Ingin Beli Mobil Bekas Pasca Banjir? Jangan Sampai Terkecoh, Simak Tips Ini

20/01/2020

Jual beli

3 menit

Share this post:
Ingin Beli Mobil Bekas Pasca Banjir? Jangan Sampai Terkecoh, Simak Tips Ini
Jika saat ini Anda ingin beli mobil bekas pasca banjir? Ada yang harus diperhatikan, sebabnya jangan terkecoh, simak tips ini agar Anda tidak salah pilih.

Banjir yang melanda Jabodetabek awal tahun ini berdampak pada kerugian materil seperti tempat tinggal dan kendaraan bermotor. Kendaraan yang terdampak banjir biasanya memiliki risiko kerusakan lebih besar di masa depan. Hal ini cukup membuat calon pembeli mobil bekas khawatir mendapat unit terdampak banjir.

Gambar menunjukan seorang mekanik sedang cek  mobil

Mekanik BMW Astra Used Car sedang mebetulkan komponen mesin yang rusak 

>>> BMW Astra Beri Diskon Perbaikan Mobil Terdampak Bencana Banjir

Terry Tham, selaku Kepala Cabang BMW Astra Used Car, berikan sejumlah tips bagi Anda yang sedang mencari mobil bekas pasca bencana banjir kepada Cintamobil.com. Agar tidak salah pilih, bacalah sampai selesai beberapa tips ini ya.

 1. Periksa rekam perawatan mobil

Pertama periksalah rekam perawatan mobil. Melihat rekam perawatan mobil merupakan hal pertama yang dapat dilakukan. Ciri-ciri mobil bekas banjir dapat terlihat dari jenis komponen yang diganti, seperti karet-karet, sisa pengeringan karpet, dan komponen internal mesin pada mobil berusia muda.

2. Cium aroma interior

Langkah selanjutnya coba Anda cium aroma interior. Mobil bekas terendam banjir akan memiliki aroma interior bau lumpur yang tidak sedap. Jika dibandingkan dengan mobil yang interiornya masuk dalam kategori tidak terawat, mobil bekas terendam banjir akan beraroma lebih tidak mengenakan.

Gambar menunjukan banyak orang sedang mendorong mobil BMW terdampak banjir

Mobil berdampak banjir menyimpan banyak masalah jika tidak langsung diperbaiki 

>>> Cek Interior Mobil, Periksa Kondisi Lima Bagian Ini

3. Perikasa baut-batu di bawah kursi

Ketiga periksa baut-baut di bawah kursi. Jika Anda menemukan korosi atau karat pada baut di area bawah kursi, ada indikasi mobil tersebut sudah pernah terendam banjir. Karena idealnya, baut-baut di dalam kabin selayaknya tidak mudah berkarat, karena jarang terkena kontaminasi dari luar.

4. Periksa elektrikal mobil

Keempat adalah periksa elektrikal mobil, untuk mobil generasi baru sudah menggunakan sistem elektrik yang kompleks. Anda dapat melakukan pengetesan pada perangkat elektronik di dalam mobil seperti klakson, audio, wiper, lampu kabin, lampu eksterior, dan power window. Pastikan tidak ada perangkat yang mengalami gangguan, seperti mati sebelah atau audio bersuara sember.

>>> Ini Empat Rekomendasi SUV Berkemampuan Menerjang Banjir

5. Pemeriksaan di bengkel resmi

Jika sudah lakukan 4 langkah di atas, langkah selanjutnya adalah lakukan pemeriksaan bersama di bengkel resmi. Jika Anda tidak mengerti sejauh apa pemeriksaan harus dilakukan, Anda dapat membawa mobil yang hendak dibeli ke bengkel resmi untuk pemeriksaan yang lebih komprehensif, terutama pada bagian rumit seperti mesin dan karet-karet pada kaki-kaki.

6. Periksa asal usul mobil 

Keenam periksa asal usul mobil yang akan Anda beli. Langkah lainnya adalah dengan menggunakan dokumen seperti STNK dan BPKB untuk mengetahui apabila mobil tersebut berasal dari daerah rawan banjir atau tidak. Walaupun tidak semua daerah rawan banjir pasti terendam, Anda dapat menjadikannya pertimbangan tambahan untuk melakukan inspeksi lebih jauh.
 
Terakhir jika Anda ingin beli mobil bekas pasca banjir waspada jika harga dibawah pasaran. Salah satu alasan masyarakat memilih mobil bekas adalah karena harganya lebih murah daripada beli baru. Namun jangan terkecoh dengan harga yang terlampau murah sebelum melakukan langkah-langkah pemeriksaan seperti di atas, karena berisiko mendapatkan unit dengan kondisi bekas terendam banjir.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

BMW Astra Beri Diskon Perbaikan Mobil Terdampak Bencana Banjir

08/01/2020

Event - Promosi

3 menit

Prihatin atas bencana alam yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya. BMW Astra Beri Diskon perbaikan suku cadang dan jasa bagi seluruh pelanggannya.

Lihat juga

Tutup Tahun 2019, BMW Astra Hadirkan Layanan Service Mobil BMW Cuma Rp12 Ribu!

10/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Program BMW Astra selama bulan Desember 2019 ini bisa jadi kesempatan bagi konsumen untuk service mobil BMW dengan harga hanya Rp12 ribu. Bagaimana caranya?

Lihat juga

Cintamobil TV: Razia Dealer ke BMW Premium Selection Certified Pre-Owned

18/01/2020

Event - Promosi

2 menit

Ingin membeli mobil bekas BMW dengan kondisi layaknya baru? Razia Dealer Cintamobil TV mengajak Anda bertandang ke BMW Premium Selection Certified Pre-Owned.

Lihat juga

BMW M Toreh Penjualan Tertinggi, BMW Group Indonesia Melonjak 11%

17/01/2020

Pasar mobil

2 menit

Torehan positif didapatkan BMW M dengan penjualan tertinggi sepanjang sejarah perusahan. Di dalam negeri, BMW Group Indonesia juga menorehkan peningkatan 11%.

Lihat juga

BMW Hentikan Produksi BMW i8 Mulai April

14/01/2020

Mobil baru

3 menit

Setelah enam tahun diproduksi sebagai flagship mobil listrik BMW i, BMW mengonfirmasi bahwa mulai April ini produksi BMW i8 hybrid sportscar resmi dihentikan. Dan akan digantikan dengan line-up BMW i terbaru.

Lihat juga