Ingin Meminang Strada Triton Bekas Tambang, Simak Dulu Tips Dari Julian Johan

21/06/2019

Jual beli

5 menit

Share this post:
Ingin Meminang Strada Triton Bekas Tambang, Simak Dulu Tips Dari Julian Johan
Akhir-akhir ini sedang marak beredar mobil double cabin eks perusahaan, salah satunya Mitsubishi Strada Triton eks tambang. Agar tidak salah pilih, simak tips dari Julian Johan terkait apa yang harus diperhatikan saat membeli mobil bekas pertambangan.

Sama seperti mobil-mobil bekas perusahaan semisal mobil eks taksi, Strada Triton bekas tambang ditawarkan dengan harga yang cukup menggiurkan. Tak heran, mobil ini jadi salah satu pilihan untuk mobil 4x4 dengan budget terbatas.

Meski demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan mengingat pada umumnya Strada Triton bekas tambang, ataupun mobil double cabin bekas tambang lainnya kerap ‘disiksa’ saat bertugas di wilayah pertambangan.

>>> Simak review lengkap Mitsubishi Strada Triton di sini

Lebih jelasnya, kami berbincang dengan Julian Johan, pembalap reli nasional yang juga cukup aktif dalam scene otomotif Indonesia, khususnya untuk mobil 4x4 untuk membahas tips & trik dalam pemilihan double cabin bekas tambang.

Julian Johan berpose di sebelah Suzuki Jimny

Menurut Julian Johan, ada dua parameter yang harus dicek saat memeriksa mobil bekas tambang, yakni fisik dan teknis (foto: Instagram @Jejelogy)

Menurutnya, saat ingin meminang mobil bekas tambang, termasuk Strada Triton, ada beberapa hal yang harus di perhatikan agar tidak mendapatkan mobil dalam kondisi mengenaskan, yang akhirnya membuat pecinta mobil pusing sendiri.

Apa saja poin-poin yang disebutkan oleh pria yang akrab disapa Jeje, simak penjabarannya di bawah ini:

1. Kondisi Fisik

Mitsubishi Strada Titon bekas tambang

Salah satu mobil bekas tambang yang beredar cukup banyak di pasaran, Mitsubishi Strada Triton

Ini sama saja seperti memeriksa mobil bekas lainnya. Dari kondisi fisik mobil, kita biasanya sedikit menyimpulkan layak tidaknya mobil bekas tambang, termasuk Strada Triton bekas tambang untuk dibeli.

>>> Sedang mencari SUV? Kami punya daftarnya

Misalnya dari kondisi bodi, apakah masih mulus atau tidak, walaupun biasanya Strada Triton bekas tambang yang akan dijual sudah dicat ulang agar terlihat segar dan menarik seperti mobil baru.

Selain itu, perhatikan juga kualitas interior mobil. Apakah masih ada sisa-sisa tanah di sela-sela pintu, di bawah karpet mobil, atau di tempat yang susah dijangkau lainnya. Dari situ, kita juga bisa menilai apakah mobil tambang yang kita taksir layak dibeli atau tidak.

2. Kondisi Teknis

Tak bisa dipungkiri, mobil bekas pertambangan menghabiskan sebagian besar masa hidupnya di medan yang cukup berat, yang di mana sangat menguras ketahanan komponen-komponen krusial seperti mesin, kaki-kaki, bahkan sistem penggerak 4x4 nya.

>>> Jadi Salah Satu Pionir SUV Di Indonesia, Inilah Kelebihan Dan Kekurangan All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019

Untuk mememeriksanya, ada beberapa parameter yang harus dicek seperti tarikan mesin, kualitas pembuangan dari knalpot, mulus tidaknya kinjerja sistem 4x4, dan untuk beberpa mobil yang sudah terpasang Limited Slip Differential (LSD) juga harus diperiksa kondisinya.

3.Usahakan Ambil Varian Tertinggi

Mitsubishi Strada Triton warna putih

Mobil tambang dengan varian tinggi biasanya tidak terlalu disiksa seperti mobil tambang kebanyakan

Biasanya, mobil yang digunakan untuk kegiatan pertambangan adalah varian paling rendah, begitupun Strada Triton bekas tambang. Hal ini tentu karena mobil tersebut digunakan untuk operasional sehari-hari, maka tidak perlu terlalu lengkap fiturnya.

Namun, tentu ada beberapa varian lebih tinggi yang dimasukkan sebagai kendaraan untuk direksi atau petinggi perusahaan. Menurut Julian Johan, ada baiknya mengambil mobil seperti ini.

>>> Simak tips & trik jual beli lainnya di sini

Selain memiliki fitur dan kelengkapan lebih tinggi, penggunaanya juga jauh lebih ‘manusiawi’, yang pada akhirnya berdampak pada kualitas mobil yang lebih baik. Pun demikian, mobil seperti ini biasanya dihargai lebih mahal dari yang biasa.

4. Sediakan Uang Untuk Perbaikan

Saat menjual Strada Triton bekas tambang atau mobil bekas perusahaan tambang lainya, dealer biasanya sudah merapihkan kondisi ekstrior dan interior mobil, namun bukan berarti mobil sudah langsung siap pakai dan bebas masalah.

Biasanya, pada pedagang hanya merapihkan bagian yang terlihat saja dan sifatnya kosmetik. Oleh karena itu, siapkan dana tambahan untuk perbaikan mobil, khususnya untuk bagian teknis yang bersifat krusial.<

Bagaimana rangkaian tips dari Julian Johan ini, menarik bukan? Kami masih punya beragam tips otomotif lainnya, dan dapat dilihat di Cintamobil.com.

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Jadi Salah Satu Pionir SUV Di Indonesia, Inilah Kelebihan Dan Kekurangan All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019

19/06/2019

Jual beli

7 menit

Anda harus tahu, kami tidak dibayar sedikitpun dari pihak Honda Indonesia untuk menulis artikel ini, karena mobil All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019 yang kami gunakan ini adalah milik pribadi. Honda CR-V adalah salah satu pionir SUV di Indonesia. Inilah Kelebihan Dan Kekurangan All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019 menurut Cintamobil.com

Lihat juga

Punya Aura SUV Lebih Kental, Ini Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Toyota Rush 2017

24/05/2019

Jual beli

4 menit

Meski telah digantikan generasi terbaru yang lebih besar, Toyota Rush 2017 masih memiliki daya tarik tersendiri. Lalu, Apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil ini?

Lihat juga

Aplikasi Lift Kit Yang Aman Untuk SUV dan D-Cab, Suspension Lift Atau Body Lift?

Bagi Anda pemilik SUV atau pick-up double cabin, pasti akan tergoda untuk meninggikan suspensi mobil Anda, baik itu untuk keperluan off-road atau sekedar tampilan yang sangar. Namun pastikan lift kit yang Anda pasang itu aman dan nyaman untuk penggunaan harian.

Lihat juga

Mau Punya Mobil Gagah? Inilah 5 SUV Seharga LCGC

02/05/2019

Jual beli

Membeli mobil bekas terkadang bisa mendapatkan mobil yang lebih baik dalam hal fitur dan kualitas berkendara. Dengan selisih harga tidak jauh berbeda, inilah 5 SUV seharga LCGC dengan rentang harga Rp 100 juta hingga Rp 140 jutaan.

Lihat juga

6 SUV Penggerak Empat Roda Harga 100 jutaan

28/04/2019

Jual beli

3 menit

SUV penggerak empat roda bisa menjadi jawaban Anda jika membutuhkan mobil yang memiliki kapabilitas off-road mumpuni, namun lebih nyaman untuk harian. Kini, SUV penggerak empat roda semakin bervariasi dengan harga pasaran lebih terjangkau. Berikut 6 SUV penggerak empat roda harga 100 jutaan yang mungkin pas untuk Anda

Lihat juga
 
back to top