Ingin Mencoba Off-Road? Berikut Pilihan Kendaraan 4x4 yang Bisa Anda Pertimbangkan

08/01/2020

Jual beli

5 menit

Share this post:
Ingin Mencoba Off-Road? Berikut Pilihan Kendaraan 4x4 yang Bisa Anda Pertimbangkan
Butuh kendaraan 4x4 untuk sekedar off-road ringan, rekreasi atau bahkan tuntutan profesi? Berikut kami hadirkan pilihan kendaraan 4x4 yang tersedia di pasaran

Sebuah kejadian menarik terjadi beberapa waktu lalu, ketika Jeep Wrangler Rubicon Bupati Karanganyar yang terjebak di medan lumpur saat meninjau Proyek Waduk Jlantah, Desa Tlobo, Kecamatan Jatiyoso, Jumat (3/1) lalu. Pemda setempat hingga harus menerjunkan sebuah ekskavator untuk menarik Jeep Wrangler Rubicon yang merupakan kendaraan dinas dari Bupati Karanganyar tersebut hingga ke tempat aman.

Dari kejadian di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa betapa pentingnya memilih kendaraan 4x4 ketika akan melakukan kegiatan off-road, agar tak terjebak di medan ekstrim. Pilihan kendaraan 4x4 yang tersedia di pasaran pun cukup bervariasi. Cintamobil akan membeberkan seputar pilihan kendaraan 4x4 yang bisa anda pertimbangkan untuk digunakan saat off-road, mulai dari sekedar rekreasi hingga untuk memenuhi tuntutan profesi. Berikut pilihannya.

Suzuki Jimny

Foto Suzuki Jimny JB74 2019

Dimensinya yang kompak sangat mendukung di medan off-road

Kendaraan 4x4 yang kompak dan mungil ini memang terbukti cukup tangguh di medan off-road, terutama pada medan ekstrim yang sempit. Dimensinya yang kompak membuat Suzuki Jimny generasi JB74 cukup lincah dalam menghadapi obstacle. Suzuki juga membekalinya dengan penggerak 4x4 jenis part time yang dinamakan AllGrip Pro. Mesin K15B juga memiliki performa cukup baik ketika diajak off-road. Namun sayang, karena peminatnya cukup banyak, kendaraan 4x4 yang ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 315 juta ini memiliki antrian inden yang sangat panjang.

>>> Sosok Suzuki Ignis Facelift Bocor di India

Jeep Wrangler JL

Foto lini Jeep Wrangler JL dari berbagai varian

Semua varian Wrangler JL memiliki kemampuan off-road yang mumpuni

Generasi keempat dari keluarga Wrangler ini memang dibekali dengan DNA dan kemampuan off-road yang legendaris. Jeep Wrangler JL juga mendapatkan peningkatan performa baik di medan on-road hingga off-road. Tersedia tiga varian yakni Sport, Sahara dan Rubicon dengan dua pilihan model, dua dan empat pintu (Unlimited). Jeep juga membekalinya dengan penggerak 4x4 jenis part time dengan nama Command-Trac pada varian Sport, Selec-Trac pada varian Sahara dan Rock-Trac pada varian Rubicon. Kendaraan 4x4 kebanggaan Jeep ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 1,3 milyar hingga Rp 1,9 milyar untuk varian Rubicon.

>>> Review Jeep Wrangler JL Sahara Unlimited 2019: Varian Menengah Yang Tetap Menggoda

Toyota Fortuner

Foto Toyota Fortuner VRZ 4x4

Dengan penggerak 4x4, membuat Fortuner menjadi lebih sakti di medan off-road

SUV Toyota yang paling populer ini juga menawarkan varian dengan penggerak 4WD. Dengan menggunakan mesin diesel common-rail 2GD-FTV plus penggerak full time 4WD, Toyota Fortuner pun siap diajak off-road atau menjelajah di berbagai kondisi medan. Tersedia dua varian, yakni VRZ 4x4 dengan harga Rp 670 jutaan dan 2.4 GA/T DSL 4x4 yang ditawarkan dengan harga Rp 599 juta. 

>>> Pilihan mobil bekas Toyota Fortuner terlengkap ada disini

Mitsubishi Pajero Sport

Foto Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4

Pajero Sport 4x4 cocok diajak off-road dan rekreasi bersama keluarga

Mitsubishi juga menawarkan penggerak 4x4 pada lini Pajero Sport. Namun berbeda dengan kompetitornya yang menggunakan penggerak 4WD full time, Pajero Sport menggunakan penggerak 4WD part time, sehingga bisa menggunakan mode 2WD saat tak dibutuhkan. Kemampuan off-roadnya juga sudah teruji, terlebih juga dibekali dengan mesin diesel common-rail yang memiliki performa mumpuni. Tersedia dua varian, yakni Pajero Sport Dakar 4x4 seharga Rp 702 juta dan Pajero Sport GLX seharga Rp 548 juta.

>>> Cintamobil TV: Persaingan Mitsubishi Pajero Sport Exceed dan Chevrolet Trailblazer LTZ

Isuzu MU-X

Foto Isuzu MU-X 4x4

Dengan harga lebih terjangkau membuat Isuzu MU-X bisa dijadikan alternatif jitu

Isuzu MU-X hadir menawarkan alternatif sebuah SUV dengan penggerak 4WD yang memiliki kemampuan off-road namun dengan harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan pada kompetitornya. Performa mesin diesel common-rail dengan kode 4JK1-TC 2.500 cc tak perlu lagi diragukan performa dan daya tahannya. Isuzu MU-X diawarkan dengan harga Rp 485 juta untuk varian MU-X 4x4 M/T.

>>> Baca juga tips jual beli lainnya disini

Toyota Land Cruiser

Foto Toyota Land Cruiser 200 series sedang off-road

Toyota Land Cruiser memiliki kemampuan off-road dengan balutan kemewahan

SUV premium satu ini memang memiliki kemampuan off-road yang mumpuni dari generasi ke generasi. Tak terkecuali pada Toyota Land Cruiser 200 series, yang dibekali dengan penggerak 4WD tipe full time. Tak hanya dibekali dengan kemampuan off-road, Land Cruiser 200 series juga menawarkan kenyamanan dan kemewahan khas SUV premium. Toyota menawarkan dengan harga Rp 2,1 milyar untuk varian 200 STD Spec A/T Diesel. 

>>> Tertarik Dengan Toyota Land Cruiser 80? Kenali Dulu Varian dan Harga Pasarannya

Mercedes-Benz G-Class

Foto Mercedes-AMG G63

Mercedes-AMG G 63 menggabungkan antara kendaraan 4x4 dengan performa layaknya supercar

Selain Jeep, Toyota Land Cruiser dan Suzuki Jimny, kubu Jerman juga memiliki lini kendaraan 4x4 legendaris, yakni Mercedes-Benz G-Class. SUV premium yang bongsor dan memiliki desain boxy ini memang dipersiapkan untuk terjun di medan off-road. Berawal dari kendaraan militer, Gelandewagen Class (G-Class) ini dibekali dengan penggerak 4WD tipe full-time dengan tiga differential lock agar semakin sakti di medan ekstrim. Di Indonesia, Mercedes-Benz G-Class hanya ditawarkan dalam satu varian, yakni Mercedes-AMG G 63 dengan harga yang fantastis, yakni sekitar Rp 5 milyar.

>>> Klik di sini untuk artikel tips dan trik lainnya

Share this post:

Berita lain

[INFOGRAFIK] Kaleidoskop Otomotif Indonesia 2019: Dari SUV Hingga Sedan Mewah

31/12/2019

Pasar mobil

2 menit

Mengiringi tahun baru 2020, mari kita sejenak melihat kaleidoskop otomotif Indonesia tahun 2019 yang dikelilingi oleh berbagai model menarik di Tanah Air.

Lihat juga

Inilah SUV & Crossover terbaru yang Diprediksi Mendarat di Indonesia Tahun Depan

30/12/2019

Mobil baru

5 menit

Tahun 2020 diprediksi akan diramaikan dengan kehadiran mobil baru, termasuk SUV & crossover terbaru yang diprediksi akan menyapa di Indonesia tahun depan.

Lihat juga

Mobil Bekas di Kudus: Pilihan 5 SUV Terbaik Cintamobil.com

28/12/2019

Jual beli

3 menit

Masih bimbang ketika mencari mobil bekas di Kudus? Tak perlu bingung lagi karena Cintamobil.com memiliki 5 pilihan SUV terbaik bahan pertimbangan Anda.

Lihat juga

Mengenal Fitur Unggulan di Peugeot 3008, SUV Berpenampilan Stylish Khas Prancis

14/12/2019

Pengemudian

3 menit

Peugeot 3008 tak hanya dianugerahi dengan tampilan dan wajah stylish, namun juga kehadiran fitur keselamatan yang canggih. Untuk memaksimalkannya, simak penjelasan fitur unggulan di Peugeot 3008 berikut ini

Lihat juga

Mercedes-Benz Indonesia Resmi Rakit 2 Model SUV Mercedes-Benz Made in Wanaherang

11/12/2019

Mobil baru

3 menit

PT Mercedes-Benz Indonesia tutup tahun 2019 dengan merilis Mercedes-Benz GLC dan Mercedes-Benz GLE produksi Wanaherang. Apa yang menarik dari dua mobil SUV ini?

Lihat juga