Ingin Kendaraan Listrik yang Aman? Anda bisa Pilih Mercedes-Benz EQC

16/12/2018

Jual beli
Share this post:
Ingin Kendaraan Listrik yang Aman? Anda bisa Pilih Mercedes-Benz EQC
Salah satu masalah dari mobil listrik adalah rentannya kerusakan baterai ketika terjadi kecelakaan. Namun tidak bagi crossover EQC, kendaraan listrik yang aman untuk pengemudi dan penumpang dari Mercedes-Benz.

Kecelakaan menjadi salah satu momok menakutkan bagi pengendara, apalagi untuk kendaraan listrik. Dengan baterai besar yang dibawa, tabrakan bisa jadi menimbulkan ledakan yang besar. Tetapi tidak untuk Mercedes-Benz. Pasalnya, Mercedes baru saja merilis detail yang foto menunjukan kendaraan listrik yang aman versi mereka, yaitu crossover listrik Mercedes-Benz EQC.

Gambar uji tabrakan depan Mercedes-Benz EQC

Uji tabrakan Mercedes-Benz EQC buktikan keamanan mobil ini

Produsen mobil asal Jerman tersebut mengklaim memiliki pusat uji tabrakan paling canggih di dunia. Dan disinilah prototipe EQC mendapatkan pelatihan tabrakan yang mumpuni. Mulai dari tabrakan hingga pencegahan ledakan dilakukan di sini.

>>> Intip Terowongan Angin Canggih untuk Pengujian Mobil Listrik C_Two

Pengemudi, dalam hal ini boneka dummy, hanya mengalami cedera pada uji kecelakaan. Subframe baru EV mengelilingi komponen kendaraan di bagian depan baterai yang mendapatkan frame yang kuat. Mercedes menginstal elemen deformasi antara frame dan baterai yang mampu menyerap kekuatan tabrakan tambahan ketika ada dampak samping yang parah.

Gambar benturan depan Mercedes-Benz EQC

Meskipun benturan di depan, baterai tetap bertahan

Bahkan penjagaan di depan baterai mencegahnya tertusuk benda-benda dari luar. Terlebih lagi, sistem tegangan tinggi dapat dimatikan secara otomatis saat macet. Sedangkan proses pengisian daya secara otomatis dibatasi jika terdeteksi dampak tabrakan serta memungkinkan untuk menonaktifkan sistem tegangan tinggi secara manual jika diperlukan.

>>> Ulasan seputar teknologi otomotif bisa Anda baca disini

Tentu saja, Mercedes tidak akan melupakan fitur keselamatan untuk SUV listrik penuh pertama mereka. Penumpang akan dilindungi dengan sabuk pengaman tiga titik, kantung udara jendela di atap antara pilar A, B, dan C, serta kantung udara di lutut pengemudi.

Gambar tes tabrakan Mercedes-Benz EQC

Mercedes mencoba memberikan keamanan pada baterai listrik kendaraan

Di masa lalu, ada beberapa kekhawatiran mengenai tabrakan pada kendaraan listrik, seperti kebocoran cairan baterai. Hal ini pernah terjadi sebelumnya dengan Tesla Model S. Seperti foto-foto yang diluncurkan Mercedes, kerusakan struktural paska tabrakan tidak terlihat mengerikan. Namun tujuan utama untuk kendaraan listrik yang aman tentu saja untuk menjaga penumpang tetap hidup tanpa cedera serius.

>>> Simak info tips dan trik lainnya tentang mobil hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top