pecinta mobil yang ingin meremajakan mobilnya

Agar tidak nombok terlalu banyak, tentu Anda menginginkan mobil lama Anda dihargai cukup tinggi oleh pihak appraisal. Biasanya, harga mobil ditentukan dari kondisi mobil, semakin prima mobilnya, maka semakin tinggi harga tawarannya.

>>> Ingin ganti mobil, lebih baik jual dulu mobil lama atau tukar tambah?

Agar tidak mengeluarkan uang terlalu banyak dalam transaksi tukar tambah, simak beberapa hal yang harus diperhatikan agar mobil dihargai tinggi berikut ini.

1. Surat mobil harus lengkap

Kelengkapan surat mobil, BPKB dan STNK

Surat kendaraan adalah hal paling krusial dalam penentuan harga saat tukar tambah

Selain memperhatikan seluruh bagian mobil, cek juga kelengkapan surat mobil Anda, seperti STNK, BPKB, dan lain-lainnya. Bisa dibilang, hal ini juga cukup krusial terhadap bagaimana sebuah mobil bekas dihargai.

Usahakan juga pajak mobil Anda belum mati, karena hal ini dapat mempengaruhi harga mobil saat tukar tambah. Salah-salah, mobil Anda justru bisa dianggap bodong atau tidak legal jika tidak dilengkapi surat-surat layaknya mobil resmi.

2. Rapihkan eksterior dan interior mobil

Interior mobil

Interior mobil yang rapih dan orisinil membuat harga jual semakin tinggi

Tampilan mobil yang apik memberikan kesan pertama yang baik kepada appraisal, dan menjadi poin plus dalam transaksi tukar tambah. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan penampilan eksterior dan Interior mobil.

>>> Temukan mobil pilihan dengan harga terbaik di sini

Rapihkan semuanya mulai dari body, lampu, pelek, ban, lalu masuk kedalam dan rapihkan jok, dashboard, seluruh interior mobil, langit-langit, dan sebagainya. Jika perlu, bawa saja mobil Anda ke salon mobil, yang memiliki berbagai layanan untuk membuat mobil Anda tampak seperti baru.

3. Ganti seluruh komponen yang rusak

Pengecekan mobil bekas

Pastikan tidak ada satupun komponen yang rusak pada mobil yang ingin ditukar tambah

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah membenahi atau mengganti seluruh komponen mobil yang rusak sebelum tukar tambah. Baik itu komponen mesin, interior, atau komponen pendukung dan bersifat kosmetik semata.

>>> Tips seputar jual mobil lainnya bisa dilihat di sini

Saat appraisal menemukan ada komponen di mobil Anda yang rusak, tentu harga mobil berpotensi turun karena akan dipotong biaya perbaikan pasca trade-in. Oleh karena itu, kondisi mobil sangat berpengaruh terhadap kualitas dan nilai mobil Anda.

4. Asuransi

Ilustrasi asuransi mobil

Asuransi memberikan proteksi terhadap mobil, dan mempengaruhi nilai jualnya

Last but not least, jaminan atau asuransi atas kendaraan Anda juga bisa menjadi poin plus tersendiri saat akan melakukan transaksi tukar tambah. Mobil yang masih diasuransikan bisa terjual lebih tinggi, ini karena mobil Anda mendapat perlindungan dari risiko kerusakan karena masih ditanggung oleh asuransi.

Nah, langkah-langkah di atas bisa Anda terapkan agar mobil dihargai tinggi saat proses tukar tambah. Untuk tips & trik lainnya, bisa Anda lihat pada link di bawah ini.

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Hindari Rugi Banyak, Begini Tips Tukar Tambah Mobil Bekas

04/08/2019

Jual beli

3 menit

Tukar tambah mobil bekas bisa menjadi solusi yang membantu bagi Anda yang sudah bosan dengan mobil lama dan ingin menggantinya dengan model mobil yang lain. Bila memahami bagaimana cara yang tepat, Anda bisa mendapatkan mobil bekas tukar tambah sesuai dengan impian. Berikut tips tukar tambah mobil bekas.

Lihat juga

Ingin Menjual Mobil Bekas, Lebih Baik Tukar Tambah Atau Jual Sendiri?

07/01/2019

Jual beli

3 menit

Ada beberapa cara menjual mobil bekas. Bisa dengan cara tukar tambah (trade-in) atau jual sendiri. Namun mana yang lebih menguntungkan?

Lihat juga

Lakukan 3 Langkah Ini Sebelum Menjual Mobil Anda

02/10/2019

Jual beli

3 menit

Menjual mobil bekas bukanlah perkara mudah, pasalnya masalah harga jual kembali menjadi faktor yang kerap membuat pemilik mobil menjadi galau. Kebanyakan pemilik mobil berharap mendapat harga yang pantas untuk mobil yang mereka jual. Agar mendapat harga terbaik, ada 3 langkah yang harus dilakukan sebelum menjual mobil.

Lihat juga

5 Hal yang Mempengaruhi Harga Jual Mobil Bekas

18/08/2019

Jual beli

5 menit

Saat akan menentukan harga jual mobil bekas, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini. Supaya Anda tidak salah untuk menentukan berapa nilai jual mobil bekas Anda.

Lihat juga

Pada Umumnya, Ada 5 Alasan Orang Jual Mobil Bekas

29/07/2019

Jual beli

3 menit

Mobil bekas masih menjadi incaran banyak orang. Salah satu alasannya karena mobil bekas bisa dibeli dengan harga yang lebih murah dibandingkan mobil baru. Mobil bekas dijual oleh pemiliknya karena berbagai alasan. Pahami terlebih dahulu beberapa alasan orang jual mobil bekas sebagai berikut.

Lihat juga