Ingin Cicilan Mobil Baru Rendah? Kami Punya Caranya

28/10/2019

Jual beli

5 menit

Share this post:
Ingin Cicilan Mobil Baru Rendah? Kami Punya Caranya
Ketika membeli mobil secara kredit, biasanya dealer memberikan promo down payment (DP) murah yang memudahkan kepemilikan di awal. Namun, biasanya hal ini dibarengi dengan cicilan yang cukup mahal.

Memang, sebelum mengambil mobil secara kredit kita harus memastikan kondisi keuangan kita dapat mengcover cicilan mobil baru dengan baik. Idealnya, cicilan harus berada di kisaran 30-35% dari income bulanan.

>>> Lima alasan membeli sebuah mobil, apa saja?

Namun jika Anda merasa cicilan tersebut masih terlalu tinggi, dan ingin menekan angka yang harus Anda bayarkan ke leasing tiap bulannya. Anda bisa melakukan beberapa hal, untuk lebih jelasnya simak cara mendapat cicilan mobil baru rendah  di bawah ini:

1. Pilih mobil sesuai kebutuhan

Mobil dipajang di Showroom

Pastikan Anda tahu mobil mana yang akan Anda beli, karena itu akan mempengaruhi harga dan cicilannya

Sebelum mengeluarkan uang untuk pembayaran Down Payment (DP), pastikan Anda tahu mobil apa yang Anda inginkan, karena hal ini akan mempengaruhi harga yang pada akhirnya mempengaruhi cicilan mobil baru yang harus Anda bayarkan tiap bulannya.

>>> Temukan mobil impian Anda di sini

Jika Anda membutuhkan mobil untuk kegiatan mobilitas dalam kota, City Car mungil bisa Anda pertimbangkan. Lain soalnya jika Anda sudah berkeluarga, dan membutuhkan mobil untuk kegiatan bersama keluarga, kami sarankan untuk memilih MPV atau bahkan SUV.

2. Perbesar uang muka

Ilustrasi down payment mobil

Semakin besar down payment saat kredit mobil, semakin rendah cicilannya

Menurut Surat Edaran Bank Indonesia No. 14/10/DPN mewajibkan seluruh lembaga financial services mematok uang muka minimal 25% untuk pembiayaan kendaraan bermotor roda dua, dan 30% untuk kendaraan roda empat.

>>> Harga dan promo mobil baru bisa Anda temukan di sini

Namun demikian, Anda bisa saja menyiapkan uang muka lebih besar demi mengejar cicilan lebih ringan. Semisal, Anda menyiapkan uang muka 40%, Anda cukup mengajukan kredit sebesar 60% untuk melunasi cicilannya. Alhasil, Anda bisa memperoleh cicilan mobil baru yang sangat rendah.

3. Pilih cicilan waktu terpanjang

Simulasi penghitungan cicilan kredit mobil

Meski secara bunga akan semakin tinggi, namun cicilan bisa lebih rendah jika mengambil jangka waktu cicilan panjang

Kini, jangka waktu kredit mobil semakin bervariasi, bahkan bisa mencapai 8 tahun. Memang, semakin panjang jangka waktu kredit yang Anda ambil, semakin besar juga bunga yang harus Anda bayarkan. Namun demikian, periode kredit yang lebih lama itu dapat memberikan Anda cicilan mobil baru yang lebih ringan setiap bulannya.

4. Manfaatkan sistem baloon payment

Berbeda dengan sistem kredit standar yang jumlah cicilan per bulannya flat hingga akhir periode, sistem Baloon Payment memungkinkan cicilan lebih kecil di tahun-tahun awal cicilan, namun dengan beban lebih besar di belakangnya.

5. Cari asuransi sendiri

Ilustrasi Asuransi mobil

Anda bisa memangkas jumlah cicilan dengan mencari asuransi sendiri

Biasanya, cicilan mobil baru ditambahkan dengan beban bunga, asuransi, dan administrasi. Dalam hal ini, Anda bisa memangkas sedikit beban cicilan dengan mencari asuransi sendiri, Anda dapat menyesuaikan kebutuhan asuransi sendiri, dan membuat cicilan lebih ringan atau layanan asuransi lebih lengkap.

6. Beli mobil di waktu yang tepat

Ilustrasi Promo Honda terbaru berwarna warni

Salah satu waktu paling tepat membeli mobil adalah akhir tahun di mana promo mulai bertebaran

Salah satu waktu yang tepat untuk membeli mobil adalah pada akhir tahun, di mana dealer harus menghabiskan sisa produk yang belum terjual karena tahun selanjutnya akan mendapat mobil rakitan terbaru.

>>> Temukan tips lain soal jual-beli mobil di sini

Biasanya, di sini dealer akan menawarkan berbagai promo untuk menghabiskan unit, mulai dari potongan uang muka, potongan harga, hingga cashback. Di sini, Anda bisa mengakali dengan uang muka normal, dan memasukan potongan harga ke dalam cicilan mobil baru, dan membuatnya semakin ringan.

7. Manfaatkan program trade-in

Ilustrasi trade-in mobil dengan dua kunci mobil

Jadikan mobil lama sebagai DP mobil baru, kenapa tidak?

Last but not least, Anda bisa memanfaatkan program trade-in yang dilakukan dealer. Dengan menjadikan mobil Anda sebagai DP mobil baru, tentu jumlah utang Anda akan semakin kecil, yang pada akhirnya membuat cicilan mobil baru semakin ringan.

Dengan tujuh metode ini, Anda bisa mendapatkan cicilan mobil baru ringan dan tidak akan memberatkan Anda saat memutuskan membeli atau mengganti mobil baru. Untuk tips & trik lainnya, bisa Anda lihat pada link di bawah ini.

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Membeli Mobil Bekas, Kalau Bodi Dan Interior Sama Sama Kurang, Mana Lebih Penting?

22/10/2019

Jual beli

3 menit

Maunya membeli mobil bekas pun dapat yang bagus bodi dan interiornya. Tapi ketemunya sama-sama kurang, berarti harus memilih salah satu, bodi mulus atau interior bagus.

Lihat juga

Ganjil Genap Diperluas, Perlukah Membeli Mobil Lagi?

21/10/2019

Pengemudian

3 menit

Beli mobil lagi dilakukan sebagian warga ibu kota untuk menyiasati aturan ganjil genap yang kian meluas. Tapi, apakah hal tersebut jadi solusi terbaik menghadapi ganjil genap?

Lihat juga

Setelah Membeli Mobil Bekas Impian, Ini Yang Harus Anda Lakukan Selanjutnya

20/10/2019

Jual beli

4 menit

Segera lakukan hal ini agar mobil baru Anda bisa secepatnya dibawa berkendara dengan aman dan legal

Lihat juga

Kesengsem Mobil Bekas Taksi, Simak Dulu 5 Faktanya di Sini

07/10/2019

Jual beli

5 menit

Saat ini, mobil bekas taksi menjadi salah satu opsi menarik bagi Anda yang memiliki budget mepet namun ingin memiliki mobil. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum meminangnya, apa saja?

Lihat juga

Ingin Mobil Dihargai Tinggi Saat Tukar Tambah? Perhatikan Hal di Bawah Ini

02/10/2019

Jual beli

5 menit

Selain jual dan beli, transaksi lain yang kerap terjadi untuk kepemilikan mobil adalah trade-in (tukar tambah). Anda tentu ingin mobil Anda mendapat harga tinggi saat ingin menggantinya dengan unit baru, apa saja yang harus diperhatikan?

Lihat juga